Guru Pengerak

Selasa, 09 Juli 2019

SINTAK PEMBELAJARAN INKUIRI, KOOPERATIF, ROLE PLAY DLL


SINTAK MODEL PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

1.         Model Inkuiri
Sintaks
Inkuri
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomuni-kasikan
Menyajikan fenomena
Guru menyajikan fenomena melalui peta/gambar garis Wallace dan Weber yang berisi tentang keanekaragaman hayati Indonesia (melanjutkan kegiatan pada bagian pendahuluan).





Melakukan observasi
·   Peserta didik ditugaskan mempelajari hutan hujan tropis, pesisir dan laut Indonesia melalui pengamatan terhadap film/gambar dan atau buku bacaan (guru telah menyiapkan sumber-sumber belajar tersebut).
·   Peserta didik ditugaskan membaca persebaran keanekaragaman hayati Indonesia dari berbagai sumber informasi (telah ditugaskan untuk membaca dan membawa bacaan dari rumah).




Merumuskan masalah

Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah:
·    Bagaimana hasil identifikasi tentang wilayah penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis Walllace dan garis Weber?


·    Bagaimana hasil identifikasi tentang flora dan fauna pada setiap wilayah penyebaran di Indonesia?
·    Bagaimana penyebaran  flora dan fauna di Indonesia?
·      Bagaimana keunikan hutan hujan tropis?
·      Bagaimana keunikan pesisir dan laut Indonesia?
·      Bagaimanakah data keaneka ragaman hayati di daerah garis Wallace dan Weber,  daerah hutan tropis, daerah pesisir dan laut Indonesia berdasarkan informasi dari berbagai sumber?



Mengajukan hipotesis

Guru menugaskan peserta didik untuk merumuskan hipotesis bersadarkan rumusan masalah



Mengumpul kan data


·       Peserta didik diminta mengumpulkan data hasil observasi melalui pengamatan film/gambar hutan hujan tropis Indonesia, pesisir dan laut Indonesia untuk mengenal megabiodiversitas Indonesia.
·       Peserta didik ditugaskan untuk mendiskusikan hubungan antara garis Wallace dan Weber dengan keaneka ragaman hayati Indonesia.
·       Peserta didik berdiskusi untuk mengaitkan garis Wallace dan Weber, posisi geografis Indonesia di garis katulistiwa dengan megabiodiversitas dan masalah lain yang telah dirumuskan dan yang telah dijawab peserta didik pada bagian hipotesis.
·       Peserta didik berdiskusi tentang hubungan kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan rasa kagum terhadap keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.



Menganalisis data



·       Peserta didik menganalisis hubungan antara garis Wallace dan Weber dengan keanekaragaman hayati Indonesia

·     Peseta didik menganalisis keterkaitan antara garis Weber dan Wallace posisi geografis Indonesia di garis katulistiawa dengan megabiodiversitas dan masalah lain yang telah dirumuskan dan yang telah dijawab peserta didik pada bagian hipotesis.
·     Peserta didik menganalisis hubungan kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Menyimpulkan




Peserta didik mempresentasikan secara lisan tentang:
·       Hasil identifikasi tentang wilayah penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis Walllace dan garis Weber.
·       Hasil identifikasi tentang flora dan fauna pada setiap wilayah penyebaran di Indonesia.
·       Penyebaran  flora dan fauna di Indonesia.
·       Keunikan hutan hujan tropis.
·       Keunikan pesisir dan laut Indonesia.
·       Data keanekaragaman hayati di daerah garis Wallace dan Weber,  daerah hutan tropis, daerah pesisir dan laut Indonesia.

2.  Model  Discovery Learning

Sintak
Discovery Learning
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomunika-sikan
Stimulation
(Pemberian Stimulus)
mendiskusikan dampak dari kecerobohan dalam melakukan pengukuran,misalnya tidak tepat dan tidak teliti pada saat melakukan pengamatan.




Problem Satatement
(Identifikasi Masalah)
Kelompok mendikusikan rumusan masalah, tujuan dan langkah kerja yang dilakukan
Mendiskusikan cara mengukur yang tepat dan teliti


Data Callecting
(Mengumpul-kan Data)


Mencoba menggunakan alat ukur
Praktik,pengukuran massa jenis batu kerikil


Data Processing
(Mengolah Data)



Mengolah data, membuat grafik, dan persamaan regresi,

Verification
(Menguji Hasil)



mengitung kesalahan pengukuran

Generalization
(Menyimpulkan)



Menyusun kesimpulan percobaan
Membuat laporan tertulis






3.         Model Project Based Learning (PjBL)
Sintaks Project Based learning
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomuni-kasikan
Essential question

Mengamati fenomena sosial yang terjadi di masyarakat
Mengidentifikasi masalah untuk memperoleh masalah yang pokok sebagai landasan untuk melakukan penelitian sosial dan kemudian dikembangkan menjadi rumusan masalah



Designing Project Plan



Menyusun rancangan penilitian sosial.
Menyusun intrumen penelitian


Creating Schedule



Membuat jadwal penelitian (rencana, pelaksanaan, dan pelaporan)


Monitor the progress



Pengumpulan data penelitian
Guru memonitor aktivitas peserta didik selama proses penelitian


Assess the outcome




Analisis data penelitian
Guru melakukan evaluasi tentang apa yang telah dilakukan oleh peserta didik

Evaluate the experiment




Membuat kesimpulan dan laporan hasil penelitian tentang fenomena sosial
Mempresentasikan hasil penelitian tentang fenomena sosial
Melakukan refleksi bersama guru dg peserta didik














4.         Model Problem Based Learning (PBL)
Sintaks Problem based learning
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data/informasi
Mengasosiasi
Mengomuni-kasikan
Mengorientasi peserta didik pada masalah
Melihat video atau gambar atau berita beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi


Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum berkenaan dengan kelangkaan
Mencari informasi mengenai keadaan yang menggambarkan keadaan dengan beberapa pilihan
mencari literatur tentang masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
mencari informasi mengenai sistem ekonomi yang ada


Mempresentasikan/menyampaikan hasil analisis terhadap  tayangan video atau gambar atau berita beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip ekonomi

Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran

Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat tersebut yang berkaitan dengan kelangkaan
Diskusi kelas tentang suatu konsep kelangkaan
Diskusi kelas mengenai opportunity cost
Diskusi Kelas mengenai skala prioritas dan pengelolaan keuangan
Diskusi tentang masalah pokok ekonomi dan penerapan sistem  ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi







MembimbingPenyelidikan Mandiri


Menafsirkan konsep kelangkaan, biaya peluang dan alternatif pilihan yang diambil berdasarkan skala prioritas
mengkaji masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk siapa)
menyelesaikan masalah ekonomi dengan menerapkan sistem ekonomi yang sesuai


Mengembangkan dan Menyajikan Karya





Analisis dan Evaluasi



menganalisis hubungan antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi dengan sistem ekonomi tertentu
Menyimpulkan konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta pemecahan masalah pokok ekonomi dengan menggunakan sistem ekonomi tertentu dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
membuat  hubungan antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi dengan sistem ekonomi tertentu





Sintaks Model Pembelajaran kooperatif
Fase
Perilaku Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siwa
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Fase 2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
Fase 3
Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap agar melakukan transisi secara efisien.
Fase 4
Membimbing kelompok belajar dan bekerja
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Fase 5
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase 6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

Sintaks Perbandingan dari Empat Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif
Aspek
Tipe STAD
Tipe Jigsaw
Investigasi Kelompok
Pendekatam Struktural
Tujuan Kognitif
Informasi akademik sederhana
Informasi akademik sederhana
Informasi akademik tingkat tinggi dan keterampilan inkuiri
Informasi akademik sederhana
Tujuan Sosial
Kerja kelompok dan kerja sama
Kerja kelompok dan kerja sama
Kerjasama dalam kelompok kompleks
Keterampilan kelompok dan keterampilan social
Struktur tim
Kelompok heterogen dengan 4-5 anggota
Kelompok belajar heterogen dengan 5-6 anggota menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli
Kelompok belajar dengan 5-6 anggota heterogen
Bervariasi, berdua, bertiga, berkelompok dengan 4-6 anggota
Pemilihan topic pelajaran
Biasanya guru
Biasanya guru
Biasanya siswa
Biasanya guru
Tugas utama
Siswa dapat menggunakan lembar kegiatan dan saling membantu untuk menutaskan materi belajarnya
Siswa mempelajari materi dalam kelompok ahli kemudian membantu kelompok asal mempelajari materi itu
Siswa menyelesaikan inkuiri kompleks
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan social dan kognitif
Penilaian
Tes mingguan
Bervariasi dapat berupa tes mingguan
Menyelesaikan proyek dan menulis laporan, dapat menggunakan tes esai
Bervariasi
Pengakuan
Lembar pengetahuan dan publikasi lain
Publikasi lain
Lembar pengetahuan dan publikasi lain
Bervariasi
Sintaks Model Pembelajaran Inkuiri (Penemuan)
Tahap
Tingkah Laku Guru
Tahap 1
Observasi untuk menemukan masalah
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
Tahap 2
Merumuskan masalah
Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya
Tahap 3
Mengajukan hipotesis
Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya
Tahap 4
Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
Tahap 5
Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain)
Selama siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi
Tahap 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulan data
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan mengorganisasi data
Tahap 7
Analisis data
Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep
Tahap 8
Penarikan kesimpulan dan penemuan
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
Sintaks Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tahap
Tingkah Laku Guru
Tahap 1
Orientasi siswa kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya
Tahap 2
Mengorganisasi siwa untuk belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang berhubungan dengan masalh tersebut
Tahap 3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan dan pemecahanmasalah
Tahap 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
Tahap 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau proses-proses yang mereka gunakan
Sintak Model Pembelajaran Langsung
Tahap
Peran Guru
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar
Mendemonstrasikan keterampilann (pengetahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif)
Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap
Membimbing pelatihan
Guru merencanakan dan member bimbingan pelatihan
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik
Memberukan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
Guru mempersiapkan kesempatan untuk melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar