Guru Pengerak

Rabu, 31 Juli 2019

Permasalahan Sosial danCcontoh Masalah Sosial


Sebelum membahas tentang cara membelajarkan siswa agar peka terhadap permasalahan sosial disekitarnya dan mampu memberikan aksi sosial dalam menghadapi permasalahan sosial saya akan membahas tentang masalah sosial terlebih dahulu.

definisi masalah sosial yaitu keditaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada didalam kehidupan.
Beberapa contoh masalah sosial
1. Kemiskinan
Yaitu merupakan suatu keadaan yang dimana terjadi ketidak mampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan, diantaranya seperti: sandang, pangan dan papan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah-daerah plosok saja akan tetapi dapat terjadi juga di daerah perkotaan. Baca juga tentang: Pengertian kelompok sosial dan menurut para ahli terlengkap.
b. Penyalahgunaan narkoba
Narkoba dapat digunakan dalam bidang kedokteran, salah satunya untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien. Di luar bidang kedokteran, narkoba tidak dibenarkan untuk digunakan karena efek dari narkoba dapat menurunkan kesadaran, menimbulkan halusinasi, efek ketergantungan, dan bahkan dapat merusak saraf.
3. Masalah kependudukan
Penduduk merupakan sumber daya yang dimiliki oleh negara untuk pembangunan. Akan tetapi, jika jumlah yang terlalu besar serta tidak diimbangi dengan kualitas yang baik dan persebaran yang tidak merata akan menimbulkan masalah sosial. Akibat lainnya akan memunculkan masalah lingkungan seperti eksploitasi SDA secara besar-besaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar