Guru Pengerak

Selasa, 09 Juli 2019

Hak dan kewajiban yang diajarkan kepada peserta didik sebagai warga sekolah, masyarakat dan Warga Negara Indonesia


Hak dan kewajiban yang diajarkan kepada peserta didik sebagai warga sekolah, masyarakat dan Warga Negara Indonesia


Cara mengajarkan hak dan kewajiban kepada peserta didik sebagai warga sekolah, masyarakat dan Warga Negara Indonesia adalah sebagi berikut:
1. Menyediakan fasilitas belajar
Sediakan anak fasilitas belajar yang memadai, misalnya buku dengan gambar-gambar yang menarik atau pun permainan edukatif yang bisa merangsang daya imajinasi anak.
2. Ciptakan kondisi yang nyaman dan menyenangkan
Jangan marahi anak ketika mereka menolak belajar. Biarkan dulu dan tukar dengan aktivitas lain yang menarik Minatnya dengan memasukkan unsur pelajaran di dalamnya.
3. Selalu berikan jawaban yang mengesankan
Ketika anak mengalami kesulitan memahami pembelajaran, jangan bosan menjelaskan meskipun harus berulang kali. Beri penjelasan dengan kata-kata yang mudah dimengerti dan perlahan ajak anak berdiskusi untuk mendengarkan jalan pikirannya.
4. Bertanggung jawab
Semakin canggih teknologi, kita juga harus memperkaya diri dengan mencari ilmu dan menambah wawasan agar kita bisa mengontrol anak di masa kini. Semakin hari tanggung jawab kita kepada anak semakin besar maka itu bukan hanya mengisi hak anak untuk belajar, namun kita juga perlu belajar
5. Pendampingan
Orang tua wajib mendampingi anak belajar dan bermain, sebab orang tua adalah guru pertama bagi anak sebelum anak memasuki dunia sekolah. Kedekatan anak dan orang tua juga bisa memberikan rasa aman, nyaman, dan anak merasa disayangi.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar