Guru Pengerak

Selasa, 09 Juli 2019

Cara Menanamkannya Kepada Peserta Didik Agar Memiliki Wawasan Global Dan Mempertahankan Jati Diri Bangsa.


Menanamkannya Kepada Peserta Didik Agar Memiliki Wawasan Global Dan Mempertahankan Jati Diri Bangsa.
wawasan global adalah pengetahuan, pengertian serta kepahaman terhadap pandangan yang luas.  dunia pendidikan mengajarkan ilmu pengetahuan yang didalamnya tidak hanya berisi ilmu , materi, atau rumus” tetapi dunia pendidikan menyangkut dengan ilmu pengetahuan yang memberikan wawasan. Selain itu semakin berkembangnya zaman maka globalisasipun akan semakin meningkat juga. Sedangkan pengetahuan banyak terjadi dari dunia pendidikan. Jadi cara efektif didunia pendidikanlah seseorang akan lebih mudah dalam memahami, mengerti, serta menindaklanjuti tentang wawasan globalisasi guna untuk kesadaran dalam hal pemahaman globalisasi.
Berikut ini cara guru menanamkan wawasan global agar peserta didik memiliki wawasan global dan mempertahan kan jati diri bangsa.
1. Melakukan Modifikasi terhadap Perangkat Pembelajaran
Pemodifikasian RPP, instrumen pembelajaran dan lain sebagainya merupakan hal yang penting dilakukan oleh guru cerdas. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat tidak hanya bagi siswa melainkan guru itu sendiri. Bagi siswa, jika hasil modifikasi gurunya menghasilkan sesuatu yang baik maka mereka akan bisa maksimal mendapatkan pembelajaran dari gurunya. Nah bagi guru, dengan melakukan pemodifikasian akan semakin meningkatkan pemahamannya akan perangkat pembelajaran mana dan seperti apa yang baik untuk dibuat.

2. Ciptakan Produk Baru
Guru yang cerdas adalah mereka yang mampu menciptakan produk baru. Karena guru adalah orang yang mengadakan pembelajaran, maka produknya pun harus berkenaan dengan pembelajaran. Bukan hal mudah memang untuk membuat sebuah produk, apalagi jika produknya baru tentu membutuhkan pemikiran ekstra dan perjuangan keras. Namun demikian, apabila guru tersebut terus dan terus berusaha untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru, akan mengasah kemampuan dan tingkat kekreatifannya dalam menciptakan sesuatu. Tentu ini adalah kabar gembira, selain produk yang dihasilkannya bisa bermanfaat buat anak didiknya tetapi ini juga bisa dijadikan ladang bisnis jika produk yang dihasilkan berkualitas.

3. Bangun Link sebanyak - banyaknya
Bangun link? Manfaatnya apa? Sekilas membangun link tidak memberikan efek apa-apa. Tapi ingat, ada sesuatu yang bermanfaat bagi mereka yang melakukannya. Dengan melebarkan sayap dan memperbanyak link, seorang guru berkesempatan untuk mendapatkan partner-partner baru dari luar sekolah. Teman - teman baru ini akan bermanfaat sebagai tempat sharing dan bertukar infromasi yang akan menambah wawasan seorang guru.

4. Banyak Baca Buku
Seperti pepatah bilang, "Buku adalah jendela dunia". Dengannya mereka bisa mengetahui keadaan dan kondisi dunia luar. Buku yang bagus adalah buku yang bisa memberikan wawasan baru bagi si pembacanya. Terlebih jika buku bacaanya selaras dengan profesi yang diembannya. Misalkan seorang guru fisika, dia akan semakin cocok dengan membaca buku - buku berkenaan dengan pembelajaran, sains dan alam. Dengan banyak wawasan tentang hal itu, sang guru akan dengan mudah untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan informasi baru yang didapatkannya dari buku bersangkutan.

Rasa nasionalisme menjadi begitu penting di era global karena banyaknya budaya luar termasuk produk yang masuk sehingga kita tetap harus mengenal dan mencintai budaya dan produk buatan negeri sendiri. Sementara saat ini banyak masyarakat yang menerima begitu saja budaya luar tanpa menilai baik-buruknya. Pun norma-norma yang berlaku di masyarakat seperti norma kesopanan dan norma susila tetap kita jalankan di tengah banyaknya pengaruh global yang tidak sesuai dengan norma kita. Kedua norma ini menjadi penting mengingat memburuknya perilaku masyarakat dan merebaknya seks bebas terutama di kalangan pelajar yang semakin meresahkan. Penerapan lainnya adalah tidak meninggalkan ajaran agama karena ajaran agama akan menuntun kita untuk berbuat baik dan benar. Jika kita mampu menerapkan itu semua, mewujudkan manusia Indonesia yang siap menghadapi era global semakin mudah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar