Guru Pengerak

Rabu, 31 Juli 2019

RPP Kelas III Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           :   SDN KALISARI 03
Kelas / Semester               :    III (Tiga) / 1
Tema 2                                 :    Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2                        :   Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran                     :    1
Alokasi Waktu                    :    6 x 30 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan    :      12 Juli  2019

A.     Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan  
3.8.1 Menerapkan membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 Mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar



Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada perkalian
2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1.1 Menggunakan sifat pertukaran pada perkalian  untuk menyelesaikan masalah

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari
2
4.3 Memeragakan dinamika gerak tari.
4.3.1 Memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan memperhatikan tanda baca, peserta didik dapat membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
2.    Dengan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat.
3.    Dengan mengamati penjelasan guru, peserta didik dapat menemukan sifat pertukaran pada perkalian dengan tepat.
4.    Dengan mengamati penjelasan guru, peserta didik dapat menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah dengan tepat.
5.    Dengan mengamati penjelasan guru, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat.
6.    Dengan kegiatan bersama-sama, peserta didik dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari dengan tepat.

v   Karakter peserta didik yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Membaca dongeng dengan nyaring.
§  Menyelesaikan soal-soal pertukaran pada perkalian.
§  Menirukan gerakan kupu-kupu.

E.     PENDEKATAN/ MODEL/ METODE PEMBELAJARAN
§  Pendekatan     : Saintifik
§  Model                : Problem Based Learning, Model Simulasi (role playing)
§  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      MEDIA/ ALAT PEMBELAJARAN
§  Media                : Teks dongeng, papan teka-teki dalam Aplikasi Fokusky,  lapangan, Lembar kerja peserta didik, video senam https://www.youtube.com/watch?v=l5sIspLfmXM, gambar ayam, bulu ayam, daging ayam.
§  Alat                    : Alat tulis, LED Proyektor, speaker kecil.

G.     SUMBER PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§  Buku Peserta didik 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu   Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)
§  Internet (Google, youtube )
§  Lingkungan sekitar sekolah

H.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.1 Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
§  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka (PPK-Religius)
§  Guru mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (PPK-Religius)
§  Memeriksa kehadiran peserta didik (PPK-Disiplin)
§  Peserta didik Menyanyikan lagu  “Indonesia Raya” bersama-sama. (PPK-Nasionalisme)
1.2 . Penguatan Literasi
§  Melakukan membiasaan membaca 15 menit.
1.3 Pengkondisian
§  Guru memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
1.4 Apersepsi
§  Guru mengaitkan tema kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
§  Mengingatkan  kembali materi prasyarat dengan pertanyaan
a.    siapa yang masih ingat jika membaca dongeng harus dengan suara seperti apa?
b.    Jika 2 x 3 artinya ... + ... = ... apa?
c.    Siapa yang pernah melihat ayam berjalan?
1.5  Motivasi
§  Memberi gambaran manfaat mempelajari materi tersebut. (mampu membaca dengan benar, mengetahui sifat perkalian dan badan menjadi sehat)
20 menit
Inti
  • Guru membentuk kelompok dengan setiap kelompok berjumlah 5 orang.
  • Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan
  • Peserta didik menyimak penjelasan guru  tentang Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca teks (Communication)
  • Peserta didik menyimak guru membaca teks dongeng “Ayam Jago Baru”  (Comunication)
  • Peserta didik mengerjakan Lembar kerja tentang memmbaca dongeng (Collaborative)
  • Peserta didik membaca teks dongeng “Ayam Jago Baru” secara bergantian dengan suara lantang. Setiap peserta didik membaca satu paragraf. Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian. (Collaborative)
  • Guru mendorong peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan isi dongeng yang telah dibacanya. (Creativity)
  • Peserta didik dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. (Critical Thinking)
  • Peserta didik menyimak Guru memberikan panduan kepada peserta didik tentang cara mengerjakan teka teki silang. (Comunication)
  • Setelah kegiatan membaca dan diskusi, peserta didik mengerjakan teka teki silang yang tersedia pada buku peserta didik berdasarkan isi dongeng “Ayam Jago Baru” (Collaborative)
  • Guru melakukan ice breaking melalui kegiatan bernyanyi atau bermain tebak-tebakan  atau kegiatan lain. Creativity and Innovation

Sintak  Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
1.    Mengorientasi peserta didik pada masalah
  • Peserta didik memperhatikan tujuan yang harus dikuasai yang di jelaskan oleh guru. (mengamati)
  • Peserta didik diberikan malasah kontektual tentang sifat pertukaran perkalian. (Lembar kerja)

2.    Mengorganisasikan siswa untuk belajar
  • Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
  • Peserta didik berdiskusi bertanya secara kelompok untuk meyelesaikan masalah tentang sifat pertukaran perkalian. (menanya)
3.    Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
  • Guru memberikan suatu alat peraga untuk membangun pemahaman konsep dal bentuk gambar ayam. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik jika ada hal yang ingin ditanyakan Peserta didik menyelesaikan masalah sifat pertukaran pada perkalian. (mengumpulkan informasi)
  • Peserta didik bersama guru menapsirkan konsep sifat pertukaran pada perkalian. (mengasosiasi)
  • Guru mengamati peserta didik dengan berkeliling kelas sekaligus juga membantu jika ada peserta didik yang masih belum memahami konsep pertukaran pada perkalian.
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik jika ada hal yang ingin ditanyakan. (Critical Thinking and Problem Solving)

4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Perwakilan ketua kelompok mempersentasikan di depan kelas hasil kerja kelompoknya. (Komunikasi)
  • Peserta didik yang lain mengomentari hasil presentasi kelompok lain.

5.    Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  •  Peserta didik mampu menentuakan sifat pertukaran perkalian.
  •  Peserta didik mengerjakan latihan soal-soal dengan memperhatikan sifat pertukaran pada perkalian. (soal terlampir)

Sintak Model Simulasi (role playing)
1.    Orientasi
§  Peserta didik dan guru mendiskusikan tentang gerakan macam-macam binatang.
Ada binatang yang berjalan, melompat, terbang, dan lain-lain. Bermacammacam gerakan binatang bisa menjadi sumber ide untuk menciptakan gerakan tarian. Misalnya, ada tari merak, tari kupu-kupu, dan tari kuda lumping.

2.    Latihan Partisipasi
  • Peserta didik menyaksikan video  gerakan ayam.
  • Guru menirukan gerakan ayam sebagai berikut.
·         Berdiri tegak.
·         Tekukkan kedua siku di samping badan.
·         Gerakkan siku yang ditekuk ke atas dan ke bawah dengan perlahan.
·         Gerakkan ke atas dan ke bawah makin lama makin cepat.

3.    Pelaksanaan Simulasi
  • Peserta didik menirukan gerakan yang dicontohkan guru.
  • Peserta didik mendapatkan umpan balik dari gerakan yang di lakukan, guru mengevaluasi gerakan yang dilakukan peserta didik.
  • Peserta didik kembali menirukan gerakan ayam.

4.    Wawancara Partisipan
  •  Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok membayangkan 3 gerakan yang dilakukan kupu-kupu yang sedang terbang.
  • Tiap kelompok membuat 3 gerakan kupu-kupu secara berurutan. Guru mengamati proses kerja sama di antara tiap kelompok.
  • Tiap kelompok menampilkan ketiga gerakan tersebut di depan kelas.

5 x 30 Menit
Penutup
1.1 Refleksi
§  Peserta didik melakukan kegiatan refleksi kegiatan hari itu. Dalam kegiatan refleksi, guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini:
a.    Apa yang kamu pelajari hari ini?
b.    Bagaimana perasaanmu saat kegiatan membaca nyaring/mengerjakan soal-soal perkalian dengan sifat pertukaran /menirukan gerakan kupukupu?
c.    Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
d.    Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
e.    Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab peserta didik secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan peserta didik menulis jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya peserta didik memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.

1.2 Merangkum
§  peserta didik  bersama-sama membuat  kesimpulan / rangkuman hasil belajar
1.3 Evaluasi
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  melakukan penilaian hasil belajar.
1.4 Tindak Lanjut
§  Memberikan tugas pekerjaan rumah
§  Mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
10 menit


I. PENILAIAN
1.    PROSEDUR PENILIAN (PROSES DAN HASIL PENILAIAN)
a.    Proses Penilaian
Bahasa Indonesia: Menerapkan membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar
Kriteria
Ya
Tidak
Mengamati cerita tentang “Ayam Jago Baru”


Membaca cerita tentang “Ayam Jago Baru”


mengidentifikasi informasi isi dongeng yang dibaca



Matematika : Menemukan sifat pertukaran pada perkalian
Kriteria
Ya
Tidak
Menemukan sifat pertukaran perkalian


Menggunakan sifat pertukaran pada perkalian


Menyelesaikan masalah pertukaran pada perkalian



SBDP : Mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari
Kriteria
Ya
Tidak
Mengamati gerak ayam saat berjalan


Mengetahui gerak ayam saat berjalan


Mempraktekan gerak sayap ayam saat berjalan



b.    Hasil Penilian
Kriteria
Ya
Tidak
Mengajak peserta didik merangkum materi kegiatan pembelajaran pada hari ini


Penilian evaluasi pada setiap materi pokok


Melakukan refleksi pembelajaran


Kegiatan tindak lanjut berupa memberikan PR



2.    TEKNIK PENILAIAN (TES DAN NON TES)
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan (tes)
b. Penilian Kompetensi Keterampilan (Non Tes)
1.    Proyek, Pengamatan dan wawancara
·         Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
·         Menyimak tayangan atau penjelasan tentang materi pokok
·         Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan diskusi
2.    Portofolio/ Unjuk kerja
3.    Produk

3.    ASPEK PENILAIAN
a.    Pengetahuan
b.    Sikap
c.    Keterampilan

4.    KISI-KISI PENILAIAN
Bahasa Indonesia
NO
KD
Indikator
Aspek
Teknik
Bentuk
Nomor Butir
1
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan  
3.8.1 Menerapkan membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
Kognitif
Tes
Teka-teki


Uraian
8



2
2
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8.1 mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar
Psikomotor
Non test
Skala nilai

Matematika
NO
KD
Indikator
Aspek
Teknik
Bentuk
Nomor Butir
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada perkalian
Kognitif
Test
Uraian
5
2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1.1 Menggunakan sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan masalah
Psikomotor
Non test
Skala nilai




SBdP
NO
KD
Indikator
Aspek
Teknik
Bentuk
Nomor Butir
1
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari
Kognitif
Test
Uraian
1
2
4.3 Memeragakan dinamika gerak tari.
4.3.1 Memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari
Psikomotor
Non test
Skala nilai


Keterangan
1.    KD : Nomor KD
2.    Indikator : Nomor Indikator
3.    Aspek : P, A, dan K
4.    Teknik : Tes dan Non Tes
5.    Bentuk : Tes (Essay dan Objektif) dan Non Tes (Skala sikap, Skala nilai, dll)


          
KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP

1 komentar: