Guru Pengerak

Selasa, 09 Juli 2019

Penyebab melemahnya dan dampak melemahnya ideologi pancasila


Penyebab melemahnya dan dampak melemahnya ideologi pancasila
Menurut saya Akhir-akhir ini, nila-nilai pancasila sudah tidak dihiraukan dan sudah  diabaikan oleh masyarakat termasuk generasi muda didalamnya. Nilai pancasila yang seharusnya menjadi pandangan hidup, dasar Negara, dan pemersatu Negara yang majemuk sekarang sudah terbengkalai tiada arti. Banyak masyarakat yang tidak mementingkan Pancasila, sehingga norma, dan bahkan moral bangsa ini sudah mulai memudar. Hal ini terlihat dari maraknya kejadian-kejadian yang bertentangan dengan nilai Pancasila yang melanda Indonesia. Seperti tidak menghafal pancasila.
Hal-hal diatas tersebut banyak dilakukan oleh anak muda Indonesia. Anak muda yang merupakan calon tulang punggung dan penerus bangsa malah melakukan hal yang bertentangan dengan pancasila. Generasi akan kehilangan fungsinya sebagai penerus bangsa jika hal ini terus berlangsung.
Penyebab memudarnya nilai pancasila di kalangan remaja ialah adanya globalisasi. Dengan adanya globalisasi, maka generasi muda dengan mudah dan cepat mendapatkan segala informasi dari seluruh dunia. Informasi tersebut termasuk kebudayaan dan cara hidup manusia dari berbagai belahan dunia. Dan karena kurangnya pengetahuan dan bimbingan, kerap kali remaja tidak mampu menyaring informasi yang mereka dapat. Dan kebanyakan remaja tidak berpikir panjang. Mereka menganggap bahwa segala sesuatu yang berbau barat itu keren dan dijadikan panutan. Padahal budaya barat sangat tidak sesuai dan berbeda  dengan budaya Indonesia. Misalnya budaya mengenakan pakaian, kesopanan, cara hidup, dan lain-lain. Perbedaan tersebut yang menyebabkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan di atas.
Hal ini jika diteruskan pasti akan menjadikan bangsa Indonesia semakin mengalami keterpurukan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Yang pertama, dari dalam diri kita sendiri. Yaitu kita sebagai anak muda harus mampu berpegang teguh dengan kepribadian dan identitas kita, sebagai warga Indonesia. Jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal baru yang belum tentu sesuai dengan budaya kita.
Kemudian setelah kita memulai dari diri kita sendiri, barulah pihak kedua dapat membantu. Misalnya dengan menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan generasi muda. Dengan adanya motivasi asas pembinaan dan pembangunan generasi muda, diharapkan generasi muda mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan mampu memainkan dan menjalankan peran yang penting dalam masa depan, dan mampu membawa Indonesia kea rah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar