Media
atau metode untuk menanamkan rasa nasionalisme bagi peserta
didik di sekolah
Metode yang tepat untuk menanamkan rasa nasionalisme bagi peserta didik di
sekolah menurut saya dengan cara Metode
Role playing (bermain
peran). Role playing merupakan
salah satu model pembelajaran yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah – masalah
yang berkaitan dengan pembelajaran pancasila
dengan menerapkan metode Role playing diharapkan
akan tercipta pembelajaran yang kondusif dimana penerimanya dapat
melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Pembelajaran yang efektif
berarti terciptanya interaksi antara guru dan siswa, antara siswa dan siswa dan
antara siswa dengan materi pembelajaran.
Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegaiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
o Mengajak siswa berdoa menurut agama dan
kepercayaan masing-masing
o Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa
·
Guru
menyampaikan materi yang akan disampaikan
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
·
Guru
mengajak siswa bernyanyi bersama dengan lagu “ Garuda
Pancasila”
·
Guru
bertanya tentang isi lagu tersebut
·
Guru menampilkan
gambar burung garuda
·
Siswa diminta
mengamati gambar burung garuda
·
Bertanya
jawab tentangsimbol dari pancasila
·
Guru
menjelaskan tentang isi pancasila
·
Siswa
membaca teks pancasila secara klasikal
·
Guru
menjelaskansimbol pada pancasilasila 1-5
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang arti sila ke 3 persatuan indonesia
·
Guru
membentuk siswa menjadi 4 kelompok
·
Beberapa
siswa majuuntuk bermain perantentang arti Persatuan
·
Siswa
menjawab pertanyaan sesuaimateri
·
Siswa
menyimpulkan materi tentang manfaat persatuan dan kesatuan
·
Guru
menanggapi
|
25 menit
|
Penutup
|
·
Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan
·
Diakhiri
dengan doa
|
10 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar