Guru Pengerak

Selasa, 09 Juli 2019

Media atau metode untuk menanamkan rasa nasionalisme bagi peserta didik di sekolah


Media atau metode untuk menanamkan rasa nasionalisme bagi peserta didik di sekolah 


        Metode yang tepat untuk menanamkan rasa nasionalisme bagi peserta didik di sekolah menurut saya dengan cara Metode Role playing (bermain peran). Role playing merupakan salah satu model pembelajaran yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah – masalah yang berkaitan dengan pembelajaran pancasila dengan menerapkan  metode Role playing diharapkan akan  tercipta pembelajaran yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Pembelajaran yang efektif berarti terciptanya interaksi antara guru dan siswa, antara siswa dan siswa dan antara siswa dengan materi pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegaiatan
Alokasi waktu


Pendahuluan
o   Mengajak siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
o   Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·        Guru menyampaikan materi yang akan disampaikan

5 menit

Kegiatan inti
·        Guru mengajak siswa bernyanyi    bersama dengan lagu “ Garuda Pancasila”
·        Guru bertanya tentang isi lagu tersebut
·        Guru menampilkan gambar burung garuda
·        Siswa diminta mengamati gambar burung garuda
·        Bertanya jawab tentangsimbol dari pancasila
·        Guru menjelaskan tentang isi pancasila
·        Siswa membaca teks pancasila secara klasikal
·        Guru menjelaskansimbol  pada pancasilasila 1-5
·        Siswa menjawab pertanyaan guru tentang arti sila ke 3 persatuan indonesia
·        Guru membentuk siswa menjadi 4 kelompok
·        Beberapa siswa majuuntuk bermain perantentang arti Persatuan
·        Siswa menjawab pertanyaan sesuaimateri
·        Siswa menyimpulkan materi tentang manfaat persatuan dan kesatuan
·        Guru menanggapi


25 menit

Penutup
·        Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
·        Diakhiri dengan doa

10 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar