1.
Model Inkuiri
Sintaks
Inkuri
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomuni-kasikan
|
|
Menyajikan fenomena
|
Guru menyajikan fenomena melalui peta/gambar garis
Wallace dan Weber yang berisi tentang keanekaragaman hayati Indonesia
(melanjutkan kegiatan pada bagian pendahuluan).
|
||||
Melakukan observasi
|
·
Peserta didik ditugaskan mempelajari hutan
hujan tropis, pesisir dan laut Indonesia melalui pengamatan terhadap
film/gambar dan atau buku bacaan (guru telah menyiapkan sumber-sumber belajar
tersebut).
·
Peserta didik ditugaskan membaca persebaran
keanekaragaman hayati Indonesia dari berbagai sumber informasi (telah
ditugaskan untuk membaca dan membawa bacaan dari rumah).
|
||||
Merumuskan masalah
|
Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah:
· Bagaimana hasil identifikasi tentang wilayah penyebaran
keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis Walllace dan garis
Weber?
· Bagaimana hasil identifikasi tentang flora dan fauna pada setiap
wilayah penyebaran di Indonesia?
· Bagaimana penyebaran flora
dan fauna di Indonesia?
· Bagaimana keunikan hutan hujan tropis?
· Bagaimana keunikan pesisir dan laut Indonesia?
·
Bagaimanakah data keaneka ragaman hayati di daerah
garis Wallace dan Weber, daerah hutan
tropis, daerah pesisir dan laut Indonesia berdasarkan informasi dari berbagai
sumber?
|
||||
Mengajukan hipotesis
|
Guru
menugaskan peserta didik untuk merumuskan hipotesis bersadarkan rumusan
masalah
|
||||
Mengumpul kan data
|
· Peserta
didik diminta mengumpulkan data hasil observasi melalui pengamatan film/gambar
hutan hujan tropis Indonesia, pesisir dan laut Indonesia untuk mengenal
megabiodiversitas Indonesia.
· Peserta
didik ditugaskan untuk mendiskusikan hubungan antara garis Wallace dan Weber
dengan keaneka ragaman hayati Indonesia.
· Peserta
didik berdiskusi untuk mengaitkan garis Wallace dan Weber, posisi geografis
Indonesia di garis katulistiwa dengan megabiodiversitas dan masalah lain yang
telah dirumuskan dan yang telah dijawab peserta didik pada bagian hipotesis.
· Peserta didik berdiskusi
tentang hubungan kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia untuk
menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan rasa kagum terhadap keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
|
||||
Menganalisis data
|
· Peserta
didik menganalisis hubungan antara garis Wallace dan Weber dengan
keanekaragaman hayati Indonesia
· Peseta
didik menganalisis keterkaitan antara garis Weber dan Wallace posisi
geografis Indonesia di garis katulistiawa dengan megabiodiversitas dan
masalah lain yang telah dirumuskan dan yang telah dijawab peserta didik pada
bagian hipotesis.
· Peserta
didik menganalisis hubungan kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia untuk
menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha
Esa
|
||||
Menyimpulkan
|
Peserta didik mempresentasikan secara lisan tentang:
· Hasil identifikasi tentang wilayah penyebaran keanekaragaman hayati
di Indonesia berdasarkan garis Walllace dan garis Weber.
· Hasil identifikasi tentang flora dan fauna pada setiap wilayah
penyebaran di Indonesia.
· Penyebaran flora dan fauna di
Indonesia.
· Keunikan hutan hujan tropis.
· Keunikan pesisir dan laut Indonesia.
· Data keanekaragaman hayati di daerah garis Wallace dan Weber, daerah hutan tropis, daerah pesisir dan
laut Indonesia.
|
2. Model Discovery Learning
Sintak
Discovery
Learning
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomunika-sikan
|
|
Stimulation
(Pemberian
Stimulus)
|
mendiskusikan dampak dari
kecerobohan dalam melakukan pengukuran,misalnya tidak tepat dan tidak teliti
pada saat melakukan pengamatan.
|
||||
Problem Satatement
(Identifikasi
Masalah)
|
Kelompok
mendikusikan rumusan masalah, tujuan dan langkah kerja yang dilakukan
|
Mendiskusikan cara mengukur
yang tepat dan teliti
|
|||
Data Callecting
(Mengumpul-kan Data)
|
Mencoba menggunakan alat ukur
Praktik,pengukuran massa
jenis batu kerikil
|
||||
Data Processing
(Mengolah
Data)
|
Mengolah data, membuat
grafik, dan persamaan regresi,
|
||||
Verification
(Menguji
Hasil)
|
mengitung kesalahan
pengukuran
|
||||
Generalization
(Menyimpulkan)
|
Menyusun kesimpulan percobaan
|
Membuat laporan tertulis
|
3.
Model Project Based Learning (PjBL)
Sintaks Project
Based
learning
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomuni-kasikan
|
|
Essential question
|
Mengamati fenomena sosial yang terjadi
di masyarakat
|
Mengidentifikasi masalah untuk memperoleh
masalah yang pokok sebagai landasan untuk melakukan penelitian sosial dan
kemudian dikembangkan menjadi rumusan masalah
|
|||
Designing Project Plan
|
Menyusun rancangan penilitian sosial.
Menyusun intrumen penelitian
|
||||
Creating Schedule
|
Membuat jadwal penelitian (rencana, pelaksanaan, dan
pelaporan)
|
||||
Monitor the progress
|
Pengumpulan data penelitian
Guru memonitor aktivitas peserta didik selama proses
penelitian
|
||||
Assess the outcome
|
Analisis data penelitian
Guru melakukan evaluasi tentang
apa yang telah dilakukan oleh peserta didik
|
||||
Evaluate the experiment
|
Membuat kesimpulan dan laporan hasil penelitian tentang
fenomena sosial
|
Mempresentasikan hasil penelitian
tentang fenomena sosial
Melakukan refleksi bersama guru dg peserta
didik
|
4.
Model Problem
Based Learning (PBL)
Sintaks Problem based learning
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomuni-kasikan
|
|
Mengorientasi peserta didik pada masalah
|
Melihat video atau gambar atau berita beberapa contoh keadaan yang
menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip
ekonomi
|
Mencari informasi tentang kondisi ekonomi secara umum berkenaan dengan
kelangkaan
Mencari informasi mengenai keadaan yang menggambarkan keadaan dengan
beberapa pilihan
mencari literatur tentang masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan
untuk siapa)
mencari informasi mengenai sistem ekonomi yang ada
|
Mempresentasikan/menyampaikan hasil analisis terhadap tayangan video atau gambar atau berita
beberapa contoh keadaan yang menggambarkan kelangkaan
mengamati tentang perilaku pelaku ekonomi dalam menerapkan prinsip
ekonomi
|
||
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
|
Diskusi kelompok mengenai kondisi ekonomi saat
tersebut yang berkaitan dengan kelangkaan
Diskusi kelas tentang suatu konsep kelangkaan
Diskusi kelas mengenai opportunity cost
Diskusi Kelas mengenai skala prioritas dan
pengelolaan keuangan
Diskusi tentang masalah pokok ekonomi dan penerapan
sistem ekonomi dalam memecahkan
masalah ekonomi
|
||||
MembimbingPenyelidikan Mandiri
|
Menafsirkan konsep kelangkaan, biaya
peluang dan alternatif pilihan yang diambil berdasarkan skala prioritas
mengkaji masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, dan untuk
siapa)
menyelesaikan masalah ekonomi dengan menerapkan
sistem ekonomi yang sesuai
|
||||
Mengembangkan dan Menyajikan Karya
|
|||||
Analisis dan Evaluasi
|
menganalisis hubungan antara konsep kelangkaan,
biaya peluang, skala prioritas, dan berpikir rasional dalam mengelola
keuangan serta memecahkan masalah pokok ekonomi dengan sistem
ekonomi tertentu
Menyimpulkan konsep kelangkaan, biaya peluang, skala
prioritas dan berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta pemecahan masalah pokok ekonomi dengan menggunakan
sistem ekonomi tertentu dalam bentuk media (lisan dan tulisan)
membuat
hubungan antara konsep kelangkaan, biaya peluang, skala prioritas, dan
berpikir rasional dalam mengelola keuangan serta memecahkan masalah pokok
ekonomi dengan sistem ekonomi tertentu
|
Sintaks Model Pembelajaran kooperatif
Fase
|
Perilaku Guru
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siwa
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
|
Fase 2
Menyajikan
informasi
|
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan
demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase 3
Mengorganisasi
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap agar melakukan transisi secara
efisien.
|
Fase 4
Membimbing kelompok
belajar dan bekerja
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat
mereka mengerjakan tugas mereka.
|
Fase 5
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah
dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
|
Fase 6
Memberikan
penghargaan
|
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya
maupun hasil belajar individu dan kelompok.
|
Sintaks Perbandingan dari Empat Pendekatan dalam Pembelajaran
Kooperatif
Aspek
|
Tipe STAD
|
Tipe Jigsaw
|
Investigasi Kelompok
|
Pendekatam Struktural
|
Tujuan Kognitif
|
Informasi akademik sederhana
|
Informasi akademik sederhana
|
Informasi akademik tingkat tinggi dan keterampilan
inkuiri
|
Informasi akademik sederhana
|
Tujuan Sosial
|
Kerja kelompok dan kerja sama
|
Kerja kelompok dan kerja sama
|
Kerjasama dalam kelompok kompleks
|
Keterampilan kelompok dan keterampilan social
|
Struktur tim
|
Kelompok heterogen dengan 4-5 anggota
|
Kelompok belajar heterogen dengan 5-6 anggota
menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli
|
Kelompok belajar dengan 5-6 anggota heterogen
|
Bervariasi, berdua, bertiga, berkelompok dengan 4-6
anggota
|
Pemilihan topic pelajaran
|
Biasanya guru
|
Biasanya guru
|
Biasanya siswa
|
Biasanya guru
|
Tugas utama
|
Siswa dapat menggunakan lembar kegiatan dan saling
membantu untuk menutaskan materi belajarnya
|
Siswa mempelajari materi dalam kelompok ahli
kemudian membantu kelompok asal mempelajari materi itu
|
Siswa menyelesaikan inkuiri kompleks
|
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan social
dan kognitif
|
Penilaian
|
Tes mingguan
|
Bervariasi dapat berupa tes mingguan
|
Menyelesaikan proyek dan menulis laporan, dapat
menggunakan tes esai
|
Bervariasi
|
Pengakuan
|
Lembar pengetahuan dan publikasi lain
|
Publikasi lain
|
Lembar pengetahuan dan publikasi lain
|
Bervariasi
|
Sintaks Model Pembelajaran Inkuiri (Penemuan)
Tahap
|
Tingkah Laku Guru
|
Tahap 1
Observasi untuk
menemukan masalah
|
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena yang
memungkinkan siswa menemukan masalah
|
Tahap 2
Merumuskan masalah
|
Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian
berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya
|
Tahap 3
Mengajukan
hipotesis
|
Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis
terhadap masalah yang telah dirumuskannya
|
Tahap 4
Merencanakan
pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
|
Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan
masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun
prosedur kerja yang tepat
|
Tahap 5
Melaksanakan
eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain)
|
Selama siswa bekerja, guru membimbing dan
memfasilitasi
|
Tahap 6
Melakukan
pengamatan dan pengumpulan data
|
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang
hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan mengorganisasi data
|
Tahap 7
Analisis data
|
Guru membantu siswa menganalisis data supaya
menemukan suatu konsep
|
Tahap 8
Penarikan
kesimpulan dan penemuan
|
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan
berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
|
Sintaks Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tahap
|
Tingkah Laku Guru
|
Tahap 1
Orientasi siswa
kepada masalah
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk terlibat pada aktivitas
pemecahan masalah yang dipilihnya
|
Tahap 2
Mengorganisasi siwa
untuk belajar
|
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang berhubungan dengan masalh
tersebut
|
Tahap 3
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan dan
pemecahanmasalah
|
Tahap 4
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu
mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
|
Tahap 5
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau
evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau proses-proses yang mereka gunakan
|
Sintak Model Pembelajaran Langsung
Tahap
|
Peran Guru
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi
latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk
belajar
|
Mendemonstrasikan keterampilann (pengetahuan
procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif)
|
Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar,
atau menyajikan informasi tahap demi tahap
|
Membimbing pelatihan
|
Guru merencanakan dan member bimbingan pelatihan
|
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
|
Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan
tugas dengan baik, memberi umpan balik
|
Memberukan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
|
Guru mempersiapkan kesempatan untuk melakukan
pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi
lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar