Guru Pengerak

Minggu, 19 Juli 2020

Mind maping Peta pikir Perkembangbiakan tumbuhan

Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembanganbiakan pada vegetatif alami pada tumbuhan merupakan suatu proses perkembangbiakan yang di lakukan dengan adanya penyerbukan atau perkawinan yang tanpa melibatkan bantuan dari tangan manusia.


Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami

  • Akar Tinggal (Rizoma) Rizoma atau akar tinggal adalah sejenis tumbuhan rimpang dimana batang tersebut dapat tumbuh dan menjalar pada permukaan maupun dalam tanah.
  • Umbi – Umbian Batang. Selanjutnya perkembangbiakan vegetatif alami sistem pada tanaman umbian batang yaitu terjadi dengan cara batangnya tumbuh di dalam tanah, selanjutnya batang tersebut akan mengembang dan membentuk suatu ...
  • Umbi Akar. Umbi akar adalah tumbuhan akar yang dijadikan sebagai tempat untuk cadangan makanannya. ...
  • Tanaman Umbi Lapis. Tanaman umbi lapis adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki buah dengan pelepah daun tipis yang tersecara berlapis.
  • Spora. Spora adalah sel – sel yang terbungkus oleh lapisan tipis sebagai alat pelindungnya. Spora ini biasa dikenal sebagai alat persebaran biji pada tumbuhan berpembuluh.
  • Stolon (Geragih)

    Setolon atau biasa disebut Geragih merupakan sebutan untuk batang yang tumbuh mendatar horizontal pada bagian permukaan tanah dan pada bagian batang yang tumbuh horizontal tersebut apabila menyentuh tanah maka nantinya akan tumbuh akar.

    Contoh geragih atau stolon ini seperti pada tumbuhan strowberi, arbei, antanan, dan rumput

    Berikut salah satu contoh gambarnya yaitu :





Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah suatu jenis perkembangbiakan vegetatif yang tidak terjadi secara alami, tetapi atas bantuan manusia. Biasanya, cara ini dilakukan untuk keperluan budidaya suatu jenis tanaman. Misalnya, manusia mengembangbiakkan tumbuhan secara vegetatif buatan untuk memenuhi kebutuhan pangan atau untuk menghasilkan tumbuhan dengan sifat-sifat unggul.

Vegetatif buatan dapat membantu manusia mengembangbiakkan tumbuhan secara cepat untuk memenuhi kebutuhan. Tumbuhan yang dikembangbiakkan dengan cara seperti dilakukan pada lahan yang telah disiapkan dan dalam jumlah yang langsung banyak.

1. Mencangkok

mencangkok perkembangbiakan vegetatif buatan

Cara perkembangbiakan vegetatif buatan yang pertama adalah mencangkok. Beberapa jenis tumbuhan dapat diperbanyak dengan teknik cangkok. Apa itu mencangkok? Jadi:
Mencangkok adalah upaya menumbuhkan akar pada ranting atau cabang tumbuhan yang terlebih dahulu dikerat kulitnya.
Kulit ranting atau dahan tumbuhan dikerat hingga floemnya terbuang. Nantinya, zat-zat mineral dan air akan terkumpul dikeratan tersebut kemudian tumbuhlah akar. Setelah ranting atau cabang tersebut telah ditumbuhi akar, maka dapat dipisahkan dari pohon induk untuk dijadikan bibit calon tumbuhan baru.

Tujuan pencangkokan tumbuhan adalah untuk mengkombinasikan kualitas terbaik dari varietas atau spesies berbeda ke dalam sebuah tumbuhan tunggal.


2. Menyetek (Stek) 

Menyetek atau stek adalah cara perkembangbiakan tumbuhan menggunakan bibit yang dihasilkan dari sebagian akar, batang, ranting, dan daun tumbuhan.




3. Menyambung 

menyambung perkembangbiakan vegetatif buatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar