Guru Pengerak

Rabu, 22 Juli 2020

Materi PLBJ BAB 1 LAGU ONDEL-ONDEL KELAS 6

Bab 1
lagu ondel-ondel
Lagu ondel-ondel sering diperdengarkan terutama pada hari ulang tahun
Jakarta atau kegiatan adat di masyarakat Jakarta.

See the source image

  1. Makna lagu ondel-ondel


Lagu ondel-ondel mulai terkenal saat dinyanyikan oleh seorang penyanyi Betawi, yaitu Ben Yamin S.  Lagu ondel-ondel menjadi salah satu budaya khas Betawi yang sangat terkenal, begitu pula ondel-ondel juga dikenal sebagai simbol ibukota DKI Jakarta.
See the source image
Pada hari ulang tahun kota Jakarta biasanya ondel-ondel dipajang sebagai sebagai hiasan di jalan-jalan, gedung perkantoran, pertokoan di daerah Kota Jakarta. Ondel-ondel dipajang memiliki bentuk hampir sama namun sering pula ditemukan corak warna warni yang beraneka ragam sehingga terlihat marak dan menarik bentuk ondel-ondel menyerupai manusia dengan wajah yang tersenyum ramah.

Ondel-ondel menggambarkan sebuah lambang sepasang ondel-ondel laki-laki dibuat berwarna merah yang melambangkan semangat dan keberanian titik ondel-ondel perempuan berwarna putih yang menandakan kebaikan dan kesucian.

Tinggi ondel-ondel tidak sama antara 2,5 m dan lebar 80 cm. Namun ada pula ondel-ondel yang tingginya hanya 1 meter Ada pula yang lebih kecil sebagai cenderamata.


Ondel-ondel yang besar dibuat dari anyaman bambu sehingga ringan saat dipikul oleh pemerannya. Bagian kepalanya menyerupai topeng yang diberi ijuk sebagai rambutnya. Pertunjukan rakyat Betawi ini sebenarnya bermakna sangat baik dan menyimbolkan keluhuran yang senantiasa menjadi menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.


Pengiring lagu ondel-ondel adalah musik gambang kromong. Alat musiknya terdiri atas gendang, tepak, Kendang Kempul, kenong, krecek, Gong dan tahyan atau terompet.
See the source image
Lagu ondel-ondel diciptakan oleh DJoko Subagyo berikut syair lagu ondel-ondel.


Lirik Ondel-ondel

nyok kite nonton ondel-ondel
Nyok kita ngarak ondel-ondel
ondel-ondel ada anaknye
anaknye ngigel teriteran


Mak, bapak ondel-ondel ngibing
ngarak penganten disunatin
goyangnye asik endut-endutan
E nyang ngibing igel-igelan

Plak dung plak dung plak plak plak
gendang nyaring ditepak
yang ngiringin nandak
pade surak-surak

tangan iseng jahilin
kepale anak ondel-ondel
Taroin puntungan
rambut kebakaran

Anak ondel-ondel jejingkrakan
Kepalenye nyale kekobaran
yang ngarek pade kebingungan
disiramin air comberan


  1. Nilai luhur yang terkandung dalam menyanyikan lagu ondel-ondel


Lagu ondel-ondel termasuk lagu wajib daerah Jakarta titik Berikut ini beberapa nilai luhur yang terkandung dalam menyanyikan lagu ondel-ondel.

  1. ketekunan dalam berlatih lagu ondel-ondel perlu ketekunan titik ketekunan dalam menyanyikan menyimak Said dan dalam berlatih gerakan demi gerakan dengan saksama yang disesuaikan dengan Irama gerak dan lagu. Siswa harus tekun agar dapat berhasil dengan baik.
  2. kesabaran. Mempelajari lagu ondel-ondel perlu kesabaran titik kesabaran dalam berlatih akan menjadikan 1 lagu mencapai apa yang diharapkan titik hasil yang sempurna adalah buah dari kesabaran.
  3. Rasa percaya diri rasa percaya diri merupakan sikap yang sangat baik percaya diri membuat penampilan saat membawakan lagu ondel-ondel tampak lebih menarik. Sikap percaya diri membuat semua yang ditampilkan menjadi lebih sempurna.
  4. Keindahan keterpaduan antara lagu dan musik yang mengiringinya menjadikan satu pertunjukan yang sangat indah titik keindahan merupakan unsur yang paling penting dalam nilai seni titik karya seni yang baik jika dapat ditampilkan yang menarik bagi yang menyaksikan.
  5. Hiburan satu pertunjukan dikatakan menarik jika orang yang menyaksikan menjadi terhibur. Lagu ondel-ondel sangat menghibur masyarakat Betawi di Jakarta dan sekitarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar