Guru Pengerak

Rabu, 22 Juli 2020

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup:

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup:

1. Sumber oksigen

2. Sumber serat untuk sandang

3. Bahan obat-obatan

4. Sumber bahan bakar

5. Sebagai sumber makanan



Pembahasan:

Indonesia adalah negara beriklim tropis yang memiliki berbagai berbagai tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Manfaat ini antara lain:


1. Sumber oksigen

Tanaman berfungsi menghasilkan oksigen, yang terbentuk dari proses fotosintesis tanaman. Oksigen ini sangat penting karena diperlukan dalam pernafasan manusia dan menjaga kualitas udara. Tumbuhan bernapas menghirup karbondioksida dan menghasilkan oksigen. sedangkan manusia dan hewan bernapas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.


2. Sumber serat untuk sandang


Toko Online sandang.pangan | Shopee Indonesia

Hasil tanaman dapat diolah untuk menjadi bahan pakaian yang digunakan sehari-hari. Misalnya, kapas yang digunakan untuk bahan dasar berbagai kain, kapuk yang digunakan sebagai pengganti kapas, dan getah karet yang digunakan untuk berbagai sandang berbahan karet seperti sepatu boot.

3. Bahan obat-obatan
Inilah 15 Tanaman Obat Herbal Keluarga Ampuh Hilangkan Penyakit ...
Tanaman disekitar kita banyak yang dapat diolah sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya adalah tanaman kina yang kulit batangnya dapat diolah menjadi obat malaria. Daun jambu biji digunakan obat diare.

4. Sumber bahan bakar
Tanaman Perkebunan Penghasil BBN - Pusat Penelitian dan ...
Tanaman dapat diolah sebagai sumber bahan bakar alternatif untuk menggantikan bahan bakar minyak, Contohnya adalah biodiesel, yang diolah dari jarak, bunga matahari, kedelai, sawit, dan kacang-kacangan dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan.

5. Sebagai sumber makanan
Resep Makanan 4 Sehat 5 Sempurna - Variasi Program Latihan


Tanaman padi menjadi sumber bahan makanan pokok di Indonesia. Biji padi berupa gabah, diolah menjadi beras, yang kemudian dimasak menjadi nasi, lontong atau makanan lainnya.

Selain makanan pokok, buah-buahan dan sayuran dari tanaman juga merupakan makanan yang penting, dan merupakan sumber gizi serta nutrisi lainnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar