Guru Pengerak

Minggu, 23 Agustus 2020

RINGKASAN MATERI IPS TEMA 2 SUBTEMA 3 KELAS 6

 RINGKASAN MATERI IPS TEMA 2 SUBTEMA 3 KELAS 6


Manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia.



  1. Pendidikan. Bangsa Indonesia melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan. Pada masa penjajahan pendidikan hanya dimiliki oleh golongan bangsawan. Selain itu hanya kaum laki-laki saja yang berhak memperoleh pendidikan. Setelah kemerdekaan seluruh rakyat Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang layak. Baik pria maupun wanita memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Pendidikan merupakan hak bagi segala warga negara berhak mendapatkan pendidikan hal tersebut tercantum dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945 alinea 4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa
  2. Perekonomian. sebelum kemerdekaan sebagian besar rakyat Indonesia memiliki perekonomian yang sulit. Kebijakan Para penjajah amat mancang sarakan rakyat dalam bidang ekonomi. Bahkan beberapa kebijakan seperti tanam paksa kerja rodi, menyebabkan kematian rakyat Indonesia. Setelah kemerdekaan perekonomian Indonesia dikuasai oleh negara titik pemerintah mulai memperbaiki perekonomian Indonesia rakyat Indonesia dibebaskan untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Hal tersebut sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang terdapat pada pembukaan undang-undang Dasar 1945 alinea ke-2 yaitu kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmu
  3. Sosial. setelah kemerdekaan setiap rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada lagi pengelompokan rakyat Indonesia seperti pada masa penjajahan. Setiap suku memiliki derajat yang sama setiap agama juga memiliki derajat yang sama keberagaman budaya pun mulai terlihat dan dilestarikan sebagai kekayaan bangsa. Meningkatkan kesadaran rakyat merupakan tanggung jawab pemerintah akan tetapi sebagai warga negara Indonesia kita dapat ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat masyarakat sekitar. Misalnya dengan membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan mendukung program pemerintah titik sejarah juga dapat terwujud jika warga ide pokok teks kerukunan membuat rakyat dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan bersama.


Upaya meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan.



  1. Satu kebijakan Oeang Republik Indonesia (ORI)  oeang Republik Indonesia adalah pemberlakuan mata uang Republik Indonesia sebagai alat tukar resmi. Pada tanggal 1 Oktober 1946 pemerintah mengeluarkan larangan menggunakan mata uang NICA dan digantikan dengan menggunakan ori sebagai alat pembayaran yang resmi di Indonesia pada tanggal 25 Oktober 1946 diberlakukan kebijakan yang mengatur pertukaran uang Rupiah Jepang.
  2. Konferensi ekonomi pada tahun 1956 menteri kemakmuran Darmawan Mangunkusumo mengundang para kepala daerah di pulau jawa untuk mengadakan konferensi ekonomi. Ini bertujuan memperoleh kesepakatan dalam mengatasi masalah ekonomi yang mendesak. pada tanggal 6 Mei 1960 adakan konferensi ekonomi 2 yang membahas permasalahan Program ekonomi pemerintah, keuangan negara dan Ketenagakerjaan, kegiatan distribusi dan pengendalian harga barang.
  3. Pinjaman nasional Menteri Keuangan saat itu Surahman mengusulkan Program pinjaman nasional yang diwujudkan dengan pendirian Bank Tabungan pos tugas Bank Tabungan pos adalah menjalur kan pinjaman nasional untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Pemerintah juga memberikan pinjaman berjangka melalui rumah gadai. Program ini bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi kepentingan perjuangan dan meningkatkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah Indonesia.
  4. Badan perencana perekonomian (planning board) pada tahun 1947 Menteri Keuangan menteri kemakmuran A.K. Gani mengusulkan pembentukan badan perancang ekonomi. Badan yang bertugas menyusun rencana pembangunan ekonomi jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Kemudian disepakati sebagai rencana pembangunan 10 tahun. pada program sana Ini melalui nasionalisasi bangunan umum perkebunan dan industri menjadi milik negara serta menyita perusahaan milik Jepang sebagai ganti rugi terhadap.
  5. Rencana Kasimo menteri urusan bahan makanan. I.J Kasimo menyusun sebuah program yang disebut rencana Kasimo program ini merupakan rencana produksi berjangka waktu 3 tahun mengenai usaha Swasembada pangan. tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meningkatkan produksi pangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar