Guru Pengerak

Senin, 17 Agustus 2020

Ringkasan Materi Tema 2 subtema 3 SBDP Kelas 6

 Ringkasan Materi Kelas 6 SBDP

Tema 2 Persatuan dalam perbedaan

Subtema 3 Manusia dan benda di lingkunganya



Kompetensi dasar

3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.


Pola Lantai Tari Merak

Soal SBK 8D | Arts Quiz - Quizizz

Tari merak merupakan tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat. gerakan dasar tari merak termasuk gerakan tari klasik yaitu gerak tari yang menirukan gerakan manusia atau hewan yang terpilih dan mempunyai pola-pola gerakan. Tari Merak biasanya diperagakan secara kelompok saat melakukan tari secara kelompok para penari membuat bentuk atau formasi tertentu yang disebut pola lantai . pola lantai merupakan garis yang dilalui penari saat melakukan gerak dalam tarian.

Meski dibilang tari tradisional asal Jawa Barat, Tari Merak termasuk tarian yang sudah dikenal dalam kancah dunia internasional. Beberapa momen internasional yang pernah diikuti oleh tari Merak adalah expo di negara Amerika Serikat dan momentum pertama, yaitu tampil pada acara Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama yang berlokasi di daerah Bandung.

Tari merak termasuk tarian gerak tarian klasik. tari merak umumnya di pentaskan secara kelompok.

Tari Merak sudah menjadi icon di Jawa Barat dan tidak bisa diklaim oleh negara lain. Selain itu, hal yang juga menarik adalah, kehadiran tari Merak ternyata memberikan inspirasi bagi daerah lain di Indonesia, khususnys di daerah Bali. Tari Merak berhasil memberikan inspirasi bagi seniman Bali yang akhirnya membuat tarian Adat Bali hampir mirip dengan tari Merak.

Pola lantai tari Merak ternyata tidak satu jenis, melainkan ada beberapa yang diterapkan, yaitu: Pola garis melengkung, pola garis lurus diagonal dan pola garis lurus horizontal.

Mempraktekkan gerakan dan pola lantai tari merak.

Tari merak yang dilakukan secara kelompok. Gerakan tari dalam kelompok tari dilakukan dengan kompak dan memiliki komposisi format tarian yang baik. Agar tarian dapat ditampilkan dengan baik latihan  secara rutin dan menggunakan properti tari yang sesuai tari merak salah satu properti yang digunakan adalah selendang yang ujungnya diikatkan ke salah satu jari berikut beberapa contoh gerakan dalam tari merak saksikan dalam bentuk video di bawah ini

 

 

Contoh tari merak 

 

https://youtu.be/Lht_CLL9KVE

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar