Guru Pengerak

Selasa, 11 Agustus 2020

Materi menarikan lagu ondel-ondel bab 3 PLBJ


Bab 3 menarikan lagu ondel-ondel


Tarian ondel-ondel merupakan tarian berasal dari daerah Betawi dan merupakan salah satu tarian daerah titik tarian tersebut merupakan pertunjukan rakyat yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

See the source image

Ondel-ondel memiliki karakter khas, tergolong Salah satu bentuk teater tanpa tutur karena pada mulanya dijadikan personifikasi leluhur atau nenek moyang, pelindung keselamatan Kampung dan seisinya. Dengan demikian tari ondel-ondel dianggap membawa lakon atau cerita.


Asal usul tarian lagu ondel-ondel

Tarian ondel-ondel merupakan tarian yang berasal dari daerah Betawi.

Ondel-ondel berbentuk boneka besar dengan rangka anyaman bambu dengan ukuran kurang lebih 2,5 meter tingginya  dan garis tengahnya sekitar 80 cm. Dibuat sedemikian rupa agar penarinya dapat bergerak agar leluasa.

Ondel-ondel menggambarkan laki-laki mukanya bercak merah dan menggambarkan perempuan bercat putih atau kuning. Tarian ondel-ondel biasa digunakan memeriahkan arak-arakan, seperti mengarak Pengantin Sunat, acara adat Betawi dan sebagainya nya.

Tarian ondel-ondel lazimnya dibawakan sepasang laki-laki dan perempuan titik tapi sekarang ini tergantung dari permintaan yang punya hajat. Bahkan dalam perayaan umum seperti ulang tahun jadi kota Jakarta bisa pula di bawah beberapa pasang sehingga arak-arakan menjadi sangat meriah.

Musik pengiring tarian ondel-ondel tergantung masing-masing rombongan titik paling diiringi Tanjidor, kendang pencak Betawi, Ada pula yang diiringi Bende,kemes, ningnong dan rebana ketimpring.

Fungsi tarian lagu ondel-ondel

Tarian lagu ondel-ondel merupakan hasil dari budaya Betawi titik jenis tarian ini pada mulanya berfungsi sebagai penolak bala dari gangguan roh halus yang mengganggu. Namun semakin lama tradisi tersebut berubah menjadi hal yang sangat bagus dipertontonkan, dan kebanyakan acara tersebut kini diadakan pada acara penyambutan tamu terhormat, dan untuk menyemarakkan pesta rakyat, acara hajatan serta peresmian gedung baru selesai dibangun.

Di samping untuk memeriahkan arak-arakan, pada masa lalu bisa pula mengadakan pertunjukan keliling atau ngamen pendukung utama kesenian tari lagu ondel-ondel adalah petani khususnya yang terdapat di daerah pinggiran kota DKI Jakarta dan sekitarnya. Tari lagu ondel-ondel Betawi tersebut pada dasarnya masih tetap bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta hingga saat ini.


Nilai luhur tarian lagu ondel-ondel

Dalam tarian lagu ondel-ondel banyak sekali nilai-nilai yang dapat kita ambil salah satunya adalah nilai ketekunan, nilai kesabaran, nilai percaya diri, nilai keindahan dan nilai hiburan.















 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar