Guru Pengerak

Rabu, 15 Juni 2022

Koneksi Antar Materi Modul 1.2 Nilai-nilai dan peran guru pengerak

PENDIDIKAN GURU PENGERAK

ANGKATAN 5

 

 

Tri Purwanto

Unit Kerja SDN Kalisari 03

Kelas 5.31. Sri Wasono Widodo

 

 

PROVINSI DKI JAKARTA

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

TAHUN 2022


Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Bapak/Ibu ditantang untuk melakukan refleksi menggunakan Model 4P yang sudah dipaparkan dalam Eksplorasi Konsep. Pada kesempatan Koneksi Antar Materi ini, Bapak/Ibu diajak untuk menelaah kembali rangkaian pembelajaran mulai dari Modul 1.1 hingga akhir Modul 1.2 ini. 

Refleksi Model 4P dapat dibuat dalam bentuk tulisan-naratif/poster/peta-pikiran/powerpoint/video/audio sederhana.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

  1. Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah...
    Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah... 
  2. Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan... 
  3. ‎Pembelajaran: ‎‎ Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa... sekarang saya berpikir bahwa...‎
  4. ‎Penerapan ke depan (Rencana): ‎‎ Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?‎
Anda juga dapat memberikan komentar/apresiasi terhadap hasil kerja CGP lain di bagian ini. Pastikan Anda mengumpulkan tugas Anda terlebih dahulu sebelum memberikan tanggapan kepada hasil CGP lain.

Terima Kasih Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak atas refleksi yang Anda sudah berikan pada bagian ini. Semoga refleksi yang sudah Anda tulis disini mampu menjadi acuan pengembangan diri Anda terkait nilai dan peran Guru Penggerak.

1. Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 

Menurut saya hal yang penting dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah saya memahami pemikiran KHD bahwa pendidikan yang menuntun dan bertujuan memberikan keselamatan dan kebahagiaan siswa. Guru memfasilitasi siswa untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Di mana seorang guru hendaknya mendekati siswa  dan memberikan fasilitas pembelajaran yang terbaik kepada peserta didik.

Hal lain yang mencerahkan saya adalah saya harus memiliki nilai-nilai yang menjadi pedoman berperilaku serta mendukung calon guru penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar, meliputi nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif serta berphak pada murid. Serta saya diharapkan mampu melaksanakan peran guru penggerak yaitu
a. Menjadi Pemimpin Pembelajaran
b. Menggerakkan komunitas Praktisi
c. Menjadi coach bagi guru lain
d. Mendorong kolaborasi antar guru
e. Mewujudkan kepemipinan muri


Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami 
 Keterkaitan antara pemikiran KHD mengenai menghambakan kepada murid dan menciptakan pembelajaran yang menuntun agar anak selamat dan bahagia serta pendidikan yang memanusikan manusia. Nilai-nilai dan peran guru penggerak merupakan bagian penting dalam mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Karena nilai dan peran guru penggerak menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam melakukan perubahan ekosistem pendidikan.


2. Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa optimis mampu menerapkan nilai-nilai dan peran guru pengerak. saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengerakan siswa, mengerakan teman-teman guru di sekolah. saya berusaha menciptakan momen atai situasi yang dapat menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar.



‎3. Pembelajaran: ‎‎ Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa motivasi ekternal itu menentukan keberhasilan pembelajaran sekarang saya berpikir kemauan belajar atau motivasi intrinsik siswa paling menentukan proses pembelajaran. hendaknya saya mampu mengubah motivasi intrinsik peserta didik dengan menciptakan kondisi/ momen pembelajaran yang menyenangkan sehingga akan menjadi tertarik terhadap pembelajaran dan menumbuhkan motivasi intrinsik peserta didik.

Sebelumnya saya juga berpikir karakter peserta didikitu dapat kita lihat dengan memperhatikan sikap-dan perilaku sehari-hari.  sekarang saya berpikir bahwa karakter siswa atau orang lain yang tampak hanya sebagian kecil dari karakter mereka yang tersembunyi seperti diagram identitas gunung es. anak yang periang dan ceria di sekolah belum tentu di rumah di lingkungan sekitar dia tidak memiliki masalah atau trauma. sehingga saya lebih berhati-hati dalam bersikap terhadap siswa dan orang lain.



4. Penerapan ke depan (Rencana): ‎‎ Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?‎

Rencana saya dalam penerapan nilai dan peran guru penggerak 
1. Saya akan berusaha menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, berusaha menciptakan pembelajaran yang aktif dengan menggunakan metode/ model pembelajaran yang mengedepankan proses pembelajaran yang menyenangkan. 
2. Mendorong kolaborasi dengan orang tua siswa dalam berkomunikasi mengenai perkembangan siswa , berkolaborasi dalam penemuhan penunjang kegiatan pembelajaran yang aktif dan menarik.mendorong kolaborasi antar guru dan masyarakat sekitar dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, pembelajaran berbasis lingkungan.

3. Saya akan melakukan coaching dengan teman sejawat mengenai cara menciptakan pembelajaran yang berpihak pada siswa.

4.  Saya akan mengembangkan kegiatan eksul pramuka agar dapat menciptakan pemimpin-pemimpin cilik untuk diri sendiri, atau menyiapkan siswa menjadi  student agency atau mewujudkan kepemimpinan bagi murid.

5. saya akan berusaha mengerakan kmunitas paraktik di binaan 1 Pasar Rebo jakarta Timur dengan peran saya menjadi koordinator kelas 6. saya akan memfasilitasi kawan-kawan dalam berkolaborasi dalam pembuatan soal Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester atau Penilaian Akhir tahun.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar