Guru Pengerak

Selasa, 03 Desember 2019

Kisi-Kisi UKG Guru SD Kelas Tinggi 2019




Kode



:
Kisi-Kisi  UKG 2019

1.028KD0000
Mata Ujian
:
Guru SD Kelas Tinggi (Modul 0)


No.
Level 1
Level 2
Level 3
Pedagogik
1
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan
2


Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya
3

Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
Menentukan kesulitan belajar
4


Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar
5
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI
Merancang kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih
6
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI
Memilih pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelasV1
7

Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan
8
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
9

Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
Melaksanakan pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlaku
10

Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VIuntuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
11
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
12
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik
13


Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik
14
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
Berkomunikasi scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c) respons , (d) reaksi guru,
Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
15
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas 4 s.d kelas 6.
16

Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar
17


Memvalidasi instrumen yang akan digunakan
18

Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar
19


Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar
20
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.
Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan
21

Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran
22
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
23

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.
Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK.
24


Merumuskan masalah di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK

No.
Level 1
Level 2
Level 3
Profesional
1
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
2

Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
Menerapkan ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran
3

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
4


Menerapkan kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
5


Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
6

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis)
7


Menerapkan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca, membaca teks, membaca nyaring.
8

Memahami teori dan genre sastra Indonesia.
Membedakan sastra lama dan sastra baru
9


Menjelaskan genre sastra Indonesia
10

Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
11
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Matematika).
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
Menentukan relasi (lebih dari, kurang dari, atau sama dengan) antara dua pecahan dengan penyebut berbeda.
12


Menggunakan KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan penyebut berbeda.
13


Menentukan untung atau rugi yang melibatkan perbandingan dan bilangan pecah dalam bentuk persen.
14


Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram lingkaran.
15


Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan menggunakan statistik sederhana.
16


Menerapkan hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan
17


Menentukan luas daerah bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun datar)
18


Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu poligon dengan menggunakan gambar
19


Menentukan volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan bangun ruang)
20

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPK
21


Menyelesaikan masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat dan bilangan pecahan
22


Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan
23
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPA).
Memahami struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
24


Menjelaskan pembentukan makanan pada tumbuhan hijau
25


Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia
26


Mengidentifikasi perubahan wujud benda
27


Membedakan campuran homogen dari campuran heterogen
28


Menentukan suatu hasil pengukuran
29


Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhana
30


Menjelaskan perubahan energi
31


Menentukan perbedaan waktu di suatu tempat
32


Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan
33
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (IPS).
Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
Menganalisis hakekat mempelajari ilmu Pengetahuan Sosial
34


Menentukan kajian materi pembelajaran IPS yang meningkatkan pemahaman pengetahuan IPS
35


Menganalsis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan keterampilan IPS
36

Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
Menjelaskan konsep-konsep pada materi pembelajaran IPS
37

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
Menjelaskan nilai-nilai ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinekaan dan dinamika kehidupan global
38


Menganalisis aktivitas pembelajaran yang meningkatkan sikap menghargai perbedaan keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
39

Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global
Mengidentifikasi fenomena interaksi IPTEK dan perkembangan masyarakat dalam ketergantungan global
40


Menganalisis penyebab interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat
41


Menganalisis dampak interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat
42
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (PPKn).
Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.
Menganalisis contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat berbangsa dan bernegara
43


Menganalisis kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
44

Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.
Menganalisis prinsip kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerah
45


Mendeskripsikan demokrasi konstitusional Indonesia sesuai dengan semangat kebangsaan
46


Menganalisis contoh sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan karakter masyarakat Indonesia
47

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar
Mendeskripsikan prinsip penegakan hukum yang adil dan benar
48


Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
49

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.
Menjelaskan konsep moral kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia
50


Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
51
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
Memahami tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI
Menganalisis aktivitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran di SD/MI kelas IV s.d kelas VI.
52
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu
Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Menentukan ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas IV.
53
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
Memilih bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru
54

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
Mengetahui konsep dan prosedur penelitian tindakan kelas
55
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
Menggunakan webblog untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas IV dan s.d VI. (1)
56

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pelatihan online bagi guru SD kelas IV s.d kelas VI.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar