Kode
|
:
|
Kisi-Kisi UKG 2019
1.028KD0000
|
Mata Ujian
|
:
|
Guru SD
Kelas Tinggi (Modul 0)
|
No.
|
Level 1
|
Level 2
|
Level 3
|
Pedagogik
|
|||
1
|
Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosional, dan intelektual
|
Memahami
karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial-budaya.
|
Menjelaskan
implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
terhadap pendidikan
|
2
|
Membedakan
berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya
|
||
3
|
Mengidentifikasi
kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI
|
Menentukan
kesulitan belajar
|
|
4
|
Menentukan
faktor penyebab kesulitan belajar
|
||
5
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
Menerapkan
berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI
|
Merancang
kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan pembelajaran yang dipilih
|
6
|
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
|
Menentukan
pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran
SD/MI
|
Memilih
pengalaman belajar yang sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI kelas IV s.d
kelasV1
|
7
|
Memilih
materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan
tujuan pembelajaran.
|
Menentukan
materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah
ditentukan
|
|
8
|
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik.
|
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik.
|
Merancang
pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium,
maupun lapangan.
|
9
|
Melaksanakan
pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
|
Melaksanakan
pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun
lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlaku
|
|
10
|
Menggunakan
media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata
pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
|
Menggunakan
media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata
pelajaran SD/MI kelas IV s.d kelas VIuntuk mencapai tujuan pembelajaran
secara utuh
|
|
11
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
|
12
|
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
Menyediakan
berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai
prestasi belajar secara optimal.
|
Menentukan
kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek
pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik
|
13
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kreativitas untuk mencapai
prestasi belajar optimal peserta didik
|
||
14
|
Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
|
Berkomunikasi
scr efektif, empatik, & santun dg peserta didik dg bhs yg khas dlm
interaksi pembelajaran yg terbangun scr siklikal dr (a) penyiapan kondisi
psikologis , (b) memberikan pertanyaan/tgs sbg undangan u/ merespons, (c)
respons , (d) reaksi guru,
|
Memberikan
tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan
bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
|
15
|
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
|
Menentukan
aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
|
Menentukan
aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI kelas 4 s.d
kelas 6.
|
16
|
Mengembangkan
instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
|
Menentukan
instrumen evaluasi proses dan hasil belajar
|
|
17
|
Memvalidasi
instrumen yang akan digunakan
|
||
18
|
Melakukan
evaluasi proses dan hasil belajar
|
Menentukan
teknik evaluasi proses dan hasil belajar
|
|
19
|
Menerapkan
teknik evaluasi proses dan hasil belajar
|
||
20
|
Memanfaatkan
hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar.
|
Mengkonstruksikan
hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan
|
21
|
Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan
pengayaan.
|
Merancang
program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan
hasil pembelajaran
|
|
22
|
Melakukan
tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
|
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
23
|
Melakukan
penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata
pelajaran SD/MI.
|
Mengidentifikasi
permasalahan Pembelajaran di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang
dapat dipecahkan dengan PTK.
|
|
24
|
Merumuskan
masalah di kelas terkait lima mata pelajaran SD/MI yang dapat dipecahkan
dengan PTK
|
No.
|
Level 1
|
Level 2
|
Level 3
|
Profesional
|
|||
1
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu (B. Indonesia).
|
Memahami
hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
|
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
|
2
|
Memahami
kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
|
Menerapkan
ragam bahasa Indonesia dalam pembelajaran
|
|
3
|
Menguasai
dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
Menerapkan
kaidah bahasa Indonesia (morfologi=tata bentukan dan tata istilah sebagai
rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
|
4
|
Menerapkan
kaidah bahasa Indonesia semantik (makna kata, hubungan makna=polisemi,
sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, denotasi, konotasi, majas
sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
||
5
|
Menerapkan
kaidah bahasa Indonesia sintaksis (tata kalimat sebagai rujukan penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar)
|
||
6
|
Memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara,
membaca, menulis)
|
|
7
|
Menerapkan
prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca, membaca
teks, membaca nyaring.
|
||
8
|
Memahami
teori dan genre sastra Indonesia.
|
Membedakan
sastra lama dan sastra baru
|
|
9
|
Menjelaskan
genre sastra Indonesia
|
||
10
|
Mampu
mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
|
|
11
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu (Matematika).
|
Menguasai
pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam
konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran,
statistika, dan logika matematika.
|
Menentukan
relasi (lebih dari, kurang dari, atau sama dengan) antara dua pecahan dengan
penyebut berbeda.
|
12
|
Menggunakan
KPK dan FPB dalam penjumlahan atau pengurangan dua pecahan atau lebih dengan
penyebut berbeda.
|
||
13
|
Menentukan
untung atau rugi yang melibatkan perbandingan dan bilangan pecah dalam bentuk
persen.
|
||
14
|
Menginterpretasikan
data yang ditampilkan dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram
lingkaran.
|
||
15
|
Menentukan
rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan menggunakan
statistik sederhana.
|
||
16
|
Menerapkan
hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan
|
||
17
|
Menentukan
luas daerah bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat,
jajargenjang, layang-layang, trapesium, segitiga, lingkaran, gabungan bangun
datar)
|
||
18
|
Menunjukkan
hasil rotasi dan pencerminan suatu poligon dengan menggunakan gambar
|
||
19
|
Menentukan
volume bangun ruang (kubus, balok, limas, prisma, silinder dan gabungan
bangun ruang)
|
||
20
|
Mampu
menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menyelesaikan
masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan
operasi hitung campuran, bilangan berpangkat dan akar, FPB dan KPK
|
|
21
|
Menyelesaikan
masalah matematika atau masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan
bilangan bulat dan bilangan pecahan
|
||
22
|
Menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan
kecepatan
|
||
23
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu (IPA).
|
Memahami
struktur IPA termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan
dengan mata pelajaran IPA.
|
Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan
masyarakat.
|
24
|
Menjelaskan
pembentukan makanan pada tumbuhan hijau
|
||
25
|
Mendeskripsikan
jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh
manusia
|
||
26
|
Mengidentifikasi
perubahan wujud benda
|
||
27
|
Membedakan
campuran homogen dari campuran heterogen
|
||
28
|
Menentukan
suatu hasil pengukuran
|
||
29
|
Menjelaskan
pemanfaatan gaya dalam pesawat sederhana
|
||
30
|
Menjelaskan
perubahan energi
|
||
31
|
Menentukan
perbedaan waktu di suatu tempat
|
||
32
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan
|
||
33
|
Menguasai
materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu (IPS).
|
Menguasai
materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan
IPS.
|
Menganalisis
hakekat mempelajari ilmu Pengetahuan Sosial
|
34
|
Menentukan
kajian materi pembelajaran IPS yang meningkatkan pemahaman pengetahuan IPS
|
||
35
|
Menganalsis
aktivitas pembelajaran yang meningkatkan keterampilan IPS
|
||
36
|
Mengembangkan
materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
|
Menjelaskan
konsep-konsep pada materi pembelajaran IPS
|
|
37
|
Memahami
cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam
konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.
|
Menjelaskan
nilai-nilai ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinekaan dan dinamika kehidupan
global
|
|
38
|
Menganalisis
aktivitas pembelajaran yang meningkatkan sikap menghargai perbedaan
keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
||
39
|
Memahami
fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan
agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global
|
Mengidentifikasi
fenomena interaksi IPTEK dan perkembangan masyarakat dalam ketergantungan
global
|
|
40
|
Menganalisis
penyebab interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat
|
||
41
|
Menganalisis
dampak interaksi IPTEK, seni dan agama terhadap perkembangan masyarakat
|
||
42
|
Menguasai
materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu (PPKn).
|
Menguasai
materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku
yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.
|
Menganalisis
contoh perilaku kebersamaan dalam keberagaman budaya dalam masyarakat
berbangsa dan bernegara
|
43
|
Menganalisis
kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara tematik
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
|
||
44
|
Menguasai
konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional
Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.
|
Menganalisis
prinsip kepribadian nasional berdasarkan kebhinekaan budaya daerah
|
|
45
|
Mendeskripsikan
demokrasi konstitusional Indonesia sesuai dengan semangat kebangsaan
|
||
46
|
Menganalisis
contoh sikap dan perilaku cinta tanah air serta bela negara berdasarkan
karakter masyarakat Indonesia
|
||
47
|
Menguasai
konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara
adil dan benar
|
Mendeskripsikan
prinsip penegakan hukum yang adil dan benar
|
|
48
|
Menganalisis
contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar
secara kontekstual
|
||
49
|
Menguasai
konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang
demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia.
|
Menjelaskan
konsep moral kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks
kewargaan negara dan dunia
|
|
50
|
Menganalisis
contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar
secara kontekstual
|
||
51
|
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan
yang diampu.
|
Memahami
tujuan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI
|
Menganalisis
aktivitas pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran di SD/MI kelas IV
s.d kelas VI.
|
52
|
Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu
|
Memilih
materi lima mata pelajaran SD/MI yang sesuai dengan tingkat perkembangan
peserta didik.
|
Menentukan
ruang lingkup materi/bahan ajar sesuai dengan IPK lima mata pelajaran SD/MI
kelas IV s.d kelas IV.
|
53
|
Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
|
Melakukan
refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.
|
Memilih
bahan refleksi yang tepat untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru
|
54
|
Melakukan
penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
|
Mengetahui
konsep dan prosedur penelitian tindakan kelas
|
|
55
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan
diri.
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.
|
Menggunakan
webblog untuk mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD, kelas IV
dan s.d VI. (1)
|
56
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
|
Menggunakan
situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pelatihan online bagi
guru SD kelas IV s.d kelas VI.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar