Guru Pengerak

Senin, 18 November 2019

RANGKUMAN TEMA 5 KELAS VI


RANGKUMAN TEMA 5 KELAS VI
WIRAUSAHA
1. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
1.   Kita patut bangga dengan keragaman sosial dan budaya yang kita miliki, dari Sabang sampai Merauke beragam kebudayaan, suku, bangsa, bahasa, adat istiadat, agama dan banyak lagi kekayaan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia Indonesia. Keragaman sosial dan budaya inilah yang berpotensi sebagai sumber daya yang dapat membawa manusia Indonesia dikenal dunia dengan keunikan dan corak warna-warni kebudayaan.
2.   Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Setiap kelompok masyarakat atau suku bangsa mempunyai budaya masing-masing.
3.  Negara kita sangat kaya dengan kebudayaan. Setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri. Kebudayaan merupakan ciri khas yang membedakan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Bentuk kenampakan budaya setiap daerah sangat dipengaruhi oleh keadaan alam setempat akibatnya, bentuk budaya sangat beragam. Keragaman itu ditunjukkan dalam bentuk rumah  adat, tarian, dan pakaian adat.
4.  Secara garis besar, tempat tinggal masyarakat dapat di bedakan menjadi dua, yaitu masyarakat yang tinggal di pedesaan dan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Sebagian masyarakat Indonesia tinggal di pedesaan. Mata pencarian utama mereka adalah bidang pertanian. Oleh karena itu, Indonesia di sebut dengan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai petani.
Masyarakat pedesaan dan pesisir masih mengandalkan keadaan alam sekitarnya. Bertani, berladang, berkebun ataupun nelayan merupakan mata pencarian utama masyarakat desa dan pesisr. Masyarakat pedesaan pun masih memegang teguh adat istiadat. Berbagai kegiatan adat sering dilakukan oleh masyarakat pedesaan dan pesisir.
Masyarakat perkotaan terdapat  perindustrian, perdagangan dan jasa. Masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang heterogen (beraneka ragam). Masyarakat terdiri atas berbagai suku dan budaya yang berbeda.
5.  Karena itu kita butuh mengenal satu sama lain demi terciptanya nilai-nilai toleransi dan saling menghargai sama lain sebagai satu masyarakat hukum dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
6.   Manfaat  keragaman budaya Indonesia:
a.    Menjadikan Indonesia istimewa terutama di mata dunia
b.    Menjadi bagian dari identitas dan jati diri bangsa yang membedakannya dari bangsa lain di dunia
c.     Menumbuhkan nasionalisme atau cinta tanah air
d.    Potensi keberagaman budaya dapat dijadikan objek dan tujuan pariwisata di Indonesia yang bisa mendatangkan devisa.
e.     Menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi nasional
f.     Kebudayaan yang beragam di Indonesia menjadi sumbangsih bagi ilmu pengetahuan di dunia.
7.  Faktor-Faktor Penyebab Keberagaman Budaya, sosial dan ekonomi di  Indonesia
a.     Latar belakng sejarah
b.     Perbedaan kondisi geografi
c.     Keterbukaan terhadap Kebudayaan Luar
d.     Perbedaan kondisi alam
e.     Keadaan transportasi dan komunikasi
f.      Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
8.  aspek sosial budaya menjelaskan, bahwa masyarakat Indonesia diwarnai oleh berbagai macam perbedaan, baik perbedaan suku, ras, agama, kebudayaan, dan bahasa sehingga perlu persatuan dan kesatuan bangsa.
9.  Tangung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya)
10.  Manfaat Tangung jawab
ü  Dihargai dan dihormati oleh orang lain.
ü  Tidak memudahkan Anda untuk berbuat kesalahan
ü  Mendapatkan banyak kepercayaan, baik diorganisasi, masyarakat maupun tempat Anda bekerja
ü  Akan lebih berhati-hati dalam bertindak
11. Sikap yang dimiliki oleh seorang wirausahawan kreativitas dan ketekunan, kerja keras pantang penyerah.
12. Sikap terharap pesaing usaha adalah Saling bersaing dengan sehat dan berkompetitif, Menjaga hubungan baik, tidak saling menjatuhkan.








.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar