Guru Pengerak

Senin, 04 Maret 2019

MATERI DAN SOAL GLOBALISASI


GLOBALISASI
A.    Pengertian Globalisasi
Globasilsasi berasal dari kata globe artinya dunia, dan globalisasi berarti mendunia. Ini berarti dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara tidak menjadi halangan untuk bisa saling berhubungan. Kemajuan teknologi dari hari ke hari berperan penting dalam terciptanya proses globalisasi.
B.     Perubahan Perilaku Masyarakat
Pengaruh globalisasi telah memengaruhi perilaku masyarakat kita dalam  berbagai bidang kehidupan. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada masyarakat  perkotaan tapi juga masyarakat yang tinggal di perdesaan. Pengaruh globalisasi  ini bisa berdampak positif dan juga negatif. Oleh karena itu kita harus bisa memilih yang baik untuk diterapkan dan yang buruknya kita tinggalkan.
a.      Gaya Hidup
Perubahan pola hidup yang sangat jelas terlihat di kota besar seperti Jakarta yang banyak dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Sebagaimana pula yang terlihat pada kota-kota besar yang ada di negara lain yang telah maju. Kehidupan masyarakatnya pun telah berubah karena pengaruh dari barat. Mulai dari pakaian, rambut, bersosialisasi dan gaya rumah. Namun perlu juga diingat tidak semua pengaruh yang datang dari luar negara kita bisa diterapkan begitu saja. Perilaku bangsa lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita hendaknya kita jauhi.
b.      Makanan
Berbagai restoran cepat saji pun tersebar di nusantara seperti Mc Donald, Pizza Hut, dan KFC yang semua makanan dan minuman yang disajikan berasal dari Negara Amerika. Kini dengan adanya globalisasi, makanan asing tersebut mudah dijumpai di mana-mana
terutama di pusat-pusat perbelanjaan.
c.      Pakaian
Celana jeans, T-Shirt, setelan jas, gaun malam, baju pesta, hingga baju pengantin juga tidak terlepas dari dampak globalisasi yang ada di sekitar kita. Setelan jeans dan T-shirt mudah sekali kita jumpai. Bahkan setelan jas yang dahulu hanya dipakai oleh bangsa barat, kini sudah menjadi pakaian resmi internasional. Gaun malam, baju pesta, dan baju pengantin ala barat yang beragam, juga bisa dimiliki dengan mudah. Baju-baju tersebut berasal dari negara barat yang kini sudah mendunia.
d.      Komunikasi
Di antara kamu mungkin sudah mengenal bahkan memiliki handphone. Ini merupakan salah satu kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang seiring arus globalisasi yang ada. Teknologi internet yang kian berkembang juga memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan bertukar informasi di berbagai belahan dunia manapun dengan cepat dan aktual.
e.      Transportasi
Pesawat terbang merupakan salah satu contoh kemajuan di bidang transportasi sebagai dampak lain dari arus globalisasi. Dengan adanya pesawat terbang, perpindahan arus barang dan orang dari satu negara ke negara lainnya menjadi cepat dan mudah. Jauhnya jarak, tidak lagi menjadi masalah. Perkembangan jenis pesawat pun semakin beragam dan semakin canggih.
f.      Nilai-nilai dan tradisi
Nilai atau norma merupakan aturan yang tidak tertulis namun diakui dan dihormati oleh masyarakat. Namun nilai-nilai tersebut kini sudah mulai bergeser bahkan bercampur dengan nilai-nilai yang baru yang berasal dari luar. Tradisi nenek moyang pun perlahan sudah mulai terlupakan. Sebagai orang yang pandai dan cinta tanah air, sepantasnyalah kita tetap mempertahankan nilai dan tradisi yang sesuai dengan kepribadian bangsa.
C.    Bukti-bukti adanya pengaruh globalisasi
Arus globalisasi yang melanda masyarakat kita telah terasa dampaknya dalam kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan handphone, komputer, mobil, baju dan makanan yang sama dengan masyarakat di berbagai negara lain merupakan bukti adanya dampak globalisasi terhadap kehidupan masyarakat. Dengan demikian seolah-olah tidak ada batas antara negara satu dengan negara lainnya. Sebenarnya banyak bukti-bukti dampak globalisasi yang ada, berikut ini ada beberapa yang bisa kita lihat di sekitar kita.
a.      Media Cetak dan Elektronik
Dengan adanya media cetak dan elektronik, produsen dengan mudah memberikan informasi suatu produk kepada konsumen. Media cetak itu meliputi surat kabar, majalah, tabloid, selebaran iklan, dan lain-lain. Sedangkan media elektronik antara lain televisi, radio, dan internet. Di era globalisasi ini, membuat iklan untuk memperkenalkan produk menjadi sangat penting agar masyarakat mengenal produk yang ditawarkan.
b.      Dampak lain yang timbul dari arus globalisasi
Globalisasi adalah gencarnya informasi mengenai pariwisata melalui teknologi komunikasi yang ada. Wisatawan mancanegara banyak berdatangan ke negara kita untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Indonesia. Bahkan tidak hanya kawasan wisata yang merasakan dampaknya, penduduk sekitar kawasan pun telah merasakan manfaatnya, mulai dari peningkatan pendapatan yang mereka terima hingga lapangan kerja yang tersedia. Ini merupakan dampak positif dari adanya pengaruh globalisasi.
c.       Migrasi
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Alasan penduduk untuk bermigrasi bisa bermacam-macam. Ada yang ingin memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di tempat lain hingga akhirnya menetap, dan ada pula yang sementara untuk keperluan belajar atau bisnis
d.      Telekomunikasi
Kita mungkin pernah menggunakan internet, untuk sekadar chating, mengirim email atau bermain games dengan orang di tempat yang jauh bahkan tidak kita kenal sekalipun. Dengan teknologi internet, kita mengenal teleconfrence yang memungkinkan seseorang yang saling berjauhan bisa bertatap muka. Perkembangan teknologi melalui satelit memberikan peran berarti untuk kemajuan telekomunikasi. Pengertian telekomunikasi itu sendiri adalah komunikasi yang dilakukan dari jarak jauh.
D.    Dampak Globalisasi
Globalisasi yang melanda dunia saat ini memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Baik dampak atau pengaruh yang positif maupun negatif.
1.      Dampak positif
Dampak positif dari globalisasi antara lain :
ü  Kerja Keras
ü  Disiplin
ü  Menghargai Waktu
ü  Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
ü  Keterbukaan
2.      Dampak Negatif
Dampak negatif dari globalisasi antara lain :
ü  Individualisme yaitu adalah suatu paham yang menganggap diri sendiri lebih
penting daripada orang lain (mementingkan diri sendiri).
ü  Materialisme, yaitu paham yang mencari dasar segala sesuatu itu berupa
kebendaan, seperti uang, harta, dan sebagainya.
ü  Konsumtif adalah bersifat konsumtif (hanya memakai tidak menghasilkan sendiri.
ü  Pergaulan Bebas
ü  Penyalahgunaan Narkoba
E. Cara-cara yang dilakukan mengantisipasi dampak negatif globalisasi
1. Mempertebal ideologi bangsa.
2. Menanamkan pendidikan agama agar meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan
    Yang Maha Esa.
3. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk menghambat laju peredaran
    obat-obatan terlarang (narkoba).
4. Mengembangkan rasa bangga menggunakan produk sendiri
F.  Sikap kita terhadap globalisasi
Arus globalisasi yang demikian besar yang telah melanda negeri kita ini, memang tidak mungkin lagi kita bendung. Dampak positif dan negatif pun mau tak mau akan masuk dalam masyarakat kita. Tidak adanya batas yang menghalangi masuknya informasi baik teknologi maupun komunikasi ini, menjadikan kita untuk mampu memilih dan memilah informasi yang bermanfaat bagi kehidupan. Sikap masyarakat kita pun beragam dalam menanggapi arus globalisasi yang melanda. Ada yang menerimanya dengan terbuka dan dengan senang hati menerapkannya dalam kehidupan dengan harapan untuk  kemajuan, dan ada juga yang tidak mau menerimanya karena menganggap globalisasi ini akan berdampak buruk untuk kehidupan sosial masyarakat dan menimbulkan kesenjangan yang besar antara yang kaya dan miskin.



SOAL TENTANG GLOBALISASI

1. Globalisasi dapat mempengaruhi cara berkomunikasi antar masayarakat, contohnya adalah ....
a. Berkomunikasi secara langsung
b. Berkomunikasi lewat telepon
c. Berkomunikasi lewat surat
d. Berkomunikasi dengan isyarat

2. Dampak globalisasi yang tidak baik bagi anak muda adalah ....
a. Pergaulan bebas
b. Teknologi baru     
c.  Lagu-lagu asing
d. Gaya pakaian asing

3. Teknologi informasi berikut yang dipengaruhi oleh globalisasi, Kecuali ....
a. Radio
b. Televisi
c. Handphone
d. Kentongan

4. Contoh globalisasi di bidang komunikasi adalah ....
a. Banyak merk mobil luar negeri     
b. Banyak rumah makan milik negara lain
c. Beredarnya lagu-lagu dari negara lain
d. Banyak merk smartphone dari luar negeri

5. Berkembangnya jenis kendaraan yang bisa dipakai  adalah contoh globalisasi di bidang ....
a. Perindustrian
b. Pertanian
c. Transportasi
d. Komunikasi

6. Penemu pesawat telepon adalah ....
a. Galileo 
b. Thomas Alva Edison
c. Alexander Graham Bell
d. Aristoteles

7. Beredarnya barang-barang elektronik dengan merk buatan negara lain di Indonesia menunjukan contoh dari globalisasi di bidang ....
a. Pertanian
b. Perindustrian
c. Pekebunan
d. Perikanan

8. Hal-hal berikut yang dipengaruhi oleh budaya barat adalah ....
a. Film
b. Lagu daerah
c. Baju modern
d. Alat komunikasi

9. Untuk mencegah dampak negatif globalisasi maka kita perlu ....
a. Berpegang teguh kepada nilai dan norma
b. Melihat berbagai barang negara asing
c. Membeli produk milik asing
d. Membuat saingan produk negara lain

10. Contoh dampak positif dari globalisasi adalah ....
a. Sifat konsumtif
b. Sifat pekerja keras
c. Sifat pemalas
d. Sifat diktator

11. Globalisasi dapat menyebabkan seseorang menjadi individualisme yaitu ....
a. Mementingkan orang lain
b. Mementingkan kepentingan bersama
c. Mementingkan kepentingan diri sendiri
d. Tidak punya kepentingan

12. Kalau diri kita ingin berpergian ke negara lain maka kita harus mengurus ....
a. KTP dan SIM
b. SIM dan Paspor
c. KTP dan Visa
d. Visa dan Paspor

13. Berdirinya rumah makan milik asing di sekitar kita menunjukan dampak globalisasi di bidang ....
a. Industri
b. Komunikasi
c. Informasi
d. Konsumsi

14. Seseorang yang selalu mengikuti perkembangan gaya hidup di televisi maka bisa menyebabkan dirinya ....
a. Hidup sederhana
b. Hidup berkecukupan
c. Hidup bermewah-mewahan
d. Hidup biasa saja

15. Salah satu contoh sifat konsumtif adalah ....
a. Membeli secukupnya
b. Membeli yang dibutuhkan
c. Membeli dengan hati-hati
d. Membeli dengan boros

16. Walaupun globalisasi dapat memberikan informasi yang menarik tentang negara lain namun kita harus tetap ....
a. Mempelajari yang buruk-buruk
b. Mencintai bangsa sendiri
c. Membenci budaya asing
d. Membenci budaya sendiri

17. Penyebaran nilai-nilai globalisasi paling banyak bisa diakses oleh masyarakat melalui ....
a. Pembicaraan langsung
b. Televisi
c. Radio
d. Surat kabar

18. Untuk mencegah dampak buruk dari tontonan di televisi maka orang tua harus ....
a. Mengawasi tontonan yang dilihat anak
b. Memberikan kebebasan kepada anak
c. Menjual televisi yang dipunyai
d. Melarang anak menonton televisi

19. Budaya bangsa sendiri bisa semakin hilang jika kita ....
a. Tidak mau melestarikannya
b. Peduli dengan budaya sendiri
c. Suka mempelajarinya
d. Semangat melestarikannya

20. Negara yang tidak begitu terpengaruh dengan globalisasi adalah negara yang ....
a. Kaya raya
b. Terbuka
c. Super power
d. Tertutup

21. Globalisasi dapat menyebabkan batasan-batasan informasi antar negara seolah menjadi ...
a. Tebal
b. Kuat
c. Hebat
d. Hilang

22. Kegiatan jual beli antar negara menjadi semakin mudah, hal itu menunjukan pengaruh globalisasi dalam bidang ....
a. Sosial  
b. Budaya
c. Ekonomi
d. Kesehatan

23. Berikut ini adalah contoh dampak negatif dari globalisasi adalah ....
a. Meningkatkan perkembangan teknologi
b. Munculnya pengetahuan baru
c. Lunturnya niai kearifan lokal
d. Berkembangnya ilmu pengetahuan

24. Saat negara lain sedang tertimpa bencana, maka negara-negara di dunia ikut membantunya. Hal itu adalah contoh pengaruh globalisasi dalam bidang ....
a. Sosial
b. Budaya
c. Ekonomi
d. Kesehatan

25. Manfaat globalisasi dalam bidang pendidikan contohnya adalah ....
a. Kegiatan ekspor dan impor  
b. Pertukaran pelajar ke luar negeri
c. Pertunjukan pentas budaya
d. Jual beli alat produksi

Isian
1.         Globalisasi membawa dampak ... dan ...
2.       Perusahaan nasional maupun perusahaan asing berkewajiban untuk membayar ....
3.       Kita harus bersikap selektif terhadap pengaruh ....
4.        Masyarakat semakin maju terbuka untuk hal-hal yang baru adalah dampak ... globalisasi.
5.       Makanan cepat saji merupakan pengaruh globalisasi dalam bidang .... 
6.       Proses globalisasi  terjadi akibat kemajuan ..., ..., dan .... 
7.        Kewaspadaan terhadap pengaruh globalisasi perlu kita .... 
8.       Bidang komunikasi merupakan sektor paling mudah untuk menerima .... 
9.       SMS adalah pengaruh globalisasi dalam hal .... 
10.      Berpikir positif thinking merupakan salah satu pengaruh dari .... 
11.        Globalisasi berasal dari kata globe yang berarti ....
12.      Pergaulan bebas adalah contoh dampak globalisasi yang bersifat ....
13.      Pola tingkah laku yang dimiliki seseorang disebut ....
14.      Sifat ingin membeli apapun yang diinginkan dinamakan ....
15.      Penyebab globalisasi yang utama diantaranya dapat disebabkan oleh .... dan .....
16.      Globalisasi menyebabkan barang-barang merk luar negeri semakin ....
17.      Untuk mencegah dampat buruk dari globalisasi maka kita perlu memegang teguh .... dan ....
18.      Dampak positif penanaman modal asing terhadap dunia kerja adalah dapat ....
19.      Dampak negatif penanaman modal asing terhadap lingkungan alam adalah dapat ....
20.    Di era globalisasi berbagai informasi dapat didapat dengan mudah melalui ....

Essai
1.          Jelaskan pengertian globalisasi secara bahasa!
2.       Jelaskan tanda-tanda globalisasi!
3.       Jelaskan faktor penyebab terjadinya globalisasi!
4.        Mengapa globalisasi dapat menimbulkan kerusakan lingkungan?
5.       Bagaimana sikap kita dalam menghadapi globalisasi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar