Guru Pengerak

Kamis, 19 April 2018

SOAL KELAS 6 BILANGAN CACAH, KPK, FPB DAN PECAHAN


A. Oprasi Campuran Bilangan Cacah
1. Di sebuah peternakan terdapat 5 baris kandang burung puyuh. Setiap baris berisi 225 ekor burung puyuh petelur. Setiap hari setiap baris kandang rata-rata menghasilkan 215 butir telur puyuh. Akan tetapi, 7 butir telur dari setiap baris kandang dipastikan sudah pecah sebelum diambil. Berapakah banyak telur utuh yang bisa diambil dari peternakan tersebut setiap harinya?
2. Seseorang membeli sebuah kamus dan dua buah buku cerita di Toko Buku AB. Harga kamus Rp125.000,00 sedangkan harga sebuah buku Rp25.250,00. Pembeli tersebut membayar dengan 2 lembar uang ratusan ribu. Kebetulan toko tersebut sedang mengadakan promo potongan harga sebesar Rp12.000,00. Berapa kembalian yang harus diterima pembeli tersebut?
3. Ikang memelihara 25 ekor ayam dan 45 ekor bebek. Setiap ayam membutuhkan 5 gram bekatul setiap hari. Sedangkan setiap bebek membutuhkan 8 gram bekatul setiap hari. Berapa kebutuhan bekatul untuk seluruh piaraan Ikang dalam 1 minggu?
4. Seekor ikan berada di kedalaman 15 m di bawah permukaan air, lalu ikan tersebut bergerak keatas 6m. lalu seekor burung terbang 3m tepat di atas permukaan air. Berapa m jarak ikan ke burung?
5. Adonan ice cream bersuhu 8oc lalu di letakan di freezer sehingga suhu turun 12oC. saat di hidangkan suhu naik 15oC. berapa suhu Ice cream saat di hidangkan?

B. KPK dan FPB
1.    Ibu Yuyun pergi ke pasar setiap 6 hari sekali, Tante Nabila pergi ke pasar setiap 8 hari sekali. Dan Bibi Ulfah pergi ke pasar setiap 12 hari sekali. Jika pada hari ini mereka pergi bersama-sama, maka berapa hari lagi mereka akan pergi bersama-sama?
2.    Dadan membeli 24 permen, 15 kue dan 60 coklat. Permen dan coklat itu akan dibungkus dan dibagikan kepada teman-temannya dengan jumlah sama banyak.
a. Berapa bungkus yang dapat dibuat Dadan?
b. Berapa jumlah permen, kue dan cokelat dalam setiap bungkusnya?
3.    Terdapat 3 lampu di rumah Pa Mahda yakni lampu merah, kuning, dan hijau. Lampu merah menyala setiap 5 menit, lampu kuning menyala setiap 12 menit dan lampu hijau menyala setiap 15 menit. Apabila ketiga lampu itu dinyalakan bersama pada pukul 12.30. Pada pukul berapa ketiga lampu itu akan menyala secara bersama-sama lagi?
4.    Firyal mengunjungi perpustakaan setiap 3 hari sekali, Adha setiap 6 hari sekali dan Zahra setiap 4 hari sekali. Jika tanggal 28 Mei 2017 mereka mengunjungi perpustakaan. Tanggal berapa  mereka akan ke perpustakaan secara bersamaan lagi pada tanggal?
5.    Pak Guru telah membeli 60 buku pelajaran, 50 buku cerita dan 80 buku bergambar. Buku itu ingin dibuatkan rak buku. Pak guru nanti ingin meletakkan buku itu sama rata jumlahnya pada setiap rak.
a.Berapakah rak buku yang dibutuhkan Pak Guru?
b. Berapakah jumlah masing-masing buku dalam setiap rak?
C. Pecahan
1. Pak Karyo memiliki 3, 5  m tali. Tali itu diberikan kepada ayah 6/5 m dan sisanya diberikan kepada kakak. Panjang tali yang diterima kakak adalah ...
2. Di dalam keranjang terdapat 7/2 kg beras.7 Ons garam dan 1500 grm gula. Berat seluruh belanjaan ibu adalah ... Kg
3. Nenek membeli 5,5  kg salak. Nenek memberikan kepada ibu     kg dan diberikan kepada bibi 2,4 Kg . Sisa salak nenek adalah . . .  Kg
4. Ibu membeli televisi seharga Rp 2.500.000. Ibu mendapat diskon sebesar 25%. Berapa rupiah yang harus di bayar ibu?
5. Darma memiliki tabungan di bang sebesar  Rp 5.000.000. Jika setiap bulan darma mendapat bunga bang 1% per bulan. Berapa tabungan darma setelah 5bulan?

Selamat Mengerjakan, Kerjakan soal yang kamu anggap mudah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar