Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : PKN
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ……………………. (UH1)
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
tepat.
1. Jepang mulai menjajah Indonesia pada tahun . . . .
2. Pada Perang Pasifik, pasukan yang mengalahkan
Jepang adalah . . . .
3. BPUPKI merupakan singkatan dari . . . .
4. Lembaga yang menggantikan BPUPKI adalah . . . .
5. Tiga orang yang mengemukakan pendapatnya mengenai
dasar Negara Indonesia pada sidang BPUPKI adalah . . ., . . ., dan . . . .
6. Lima dasar negara pertama kali tertuang dalam
sebuah piagam. Nama piagam itu adalah . . .
7. Hasil perubahan sila pertama dasar negara berbunyi
. . . .
8. Pancasila berarti . . . .
9. Tokoh yang mengusulkan perubahan sila pertama dasar
negara yang tercantum dalam Piagam Jakarta adalah . . . .
10. Para perumus Pancasila memberi teladan bahwa
perbedaan tidak boleh menjadi penghalang untuk melakukan . . . .
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1. Apa tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada
rakyat Indonesia?
2. Sebutkan sepuluh anggota BPUPKI yang kalian
ketahui.
3. Sebutkan lima dasar negara yang diusulkan oleh
Soekarno dalam siding BPUPKI.
4. Sebutkan satu per satu sila-sila dalam Pancasila
secara urut dan lengkap.
5. Apa saja nilai-nilai terpuji yang dapat kita
teladani dari para penyusun dasar negara Pancasila?
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri
Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : PKN
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH2)
Isilah titik-titik berikut dengan benar.
1. Pada pemilu 2004 Amien Rais
berpasangan dengan ….
2. Salah satu syarat calon
gubernur adalah telah melaksanakan kewajiban pajak dibuktikan dengan nomor
pokok ….
3. Pemilihan presiden dan wakil
presiden tahap kedua dilaksanakan pada tanggal ….
4. Supaya pemilu berjalan lancar,
bebas, jujur, dan adil maka dibentuklah ....
5. Pemerintahan yang berwenang
melaksanakan otonomi, daerahnya disebut ….
6. Demokrasi yang kita laksanakan
di Indonesia sesuai falsafah bangsa adalah ….
7. Yang membedakan antara DPD dan
DPRD adalah ....
8. Untuk melaksanakan otonomi,
pemerintah daerah berhak menetapkan ….
9. Pemilihan umum dilaksanakan
secara langsung, umum, bebas, rahasia, …. Setiap lima tahun sekali.
10. Syarat calon pemilih untuk
menggunakan suaranya sekurang-kurangnya berusia ... tahun atau telah menikah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1. Jelaskan pengertian demokrasi!
2. Apakah yang dimaksud LUBER?
3. Pada pemilu presiden dan wakilnya tahun 2004 (tahap
kedua) pasangan siapa saja yang mengikuti?
4. Sebutkan syarat-syarat calon anggota DPR empat
saja!
5. UU nomor berapa yang mengatur tentang pemerintahan
daerah?
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri
Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : PKN
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………… (UH 3)
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
tepat.
1. Ketika akan memangku jabatannya, presiden dilantik
oleh ….
2. Nilai-nilai demokrasi terdapat dalam Pancasila,
sila ke ….
3. Dalam UU No. 22 Tahun 2003 jumlah anggota DPR
adalah ….
4. Pada pemilu tahun 2004, pasangan presiden dipilih
langsung oleh ….
5. Hak presiden untuk membatalkan tuntutan pidana
sebelum diadili adalah ….
6. Untuk menjadi Hakim Agung, berusia
sekurang-kurangnya ….
7. Pengadilan Tinggi terdapat di tingkat ….
8. Komisi Yudisial dibentuk oleh ….
9. Merencanakan dan menetapkan peserta pemilu
dilakukan oleh ….
10. Sekretaris daerah membantu dan memperlancar tugas
….
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1. Sebutkan tiga tugas dan wewenang MPR!
2. Jelaskan hubungan pemerintah pusat dan daerah!
3. Sebutkan tiga pejabat tinggi negara setingkat
menteri!
4. Bagaimanakah susunan Mahkamah Agung?
5. Presiden berhak memberikan rehabilitasi. Jelaskan
maksudnya!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ……………………… (UH 1)
Surat Terakhir
Hari ini Ipah menerima surat dari
Rah. Rah adalah sahabatnya yang berada di Aceh. Ia adalah gadis yang sangat
pandai, cerdas, dan baik hati.
Surat dibaca Ipah. Tiba-tiba
wajah Ipah tampak sedih.
"Ma, Ipah kehilangan sahabat
pena. Rah akan berhenti menulis surat," kata Ipah sambil mengatasi rasa
gugupnya.
Mamanya diam, lalu duduk di
samping Ipah. "Suatu saat pasti Rah menulis
surat lagi. Mungkin keluarganya
sekarang sedang dalam kesulitan," jawab mamanya menghibur.
"Mungkin Mama benar.
Keluarga Rah dalam kesulitan," pikir Ipah.
Kata-kata mamanya mengingatkan
sesuatu. Cepat-cepat Ipah memungut surat kabar yang tadi dibacanya. Di halaman
pertama terpampang foto pengungsi Aceh, wanita, dan anak-anak yang hidup di
bawah tenda-tenda yang kering dan gersang.
Lama Ipah menatap foto itu.
"Semoga Rah tidak berada di situ . . . . ," bisik Ipah pelan.
Tak terasa air mata bergulir dari
sudut matanya.
Karya Hanifah AiniSumber: Bobo, 23 September 2004
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Siapa saja tokoh-tokoh dalam
cerita anak di atas?
2. Pokok-pokok cerita apa saja yang
ada dalam cerita yang kamu simak?
3. Di manakah setting cerita di
atas?
4. Pesan apakah yang ingin
disampaikan pengarang lewat cerita tersebut?
5. Bagaimana tanggapanmu terhadap
sifat-sifat tokoh dalam cerita?
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Lampu merah di perempatan jalan
menyala. Anak kecil bertopi kumal dan berkaleng kecil mendekati jendela sebuah
mobil. Orang yang di dalam mobil, cepat-cepat menutup jendela. Si kecil tetap
mengeluarkan tangan tetapi sia-sia belaka. Karena orang di dalam mobil itu
tidak mau peduli tengadah tangan anak kecil itu.
a. Sebutkan perwatakan tiap-tiap tokoh dalam cerita!
b. Jelaskan amanat cerita di atas!
2. Tuliskan urut-urutan penulisan
laporan perjalanan!
3. Buatlah contoh formulir untuk
mengikuti Lomba Pildacil (Pilihan Dai Cilik) di kotamu!
4. Berikan contoh pujianmu terhadap keindahan bunga
teratai di samping!
5. Buatlah kalimat dengan ungkapan
berikut. Kemudian tentukan maksudnya!
a. buah pena
b. buah hati
c. buah simalakama
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : …………………………… (UH 2)
Abang Becak
Abang becak bekerja
Membanting tulang
Demi menghidupi anak istri
Untuk memperoleh sedikit uang
Agar mendapat sesuap nasi
Abang becak bekerja
Tak kenal lelah
Menahan lapar dan dahaga
Panas terik pun tak masalah
Demi kemakmuran keluarga
I. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Siapa tokoh dalam puisi di atas?
2. Apa arti ungkapan "membanting tulang" pada bait pertama puisi
di atas?
3. Mengapa Abang becak membanting tulang?
4. Apa maksud baris puisi “Abang bekerja tak kenal lelah?"
5. Bagaimana bentuk narasi puisi di
atas?
Kerjakan sesuai perintah!
1. Apa yang kalian ketahui mengenai istilah internet? Buatlah
kalimat dengan istilah tersebut!
2. Tulislah karangan sebanyak satu paragraf dengan ketentuan kalimat utama
di awal paragraf!
3. Tentukan antonim dari kata berikut!
a. guru x . . . . c.
awal x . . . .
b. kemarau x . . . . d.
kurus x . . . .
4. Apa yang kalian ketahui mengenai parafrase puisi?
5. Coba parafrasekan puisi berikut ini!
Kampungku
Di lereng bukit terpencil tiada
listrik tiada mobil
Tapi tak membuatku terkucil di
kampungku
Pepohonan rindang tegak berdiri
penyejuk udara di siang hari
Kampung kecilku di pegunungan
Kehidupan damai nan tenang
Jauh dari pencemaran dan
kebisingan
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : …………………………. (UH 3)
Kaos Baru
Sore itu, sehabis mandi, Godang
buru-buru mengenakan kaos barunya. Kaos berwarna kuning bertuliskan USA dengan
gambar burung elang yang mengembangkan sayapnya. Bagus memang. Yang lebih
membanggakan karena kaos itu pemberian pamannya yang pulang dari Amerika. Maka
dengan penuh rasa bangga, Godang datang ke tempat Jimbrong, tempat teman-temannya
sering berkumpul.
"Wah, tumben rapi amat.
Memangnya mau ke mana?" sambut Bapong ketika Godang datang dengan senyam-senyum. "Iya nih, sudah mandi
lagi. Sepertinya mau ke pesta," timpal Cemot.
"Oooo saya tahu. Kaosnya
baru. Makanya buru-buru mandi." Mendapat sergapan dari teman-temannya
Godang hanya bisa tertawa kecil, tapi bangga. "Beli di mana kaosnya. Bagus
lho. Berapa harganya?" tanya Bapong lagi. "Dikasih Paman yang baru
pulang dari Amerika."
Cerita anak dalam Ina
1. Apa tema cerita anak yang kalian simak?
2. Bagaimana setting waktu, tempat, dan suasana dari cerita anak yang
kalian simak?
3. Bagaimana perwatakan tokoh utama cerita anak tersebut?
4. Bagaimana tanggapanmu terhadap sifat dari tiap-tiap tokoh dalam cerita
anak tersebut!
5. Jelaskan pesan cerita anak tersebut!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Ungkapkan tanggapanmu tentang isi rubrik pendidikan berikut!
Buat orang tua yang masih memiliki anak balita, membaca buku cerita atau
mendongeng bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan. Bahkan, ada pula ahli
pendidikan yang berpendapat bahwa mendongeng bisa meningkatkan kecerdasan anak.
2. Mendongeng dengan buku cerita
yang bergambar ternyata juga bisa merangsang daya imajinasi anak. Anak dapat
mengembangkan cerita berdasarkan gambar yang ia lihat. Sebagai contoh, saat ia
melihat gambar mobil pada satu sisi halaman. Walaupun ia belum bisa membaca, si
anak dengan sendirinya akan mengarang cerita yang berkaitan dengan mobil
tersebut. Hal ini akan memberikan efek positif bila orang tua bisa mengarahkan
secara benar. Biarkan, ia mengembangkan imajinasinya.
a. Ringkaslah penggalan wacana di
atas!
b. Ungkapkan tanggapanmu tentang
isi rubrik di atas!
3. a. Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut!
- bergandengan
- berjatuhan
- berpasangan
- berpandangan
- berpotongan
b. Temukan makna ber-an pada
kalimat yang kamu buat di atas!
4. Ari Suta memang pintar
matematika. Setiap ulangan ia mendapat nilai sepuluh. Lama-kelamaan Ari Suta
mengganggap matematika itu sangat mudah. Besok pagi Ari Suta ulangan
matematika. Namun, ia sudah tidak mau mempersiapkan ulangan. Ia yakin dapat
mengerjakan dengan mudah.
a. Bagaimana sikap Ari Suta dalam
kisah di atas?
b. Bagaimana kritik yang tepat
untuk sikap Ari Suta?
5. Buatlah cerita singkat tentang
pengalamanmu yang paling lucu saat belajar di sekolah. Tulis sebanyak dua
sampai tiga paragraf. Ceritakanlah secara lengkap dengan setting tempat, waktu,
dan suasana!
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ……………………… (UH 4)
1. Isi daftar riwayat
hidup di bawah ini!
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : ...................................................................................
Tempat,
tanggal lahir :
...................................................................................
Umur :
...................................................................................
Warga
negara :
...................................................................................
Agama
:
...................................................................................
Alamat :
...................................................................................
Nama
orangtua
a. ayah :
...................................................................................
b. ibu :
...................................................................................
Pendidikan
:
...................................................................................
Hobi :
...................................................................................
Prestasi
yang pernah diraih, di antaranya:
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
Demikian
daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
..............,.........................
....................................
|
2.
Isilah
wesel pos berdasarkan data-data yang tersedia. Kamu boleh memfotokopi wesel pos
terlebih dahulu.
Liliani bermaksud mengirimkan uang kepada adiknya,
Ismadi, melalui wesel pos. Liliani beralamat di Jalan Malioboro No. 16,
Yogyakarta 55664. Jumlah uang yang akan dikirimkan Liliani kepada Ismadi
sebesar Rp250.000,00. Pesan yang disampaikan Liliani adalah uang tersebut
digunakan untuk biaya sekolah. Ismadi tinggal di rumah pamannya yang beralamat
di Jalan Sijuk Air Merbau No. 20 RT 21 RW 08 Tanjung Pandan, Belitung 33414.
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH 5)
Asal Usul Sepatu
Pernahkah
terpikirkan oleh kamu, kapan pertama kali sepatu dibuat? Sampai saat ini,
sepatu menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Pergi ke
sekolah pun harus mengena kan sepatu.
Jika kita menelusuri sejarah nya, ter nyata sepatu sudah diguna kan
sejak zaman dahulu kala. Orang-orang Mesir sudah membuat alas kaki sejak
sekitar tahun 3.700 SM. Alas kaki dibuat dengan tujuan untuk melindungi kaki dari ber
bagai gang guan, seperti cuaca panas dan dingin, ben da-benda tajam, dan
kotoran-kotoran.
Sepatu zaman dahulu telah dibuat
dalam bentuk yang sangat se derhana. Bahkan, sepatu hanya terbuat dari
bahan- bahan alami yang mudah ditemukan di sekitarnya. Contohnya, kulit
binatang dan tumbuh-tumbuhan.
Sekitar tahun
1500-an, sepatu sudah mulai berkembang dengan ber bagai model. Dengan
semakin ber kembangnya zaman, sepatu kini tak hanya berfungsi sebagai
pelindung kaki. Akan tetapi, sepatu juga di gunakan sebagai pelengkap dan
pemanis dalam berpakaian. Namun, sampai sekarang tidak ada orang yang tahu
siapa sebenarnya yang pertama kali membuat sepatu.
Sumber: Bobo, 23 Desember 2004
|
Ayo, jawablah pertanyaan berikut di buku tulismu.
1. Siapakah yang pertama kali membuat alas kaki?
2. Apa bahan-bahan yang dipakai untuk memakai sepatu
pada zaman dahulu?
3. Apa kegunaan sepatu pada zaman sekarang?
4. Buatlah sebuah ringkasan dari
bacaan yang berjudul “Asal Usul Sepatu”.
5. Permen!
permen! roti-roti! kue! rokok-rokok! Suara Rudi lantang terdengar menyela di
antara suara deru mesin mobil yang tak pernah berhenti. Asap knalpot sudah
akrab dengannya. Badannya yang kecil menjadikannya lincah bergerak. Kulitnya
hitam oleh sengatan matahari di jalan raya.
Tentukan latar waktu dan tempat dalam cerita di atas!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH 6)
1. Coba,
parafrasekan puisi di bawah ini kemudian ubahlah dalam bentuk prosa!
Tak tahukah siripmu patah
Kian ke mari berenang
Seolah tiada lelah
Bersama sejuta temanmu
Kau penuhi lautku
Ikan . . . .
Kau adalah padi bagi nelayan
Yang tumbuh di sela-sela karang laut
Mengisi khasanah harta dunia
2. Catatlah
pokok-pokok informasi wacana berikut!
Hutan Indonesia dari bulan ke
bulan semakin berkurang. Penebangan hutan tanpa diikuti menanaman kembali telah
menciptakan lahan-lahan gundul yang setiap musim hujan dapat menimbulkan
petaka. Sampai kapan masyarakat menyadari fungsi hutan bagi manusia?
3. Tulislah
contoh laporan kunjungan ke suatu tempat secara jelas, singkat, dan sederhana!
4. Buatlah
kalimat dengan menggunakan kata keterangan berikut!
a. ketika
b. sebelum
c. sejak
d. sehingga
5. Carilah
persamaan dan perbedaan isi kedua teks berikut!
Teks 1
Hutan Indonesia sangat luas.
Hutan yang luas ini ternyata juga mempunyai fungsi yang begitu banyak. Hutan berfungsi sebagai paruparu
dunia. Selain itu, hutan adalah penyimpan air utama di dataran tinggi. Tanpa
hutan, di musim kemarau dataran tinggi akan kekeringan. Fungsi pokok dari hutan
adalah sumber kayu industri. Asal setiap penebangan diikuti reboisasi, hutan
akan tetap lestari.
Teks 2
Hutan memang multifungsi. Namun,
jika masyarakat telah menghiraukan fungsi hutan, bencanalah yang akan diterima.
Hutan yang gundul menyebabkan meningkatnya daerah kekeringan di dataran-dataran
tinggi. Di musim hujan, banjir tidak terelakan lagi.
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri
Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH 1)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. 28 × (-16) – (-1.120) : 32 + 128 = . . . .
2. 912 : (-24) × 26 + (-216) – 351 = . . . .
3. 138 + (-38) × 45 : (-15) – 258 = . . . .
4. 525 – (-1.768) : 34 × 17 + (-179) = . . . .
5. (-48) × 38 + 624 : (-13) – (-734) = . . . .
6. 18 × ((-196) – (-924)) : 28 + 128 = . . . .
7. 832 : (-32) × (228 + (-188)) – 351 = . . . .
8. (324 + (-352)) × 45 : ((-158) – (-186)) = . . . .
9. ((-1.557) – (-2.357)) : 25 × (255 + (-230)) = . . .
.
10. (-24) × ((-138) + 176) :
((-582) – (-658)) = . . . .
11. tentukan
FPB bilangan-bilangan berikut dengan faktorisasi prima!
a. 16 dan 20.
b. 42 dan 56.
12. tentukan KPK bilangan-bilangan berikut dengan
faktorisasi prima!
a. 28, 36, dan 60.
b. 30, 180, dan 450.
c. 45, 225, dan 375
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH 2)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. 133 = . . . × . . . × . . . = . . . .
2. 473 = . . . × . . . × . . . = . . . .
3. 543 = . . . × . . . × . . . =
. . . .
4.
= ….
5.
= ….
6.
= ….
7. 563 – 303 = . . . .
8. 303 : 63 = . . . .
9.
+
= ….
10.
:
= ….
Mengetahui
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : …………………………. (UH 3)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1.
Sebuah slang dapat mengisi kolam bervolume 7.200 cm3 dalam waktu 0,5
jam. Debit air slang tersebut adalah . .
.
2. 360.000 L/jam = . . . m3/detik
3. Waktu yang diperlukan sebuah
keran dengan debit 4.200 cm3/detik untuk mengisi sebuah drum bervolume 504.000 cm3 adalah . .
. menit.
4. Debit air sungai Citarum 3
dm3/detik. 3 dm3/detik = . . . L/jam.
5.
Dua buah pipa mengalirkan air ke suatu bak mandi. Debit air pipa pertama
dua kali debit air pipa kedua. Jika debit air pipa pertama 120.000 L/detik maka
debit air pipa kedua adalah . . . m3/detik.
6. Debit air yang mengalir di sungai Ciliwung
adalah 24 m3/detik. Berapa liter per detik debit air sungai Ciliwung?
7.
Dua buah pipa digunakan untuk mengalirkan air ke kolam renang. Pipa
pertama mengalirkan air dengan debit 300 m3/detik. Pipa kedua mempunyai debit
tiga kali debit pipa pertama. Berapa liter per detik debit air pada pipa kedua?
8. Fajar mengisi bak mandi
menggunakan keran yang debit airnya 5 L/menit. Jika Fajar mengisi bak selama 5
menit, berapa literkah air yang mengalir dalam bak?
9. Warga Jakarta tertimpa banjir
selama 2 minggu. Pada minggu pertama debit air yang mengalir mencapai 1.000
m3/detik. Pada minggu kedua, airnya mulai menyusut karena debit airnya 0,5 kali
debit air pada minggu pertama. Berapa liter/detik debit air pada minggu kedua?
10. Bu Rahma menyiram tanaman di
halaman depan dengan menggunakan slang yang debit airnya 275.000 L/menit. Bi
Ijah juga menyiram tanaman di halaman belakang dengan selang yang debitnya 250
m3/menit. Berapa perbandingan debit air pada selang Bu Rahma dan Bi Ijah?
Mengetahui
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri
Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan ………………………….. (UH 4)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1.
2.
3.
4.
5.
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH 5)
1.
Tentukan volume bangun di bawah
ini!
a.
c.
b.
d.
2. Pak Yani membuat sebuah akuarium
berbentuk prisma segitiga. Panjang alas akuarium tersebut 45 cm, tinggi alasnya
30 cm, dan tinggi prisma tersebut 50 cm. Berapa volume akuarium tersebut?
3. Volume sebuah limas segi empat
yang tingginya 12 cm adalah 2.304 cm3. Luas alas prisma tersebut adalah . . . .
4.
Dino mempunyai sebuah bola mainan yang volumenya 34.496 cm3. Berapa cm
jari-jari bola tersebut?
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan ………………………….. (UH 6)
1.
Berdasarkan Diagram lingkaran di samping!
a.
Data apa yang disajikan oleh diagram di samping?
b. Kegiatan apa yang paling disukai
siswa kelas VI A dan VI B?
c. Berapa siswa yang menyukai
kegiatan melukis?
2. Perhatikan diagram batang berikut!
a. Berapa jumlah siswa kelas VI pada
tahun 2002?
b. Pada tahun berapakah jumlah siswa
kelas VI yang paling banyak?
c. Pada tahun berapakah jumlah siswa
kelas VI yang paling sedikit?
3. Perhatikan diagram batang
berikut!
a. Berapa siswa yang
hobi bulu tangkis?
b. Hobi apa yang paling
tidak diminati siswa SDN Kalisari 03?
c. Hobi apa yang paling
di minati siswa SDN Kalisari 03?
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………….. (UH 7)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1.
Perhatikan diagram berikut!
Berdasarkan diagram di atas, pada
tahun berapa SD Kalisari 06 Petang
memiliki murid paling banyak?
2. Berdasarkan diagram nomor 1, berapa
selisih jumlah siswa lakilaki dan perempuan terbanyak dan tersedikit SD Kalisari
06 Petang ?
3. Berdasarkan diagram nomor 1, jumlah
siswa perempuan paling banyak pada tahun berapa?
4. Berdasarkan diagram nomor 1, apakah
jumlah siswa SD Kalisari 06 Petang tahun
2008 lebih banyak dibanding tahun 2007? Mengapa demikian?
5. Badu akan membuat sebuah tabel
nilai ulangan matematikanya. Nilai ulangan atematika Badu selama 1 semester adalah
sebagai berikut.
65 70 65
75 80
75 65 70
80 90
55 60 70
75 80
65 75 80
85 90
Coba bantu Badu membuat tabel frekuensi
nilai ulangannya!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 1)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Agar tidak menabrak benda saat mereka terbang di kegelapan, kelelawar
mengeluarkan suara yang . . . .
2. Cicak mengelabui musuhnya dengan cara . . . .
3. Untuk memudahkan mencari dan memakan cacing dalam lumpur, bebek
memiliki paruh berbentuk . . . .
4. Ular kobra membunuh musuhnya dengan cara menggigit karena ular kobra
memiliki . . . .
5. Kemampuan katak untuk mengubah warna kulit menyerupai warna
sekelilingnya disebut dengan . . . .
6. Jika kehabisan lemak, punuk unta akan . . . .
7. Burung hantu dapat terbang tanpa suara karena memiliki . . . .
8. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara. Hal tersebut
menyebabkan teratai dapat . . . .
9. Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga yang disebut juga . .
. .
10. Tumbuhan pada gambar di samping memiliki batang yang berfungsi untuk
. . . .
Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Jelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki cicak!
2. Apakah fungsi dari:
a. Lapisan lilin pada kantong
semar.
b. Akar lurus dan panjang pada
kaktus.
3. Jelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan teratai!
4. Jelaskan fungsi dari bagian tubuh hewan berikut ini.
a. Lidah yang panjang dan lengket
pada bunglon.
b. Kepala yang lentur pada burung
hantu.
5. Jelaskan bagaimana cara ular
berbisa memakan mangsanya!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 2)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Manusia memiliki kesiapan dan kematangan ketika
masa . . . .
2. Sel kelamin jantan yang dihasilkan oleh testis
disebut sel . . . .
3. Alat tubuh wanita yang memproduksi sel telur adalah
. . . .
4. Sel telur akan mati jika tidak terjadi . . . .
5. Makanan utama yang diberikan pada bayi yang baru
lahir adalah . . . .
6. Perkembangbiakan tumbuhan melalui cara kawin
disebut . . . .
7. Alat kelamin betina pada bunga disebut . . . .
8. Bagian biji yang berfungsi sebagai tempat menyimpan
makanan dan melindungi lembaga adalah . . . .
9. Peristiwa terjadinya peleburan antara sel sperma
dan sel telur disebut . . . .
10. Perkembangbiakan tumbuhan yang terjadi karena
bantuan manusia disebut . . . .
11. Bawang merah berkembang biak secara vegetatif
alami, yaitu dengan . . . .
12. Batang yang menjalar di permukaan atau di bawah
tanah disebut . . . .
13. Perkembangbiakan dengan cara bertelur-melahirkan
disebut dengan . . . .
14. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur terjadi
karena pembuahan di . . . .
15. Embrio memperoleh makanan dan oksigen dari
induknya karena terdapat penghubung yang disebut . . . .
Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan ciri-ciri perubahan pada laki-laki di masa
pubertas!
2. Sebutkan empat macam beserta contohnya,
perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan dan alami. Tuliskan pula
contohnya.
3. Dimanakah terjadinya perkembangbiakan secara
generatif pada tumbuhan?
4. Tuliskan empat cara untuk menjaga kebersihan organ
reproduksi!
5. Jelaskan cara perkembangbiakan dengan mencangkok!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 3)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Hewan pemakan hewan lainnya disebut . . . .
2. Bagian tubuh hewan berikut yang dimanfaatkan
manusia adalah . . . .
3. Jenis pestisida yang digunakan untuk memberantas
serangga hama disebut . . . .
4. Pupuk alami yang dibuat dari dedaunan yang membusuk
disebut . . . .
5. Bagian tubuh ular yang digunakan untuk membuat
sepatu dan tas adalah . . . .
6. Bagian tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai
bahan bangunan adalah . . .
7. Wilayah yang melindungi tumbuhan dan hewan yang
hidup di dalamnya disebut . .
8. Ciri khas dari kayu cendana adalah . . . .
9. Sungai yang airnya berwarna kehitaman dan baunya
tidak sedap merupakan sungai yang . .
10. Bagian dari tumbuhan damar dan karet yang sering
dimanfaatkan oleh manusia adalah . . .
.Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan
jelas.
1. Tuliskan berbagai kegiatan manusia yang dapat
merusak keseimbangan lingkungan!
2. Tuliskan bagian tumbuhan beserta manfaatnya yang
sering digunakan manusia!
3. Tuliskan bagian tubuh hewan beserta manfaatnya yang
sering dimanfaatkan manusia!
4. Tuliskan cara mencegah kepunahan pada hewan dan
manusia!
5. Jelaskan akibat yang terjadi
dari penggunaan pestisida yang berlebihan!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 4)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Gading adalah bagian dari hewan . . . .
2. Wilayah yang melindungi tumbuhan dan hewan yang
hidup di dalamnya disebut . . . .
3. Bagian tubuh harimau yang dimanfaatkan manusia
adalah . . . .
4. Burung cendrawasih hidup di daerah . . . .
5. Untuk menambah jenis hewan dan tumbuhan, manusia
melakukan . . . .
6. Hewan dan tumbuhan yang keberadaannya hampir punah
disebut . . . .
7. Manusia yang memburu hewan langka akan mendapatkan
. . . .
8. Orang utan hidup di daerah hutan . . . dan . . . .
9. Burung yang memiliki julukan burung surga adalah .
. . .
10. Bukti bahwa dinosaurus pernah
hidup jutaan tahun lalu adalah dari . . . .
Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan enam macam hewan langka yang kamu ketahui!
2. Apakah nama hewan yang hidup di:
a. Ujung Kulon c.
dataran cina
b. Papua d.
Pulau Komodo
3. Tuliskan empat macam tumbuhan yang termasuk
tumbuhan langka!
4. Jelaskan cara yang dapat dilakukan untuk
melestarikan hewan dan tumbuhan!
5. Tuliskan contoh hewan langka yang dimanfaatkan
bagian tubuhnya berikut:
a. gading, c.
bulu
b. cula, d.
kulit
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan ………………………. (UH 5)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Benda-benda yang dapat atau mudah menghantarkan
panas dengan baik disebut . . . .
2. Kayu, gabus, dan plastik berdasarkan sifat
penghantarnya tergolong benda . . . .
3. Bagian bawah setrika terbuat dari logam karena . .
. .
4. Benda-benda yang tidak dapat atau sukar
menghantarkan panas disebut . . . .
5. Bahan dari logam tergolong benda yang bersifat . .
. .
6. Perambatan panas adalah . . . .
7. Tanah termasuk bahan yang bersifat . . . .
8. Pegangan payung terbuat dari plastik dan kayu
karena bahan tersebut bersifat . . . .
9. Kain yang digunakan untuk mengangkat panci dari
atas kompor tergolong benda. . . .
10. Benda yang biasanya digunakan untuk wadah air
panas guna mempertahankan suhu air adalah . . . .
Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Apakah yang dimaksud dengan:
a. Konduktor
b. Isolator
2. Sebutkan lima macam benda yang termasuk konduktor!
3. Sebutkan empat macam bahan yang termasuk isolator!
4. Mengapa gabus digunakan sebagai sumbat pada termos?
5. Mengapa panci atau wajan
terbuat dari logam?
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 6)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling
tepat!
1. Bahan-bahan dari plastik tidak dapat membusuk. Oleh
karena itu, sampah plastic sebaiknya di . . . .
2. Jenis logam yang digunakan untuk membuat kabel
listrik adalah . . . .
3. Hewan yang biasanya menyebabkan pelapukan pada kayu
adalah . . . .
4. Batuan yang terkena suhu rendah (dingin) akan . . .
.
5. Jenis logam yang biasanya digunakan untuk membuat
kaleng susu adalah . . . .
6. Jenis logam yang keras, kuat, berat, dan mudah berkarat
adalah . . . .
7. Jamur dan bakteri pembusuk suka berkembang biak di
tempat yang . . . .
8. Buah pisang yang sudah matang jika dibiarkan
beberapa hari di tempat terbuka akan . . .
9. Bagian pohon karet yang digunakan untuk membuat
karet adalah . . . .
10. Bahan yang paling cocok untuk membuat kemasan
makanan adalah . . . .
Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan bahan-bahan yang biasanya mengalami:
a. pelapukan,
b. perkaratan, dan
c. pembusukan.
2. Jelaskan mengenai sifat-sifat dari bahan plastik!
3. Tuliskan lima macam benda yang terbuat dari karet!
4. Tuliskan cara yang dapat dilakukan untuk mencegah
pembusukan!
5. Jelaskan sifat-sifat dari
bahan aluminium beserta contohnya!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 1)
Isilah Titik-titik
dibawah ini!
1. Pada awal proklamasi kemerdekaan Indonesia terdiri
atas . . . provinsi.
2. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan
status keistimewaannya ada tahun . . .
3. Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau adalah . . . .
4. Indonesia terletak di antara dua landas kontinen
yaitu Benua . . . .
5. Selat Makassar menghubungkan dua pulau besar di
Indonesia yaitu…
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Sebutkan provinsi-provinsi yang terbentuk pada awal
kemerdekaan!
2. Provinsi manakah yang terdapat di Pulau Sulawesi?
3. Gambarkan pembagian wilayah laut menurut Konvensi
Hukum Laut PBB!
4. Apakah yang dimaksud dengan ZEE?
5. Sebutkan upaya-upaya untuk
menjaga kelestarian laut!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 2)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling
tepat!
1.
Apakah
yang dimaksud dengan ZEE?
2.
Sebutkan
upaya-upaya untuk menjaga kelestarian laut!
3.
Provinsi
Banten merupakan pemekaran dari provinsi ……..
4.
Pangkal
Pinang adalah ibukota provinsi………………
5.
Provinsi
yang berbatasan dengan Negara Malaysia adalah ……………
6.
Wilayah
territorial Indonesia sejauh ……………….. dari garis pantai terluar.
7.
Berdasarkan
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957 Daerah Tingkat II, yaitu….
8.
Yang
berwenang menetapkan APBD adalah…
9.
Provinsi
Sumatra Barat pada awalnya bernama …………
10.
Sebelah
utara provinsi Nusa Tenggara Barat berbatasan dengan …………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 3)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Sebutkan negara tetangga yang berbatasan langsung
dengan wilayah Indonesia!
2. Sebutkan kenampakan alam yang terdapat di Filipina!
3. Kenampakan alam suatu negara mempengaruhi keadaan
sosialnya. Jelaskan!
4. Bagaimana menyikapi keragaman sosial di suatu
wilayah?
5. Mengapa budaya setiap negara berbeda-beda?
Jelaskan!
Kerjakan tugas berikut!
Pada pembahasan di depan kamu
telah mempelajari kenampakan alam negaranegara di Asia Tenggara. Seperti
dijelaskan di depan, kenampakan alam tiaptiap negara berbeda-beda. Untuk
memperdalam pemahamanmu tentang negaranegara di Asia Tenggara, kerjakan tugas
berikut. 1. Buatlah gambar peta salah satu negara di Asia Tenggara!
2. Tentukanlah batas-batas negara
tersebut!
3. Deskripsikan profil negara
yang kamu gambar tersebut!
Tugas ini dikerjakan secara
berkelompok. Untuk mendukung tugas ini, gunakanlah buku atau internet sebagai
sumber referensi. Selanjutnya, presentasikan hasilnya di depan kelas!
Mengetahui
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Nama : …………………
No. Absen : …………………
|
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/ Semester : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan : ………………………. (UH 4)
Isi titik-titik di
bawah ini!
1. Lapisan es menutupi sebagian besar wilayah Benua . . . .
2. Penduduk Cina berasal dari ras . . . .
3. Sungai besar di bagian utara Amerika Selatan adalah Sungai . . . .
4. Wilayah di bagian utara Benua Afrika sebagian besar berupa . . . .
5. Negara yang mendapat julukan negeri kincir angin adalah . . . .
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang
paling tepat!
1. Sebutkan benua-benua di bumi! Benua mana yang
paling besar?
2. Apa yang dimaksud Benua Eurasia? Sebutkan batas
Benua Eurasia di sebelah barat dan timur!
3. Apa yang memisahkan Benua Afrika dengan Benua Asia?
4. Sebutkan semenanjung besar dan semenanjung kecil di
Benua Eropa!
5. Di benua manakah negara
Brasil? Sebutkan batas-batasnya!
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.C
Moh. Nurhadi, S. Pd Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009 NIP.19870917 201504 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar