Guru Pengerak

Senin, 01 Agustus 2022

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

 

PENDIDIKAN GURU PENGERAK

ANGKATAN 5

 

 

Tri Purwanto

Unit Kerja SDN Kalisari 03

Kelas 5.31. Sri Wasono Widodo

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

 

PROVINSI DKI JAKARTA

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

TAHUN 2022


Jurnal Refleksi 2 mingguan Modul 1.2 Nilai dan peran guru pengerak

Tipe Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)

Topi Putih

Informasi (fakta)

Bagaimana manusia bergerak

1.   Cara kerja otak

Ø Berpikir lambat yang bekerja otak luhur berpikir kratif dan strategis (termasuk kekuatan dan masalah) butuh banyak latihan dan usaha dalam berpikir lambat.

Ø Berpikir cepat yang bekerja otak reftil(bertahan hidup) dan otak mamalia(emosi) untuk konservasi energi(bekrja secara cepat/ otomatis/ alamiah)

2.   5 Kebutuhan manusia

Ø Bertahan hidup

Ø Kasih sayang

Ø Kekuatan

Ø Kebebasan

Ø Kesenangan

3.    Tahap tumbuh kembang anak

Ø Wirama (0-8 Tahun)

Ø Wirama-wiraga (8-16 tahun)

Ø Wiraga (17- 24 tahun)

Ø Perkembangan psikososial

Bagaimana manusia bergerak

1.   Teori pilihan

2.   Motivasi intrinsik

3.   Mewujudkan profil pelajar pancasila

4.   Nilai guru pengerak yaitu

Bagaimana menggerak manusia

1.   Berpikir strategis dan menguatkan lingkaran pengaruh

2.   Diagram identitas guungung es

 

3.   Peran guru pengerak

Topi Merah

Perasaan

Saya selama pembelajaran modul 1.2 nilai dan peran guru pengerak saya merasa sangat sedang masih sehat dan bisa belajar tentang menjadi guru pengerak. Saya juga merasa bersyukur dapat melaksanakan semua tugas dengan tepat waktu. Saya merasa harus lebih semngat dalam menerapkan ilmu yang saya dapat di sekolah.

Saat momen itu terjadi saya merasa optimis mampu menerapkan nilai-nilai dan peran guru pengerak. saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengerakan siswa, mengerakan teman-teman guru di sekolah. saya berusaha menciptakan momen atai situasi yang dapat menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar.

Topi Kuning

Enam Topi Berpikir, Topi, Kuning gambar png

Hal-hal positif

Hal-hal positif yang saya amali paling berkesan di modul 1.2 terdapat dalam Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2, ruang kolaborasi, persentasi kolaborasi di LMS dengan teman-teman kelompok B kelas 5.31 dengan Fasilitator bapak Sri Waseso Widodo yang dalam menyampaikan materi sangat jelas dan saling menghargai antara CGP ddengan fasil. Hal positif juga saya alami saat ekslporasi pemahan modul 1.2 dengan ibu Sri Subekti.

Topi Hitam

Topi Hitam Bahasa Inggris - Gambar vektor gratis di Pixabay

Kendala, hambatan, resiko

Kendala yang saya hadapi adalah kesibukan di sekolah dengan berbagai tugas pokok guru di sekolah dengan mengerjakan tugas di LMS. Saya menegrjakan tugas LMS biasanya di sore hari atau dimalam hari. Kendala sinyal saat meet di elaborasi konsep karena jaringan astinet leg (lambat) sehingga saya terlempar terus saat google meet.

Topi Hijau

Ide-ide yang timbul

Ide saya yang timbul selama menjalani modul 1.2 dan

Rencana saya dalam penerapan nilai dan peran guru penggerak

1. Saya akan berusaha menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, berusaha menciptakan pembelajaran yang aktif dengan menggunakan metode/ model pembelajaran yang mengedepankan proses pembelajaran yang menyenangkan.

2. Mendorong kolaborasi dengan orang tua siswa dalam berkomunikasi mengenai perkembangan siswa , berkolaborasi dalam penemuhan penunjang kegiatan pembelajaran yang aktif dan menarik.mendorong kolaborasi antar guru dan masyarakat sekitar dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, pembelajaran berbasis lingkungan.

 

3. Saya akan melakukan coaching dengan teman sejawat mengenai cara menciptakan pembelajaran yang berpihak pada siswa.

 

4.  Saya akan mengembangkan kegiatan eksul pramuka agar dapat menciptakan pemimpin-pemimpin cilik untuk diri sendiri, atau menyiapkan siswa menjadi  student agency atau mewujudkan kepemimpinan bagi murid.

5. saya akan berusaha mengerakan kmunitas paraktik di binaan 1 Pasar Rebo jakarta Timur dengan peran saya menjadi koordinator kelas 6. saya akan memfasilitasi kawan-kawan dalam berkolaborasi dalam pembuatan soal Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester atau Penilaian Akhir tahun.

 

Topi Biru

Jual Elfs Shop Baseball Bill Up Cap Topi Pria - Biru Tua - Biru Tua Semua  Ukuran di Seller Elfs Shop - Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta | Blibli

Kesimpulan

Menurut saya hal yang penting dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah saya memahami pemikiran KHD bahwa pendidikan yang menuntun dan bertujuan memberikan keselamatan dan kebahagiaan siswa. Guru memfasilitasi siswa untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Di mana seorang guru hendaknya mendekati siswa  dan memberikan fasilitas pembelajaran yang terbaik kepada peserta didik.

 

Hal lain yang mencerahkan saya adalah saya harus memiliki nilai-nilai yang menjadi pedoman berperilaku serta mendukung calon guru penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar, meliputi nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif serta berphak pada murid. Serta saya diharapkan mampu melaksanakan peran guru penggerak yaitu

a. Menjadi Pemimpin Pembelajaran

b. Menggerakkan komunitas Praktisi

c. Menjadi coach bagi guru lain

d. Mendorong kolaborasi antar guru

e. Mewujudkan kepemipinan muri

 

Keterkaitan antara pemikiran KHD mengenai menghambakan kepada murid dan menciptakan pembelajaran yang menuntun agar anak selamat dan bahagia serta pendidikan yang memanusikan manusia. Nilai-nilai dan peran guru penggerak merupakan bagian penting dalam mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Karena nilai dan peran guru penggerak menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam melakukan perubahan ekosistem pendidikan.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar