Guru Pengerak

Kamis, 26 September 2019

Tugas Memprediksi Kejadian Berkaitan dengan isi teks, perkembangbiakan hewan dan tumbuhan dan matematika


Tugas 1
Bahasa Indonesia
Memprediksi Kejadian Berkaitan dengan isi teks.
Memprediksi adalah memperkirakan kejadian yang berkaitan dalam teks dengan memahami isi teks. Peristiwa atau kejadian dapat memiliki hubungan sebab akibat. Artinya peristiwa satu dapat menjadi sebab bagi peristiwa yang lain. Sebaliknya, peristiwa satu merupakan akibat dari peristiwa yang lain. 

Prediksikan peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi cerita tersebut adalah ....
  1. Tanah di lereng perbukitan itu sudah kritis. Beberapa bagian tampak retak-retak. Di samping itu di sana sudah tidak ada tumbuhan. Padahal hujan terus mengguyur bukit itu. Wajar kalau penduduk mulai was-was. 
  2. Setiap hari Akbar terlambat datang ke sekolah. Ia tidak suka memakai seragam dengan rapi. Berulang-ulang Akbar mendapat peringatan. Akbar pun sering mendapat bimbingan dari guru konseling. Akan tetapi, Akbar belum bisa mengubah kebiasaan buruknya.
  3. Ezar murid kelas VI SD Mutiara. Ia tergolong anak rajin. Sepulang sekolah, ia membantu ibu membersihkan rumah. Sekalipun banyak pekerjaan di rumah, ia tidak pemah lupa menyelesaikan tugas sekolah. Prestasi Ezar di sekolah juga tetap memuaskan.
  4. Saat ini marak terjadi penebangan pohon secara liar. Hal ini dilakukan oleh cukong-cukong yang tak bertanggung jawab dengan seenaknya saja membabat hutan tanpa menanaminya kembali. Tak hanya maraknya penebangan pohon, tanah-tanah telah kehilangan fungsinya sebagai sumber resapan air dikarenakan pembangunan yang terjadi secara luas dan massif tanpa mengindahkan lingkungan.
  5. Ayah selalu bangun pagi untuk berolahraga. Kata Ayah, udara pagi masih segar untuk dihirup. Ayah juga sering mengajakku lari pagi. Ayah juga sering mengajak Ibu untuk lari pagi. Biasanya kita lari pagi mengelilingi kompleks perumahan di sekitar tempat tinggalku. Waktu setengah jam sudah cukup bagi kita untuk lari pagi sebelum memulai aktivitas lainnya.





Tugas 2
IPA
Buat Mind mapping tentang perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.


peta konsep perkembangbiakan hewan


Peta konsep perkembangbiakan tumbuhan




Tugas 3
Matematika

  1. Sebelum dinyalakan suhu dalam freezer 220 C. Ketika dinyalakan, setiap 5 menit suhu turun 4 0 C. Setelah menyala 40 menit, suhu dalam freezer menjadi  . . .
  2. Volume sebuah kubus 729 cm3. Panjang sisi kubus adalah … .
  3. Jarak kota A  ke kota B pada peta 4 cm. Jarak sebenarnya kota A  ke kota B  60 km. Skala peta adalah … .
  4. Uang Maiza : uang Naifa = 4 : 7. Selisih uang mereka Rp 15.000,00.  maka uang Naifa  ....
  5. Satria pergi ke kota mengendarai sepeda motor. Ia berangkat dari rumah pukul 07.45 dan sampai di kota pukul 08.05. Jika ia melaju dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, jarak dari rumah Sastria ke kota adalah .... km





Tidak ada komentar:

Posting Komentar