Untuk pembelajaran "Faktor-faktor penyebab
terjadinya perubahan fisika pada suatu benda", agar siswa paham dengan
materi ini menurut saya cara terbaik yang digunakan adalah dengan pendekatan pembelajaran Discovery melalui penemuan terbimbing. Strategi yang
digunakan adalah dengan metode diskusi dengan melakukan percobaan.
Sebelum kita mempelajari Faktor-faktor
penyebabb terjadinya perubahan fisika pada suatu benda terlebih dahulu peserta
didik diberi pengetahuan konsep tentang perubahan fisika. Perubahan fisis/fisika merupakan perubahan pada suatu materi
yang tidak menyebabkan pembentukan materi baru; artinya unsur-unsur penyusunnya
akan tetap sama dengan zat semula dan dapat dikembalikan ke wujud semula
(reversible) walaupun tidak melalui reaksi kimia. contohnya adalah perubahan
bentuk, ukuran, dan wujud benda (zat).
Berikut langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan
Discovery:
Langkah 1.Merumuskan
Pertanyaan
|
ü Peserta didik diminta mengamati
faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan fisika pada buku siswa
ü Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan
terkait dengan yang diamati.
ü Alternatif pertanyaan:
Apa itu perubahan fisika?
Apa faktor-faktor
penyebab terjadinya perubahan fisika ?
|
Langkah 2.Merencanakan
|
ü Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah
pengumpulan dan menganalisis terkait faktor-faktor penyebab terjadinya
perubahan fisika
ü Guru membentuk peserta didik ke dalam beberapa
kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang secara tertib.
ü Guru membagikan LK pada setiap kelompok.
|
Langkah
3.Mengumpul-kan dan menganalisis data
|
ü Peserta didik menyelesaikan masalah pada LK
ü Peserta didik dalam
kelompok berdiskusi membahas masalah dalam LK tentang:
ü Menganalisa faktor-faktor penyebab terjadinya
perubahan fisika
ü Peserta didik secara mandiri menyelesaikan soal pada
buku siswa.
|
Langkah 4.Menarik
kesimpulan
|
ü Peserta didik menarik kesimpulan terkait dengan faktor-faktor
penyebab terjadinya perubahan fisika dan membaca diagramVenn
ü Salah satu perwakilan kelompok mempersentasikan
hasil kelompoknya dan kelompok lain menanggapi.
ü Guru memberikan umpan balik, meluruskan dan
memberikan penguatan dan penjelasan yang lebih luas.
ü Guru memberikan penghargaan dengan
member-kan tepuk tangan kepada kelompok yang sudah tampil mempresentasikan
hasil kerjanya
|
Langkah 5.Apliksi dan tindak lanjut
|
ü Menyelesaikan masalah sehari hari yang berkaitan
dengan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan fisika .
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar