Guru Pengerak

Kamis, 19 April 2018

KUMPULAN SOAL UALNGAN HARIAN KELAS 6





Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   :  ……………………. (UH1)

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1. Jepang mulai menjajah Indonesia pada tahun . . . .
2. Pada Perang Pasifik, pasukan yang mengalahkan Jepang adalah . . . .
3. BPUPKI merupakan singkatan dari . . . .
4. Lembaga yang menggantikan BPUPKI adalah . . . .
5. Tiga orang yang mengemukakan pendapatnya mengenai dasar Negara Indonesia pada sidang BPUPKI adalah . . ., . . ., dan . . . .
6. Lima dasar negara pertama kali tertuang dalam sebuah piagam. Nama piagam itu adalah . . .
7. Hasil perubahan sila pertama dasar negara berbunyi . . . .
8. Pancasila berarti . . . .
9. Tokoh yang mengusulkan perubahan sila pertama dasar negara yang tercantum dalam Piagam Jakarta adalah . . . .
10. Para perumus Pancasila memberi teladan bahwa perbedaan tidak boleh menjadi penghalang untuk melakukan . . . .
 Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1. Apa tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia?
2. Sebutkan sepuluh anggota BPUPKI yang kalian ketahui.
3. Sebutkan lima dasar negara yang diusulkan oleh Soekarno dalam siding BPUPKI.
4. Sebutkan satu per satu sila-sila dalam Pancasila secara urut dan lengkap.
5. Apa saja nilai-nilai terpuji yang dapat kita teladani dari para penyusun dasar negara Pancasila?

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001





Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   :   ………………………….. (UH2)

Isilah titik-titik berikut dengan benar.
1. Pada pemilu 2004 Amien Rais berpasangan dengan ….
2. Salah satu syarat calon gubernur adalah telah melaksanakan kewajiban pajak dibuktikan dengan nomor pokok ….
3. Pemilihan presiden dan wakil presiden tahap kedua dilaksanakan pada tanggal ….
4. Supaya pemilu berjalan lancar, bebas, jujur, dan adil maka dibentuklah ....
5. Pemerintahan yang berwenang melaksanakan otonomi, daerahnya disebut ….
6. Demokrasi yang kita laksanakan di Indonesia sesuai falsafah bangsa adalah ….
7. Yang membedakan antara DPD dan DPRD adalah ....
8. Untuk melaksanakan otonomi, pemerintah daerah berhak menetapkan ….
9. Pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, …. Setiap lima tahun sekali.
10. Syarat calon pemilih untuk menggunakan suaranya sekurang-kurangnya berusia ... tahun atau telah menikah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1. Jelaskan pengertian demokrasi!
2. Apakah yang dimaksud LUBER?
3. Pada pemilu presiden dan wakilnya tahun 2004 (tahap kedua) pasangan siapa saja yang mengikuti?
4. Sebutkan syarat-syarat calon anggota DPR empat saja!
5. UU nomor berapa yang mengatur tentang pemerintahan daerah?


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 




Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001





Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   :  ………………… (UH 3)

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1. Ketika akan memangku jabatannya, presiden dilantik oleh ….
2. Nilai-nilai demokrasi terdapat dalam Pancasila, sila ke ….
3. Dalam UU No. 22 Tahun 2003 jumlah anggota DPR adalah ….
4. Pada pemilu tahun 2004, pasangan presiden dipilih langsung oleh ….
5. Hak presiden untuk membatalkan tuntutan pidana sebelum diadili adalah ….
6. Untuk menjadi Hakim Agung, berusia sekurang-kurangnya ….
7. Pengadilan Tinggi terdapat di tingkat ….
8. Komisi Yudisial dibentuk oleh ….
9. Merencanakan dan menetapkan peserta pemilu dilakukan oleh ….
10. Sekretaris daerah membantu dan memperlancar tugas ….

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
1. Sebutkan tiga tugas dan wewenang MPR!
2. Jelaskan hubungan pemerintah pusat dan daerah!
3. Sebutkan tiga pejabat tinggi negara setingkat menteri!
4. Bagaimanakah susunan Mahkamah Agung?
5. Presiden berhak memberikan rehabilitasi. Jelaskan maksudnya!



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001




Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : B. Indonesia
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   :    ……………………… (UH 1)
Surat Terakhir
Hari ini Ipah menerima surat dari Rah. Rah adalah sahabatnya yang berada di Aceh. Ia adalah gadis yang sangat pandai, cerdas, dan baik hati.
Surat dibaca Ipah. Tiba-tiba wajah Ipah tampak sedih.
"Ma, Ipah kehilangan sahabat pena. Rah akan berhenti menulis surat," kata Ipah sambil mengatasi rasa gugupnya.
Mamanya diam, lalu duduk di samping Ipah. "Suatu saat pasti Rah menulis
surat lagi. Mungkin keluarganya sekarang sedang dalam kesulitan," jawab mamanya menghibur.
"Mungkin Mama benar. Keluarga Rah dalam kesulitan," pikir Ipah.
Kata-kata mamanya mengingatkan sesuatu. Cepat-cepat Ipah memungut surat kabar yang tadi dibacanya. Di halaman pertama terpampang foto pengungsi Aceh, wanita, dan anak-anak yang hidup di bawah tenda-tenda yang kering dan gersang.
Lama Ipah menatap foto itu. "Semoga Rah tidak berada di situ . . . . ," bisik Ipah pelan.
Tak terasa air mata bergulir dari sudut matanya.
Karya Hanifah AiniSumber: Bobo, 23 September 2004

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita anak di atas?
2. Pokok-pokok cerita apa saja yang ada dalam cerita yang kamu simak?
3. Di manakah setting cerita di atas?
4. Pesan apakah yang ingin disampaikan pengarang lewat cerita tersebut?
5. Bagaimana tanggapanmu terhadap sifat-sifat tokoh dalam cerita?

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Lampu merah di perempatan jalan menyala. Anak kecil bertopi kumal dan berkaleng kecil mendekati jendela sebuah mobil. Orang yang di dalam mobil, cepat-cepat menutup jendela. Si kecil tetap mengeluarkan tangan tetapi sia-sia belaka. Karena orang di dalam mobil itu tidak mau peduli tengadah tangan anak kecil itu.
a. Sebutkan perwatakan tiap-tiap tokoh dalam cerita!
b. Jelaskan amanat cerita di atas!
2. Tuliskan urut-urutan penulisan laporan perjalanan!
3. Buatlah contoh formulir untuk mengikuti Lomba Pildacil (Pilihan Dai Cilik) di kotamu!
4. Berikan contoh pujianmu terhadap keindahan bunga teratai di samping!
5. Buatlah kalimat dengan ungkapan berikut. Kemudian tentukan maksudnya!
a. buah pena
b. buah hati
c. buah simalakama
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001



















Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : B. Indonesia
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   :   …………………………… (UH 2)
 

Abang Becak
Abang becak bekerja
Membanting tulang
Demi menghidupi anak istri
Untuk memperoleh sedikit uang
Agar mendapat sesuap nasi
Abang becak bekerja
Tak kenal lelah
Menahan lapar dan dahaga
Panas terik pun tak masalah
Demi kemakmuran keluarga
I. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Siapa tokoh dalam puisi di atas?
2. Apa arti ungkapan "membanting tulang" pada bait pertama puisi di atas?
3. Mengapa Abang becak membanting tulang?
4. Apa maksud baris puisi “Abang bekerja tak kenal lelah?"
5. Bagaimana bentuk narasi puisi di atas?
Kerjakan sesuai perintah!
1. Apa yang kalian ketahui mengenai istilah internet? Buatlah kalimat dengan istilah tersebut!
2. Tulislah karangan sebanyak satu paragraf dengan ketentuan kalimat utama di awal paragraf!
3. Tentukan antonim dari kata berikut!
a. guru x . . . .                                             c. awal x . . . .
b. kemarau x . . . .                                       d. kurus x . . . .
4. Apa yang kalian ketahui mengenai parafrase puisi?
5. Coba parafrasekan puisi berikut ini!
Kampungku
Di lereng bukit terpencil tiada listrik tiada mobil
Tapi tak membuatku terkucil di kampungku
Pepohonan rindang tegak berdiri penyejuk udara di siang hari
Kampung kecilku di pegunungan
Kehidupan damai nan tenang
Jauh dari pencemaran dan kebisingan
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001


Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : B. Indonesia
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : …………………………. (UH 3)
Kaos Baru
Sore itu, sehabis mandi, Godang buru-buru mengenakan kaos barunya. Kaos berwarna kuning bertuliskan USA dengan gambar burung elang yang mengembangkan sayapnya. Bagus memang. Yang lebih membanggakan karena kaos itu pemberian pamannya yang pulang dari Amerika. Maka dengan penuh rasa bangga, Godang datang ke tempat Jimbrong, tempat teman-temannya sering berkumpul.
"Wah, tumben rapi amat. Memangnya mau ke mana?" sambut Bapong ketika Godang datang dengan  senyam-senyum. "Iya nih, sudah mandi lagi. Sepertinya mau ke pesta," timpal Cemot.
"Oooo saya tahu. Kaosnya baru. Makanya buru-buru mandi." Mendapat sergapan dari teman-temannya Godang hanya bisa tertawa kecil, tapi bangga. "Beli di mana kaosnya. Bagus lho. Berapa harganya?" tanya Bapong lagi. "Dikasih Paman yang baru pulang dari Amerika."
Cerita anak dalam Ina
1. Apa tema cerita anak yang kalian simak?
2. Bagaimana setting waktu, tempat, dan suasana dari cerita anak yang kalian simak?
3. Bagaimana perwatakan tokoh utama cerita anak tersebut?
4. Bagaimana tanggapanmu terhadap sifat dari tiap-tiap tokoh dalam cerita anak tersebut!
5. Jelaskan pesan cerita anak tersebut!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Ungkapkan tanggapanmu tentang isi rubrik pendidikan berikut!
Buat orang tua yang masih memiliki anak balita, membaca buku cerita atau mendongeng bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan. Bahkan, ada pula ahli pendidikan yang berpendapat bahwa mendongeng bisa meningkatkan kecerdasan anak.
2. Mendongeng dengan buku cerita yang bergambar ternyata juga bisa merangsang daya imajinasi anak. Anak dapat mengembangkan cerita berdasarkan gambar yang ia lihat. Sebagai contoh, saat ia melihat gambar mobil pada satu sisi halaman. Walaupun ia belum bisa membaca, si anak dengan sendirinya akan mengarang cerita yang berkaitan dengan mobil tersebut. Hal ini akan memberikan efek positif bila orang tua bisa mengarahkan secara benar. Biarkan, ia mengembangkan imajinasinya.
a. Ringkaslah penggalan wacana di atas!
b. Ungkapkan tanggapanmu tentang isi rubrik di atas!
3. a. Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut!
- bergandengan
- berjatuhan
- berpasangan
- berpandangan
- berpotongan
b. Temukan makna ber-an pada kalimat yang kamu buat di atas!
4. Ari Suta memang pintar matematika. Setiap ulangan ia mendapat nilai sepuluh. Lama-kelamaan Ari Suta mengganggap matematika itu sangat mudah. Besok pagi Ari Suta ulangan matematika. Namun, ia sudah tidak mau mempersiapkan ulangan. Ia yakin dapat mengerjakan dengan mudah.
a. Bagaimana sikap Ari Suta dalam kisah di atas?
b. Bagaimana kritik yang tepat untuk sikap Ari Suta?
5. Buatlah cerita singkat tentang pengalamanmu yang paling lucu saat belajar di sekolah. Tulis sebanyak dua sampai tiga paragraf. Ceritakanlah secara lengkap dengan setting tempat, waktu, dan suasana!


Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : B. Indonesia
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ……………………… (UH 4)
1.      Isi daftar riwayat hidup di bawah ini!

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama                          : ...................................................................................
Tempat, tanggal lahir : ...................................................................................
Umur                           : ...................................................................................
Warga negara             : ...................................................................................
Agama                        : ...................................................................................
Alamat                         : ...................................................................................
Nama orangtua
a. ayah               : ...................................................................................
b. ibu                  : ...................................................................................
Pendidikan                  : ...................................................................................
Hobi                             : ...................................................................................
Prestasi yang pernah diraih, di antaranya:
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
..............,.........................



....................................
 



















2.      Isilah wesel pos berdasarkan data-data yang tersedia. Kamu boleh memfotokopi wesel pos terlebih dahulu.
Liliani bermaksud mengirimkan uang kepada adiknya, Ismadi, melalui wesel pos. Liliani beralamat di Jalan Malioboro No. 16, Yogyakarta 55664. Jumlah uang yang akan dikirimkan Liliani kepada Ismadi sebesar Rp250.000,00. Pesan yang disampaikan Liliani adalah uang tersebut digunakan untuk biaya sekolah. Ismadi tinggal di rumah pamannya yang beralamat di Jalan Sijuk Air Merbau No. 20 RT 21 RW 08 Tanjung Pandan, Belitung 33414.




Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001












Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : B. Indonesia
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………….. (UH 5)


Asal Usul Sepatu
Pernahkah terpikirkan oleh kamu, kapan pertama kali sepatu dibuat? Sampai saat ini, sepatu menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Pergi ke sekolah pun harus mengena kan sepatu.
Jika kita menelusuri sejarah nya, ter nyata sepatu sudah diguna kan sejak zaman dahulu kala. Orang-orang Mesir sudah membuat alas kaki sejak sekitar tahun 3.700 SM. Alas kaki dibuat dengan  tujuan untuk melindungi kaki dari ber bagai gang guan, seperti cuaca panas dan dingin, ben da-benda tajam, dan kotoran-kotoran.
Sepatu zaman dahulu telah dibuat dalam bentuk yang sangat se derhana. Bahkan, sepatu hanya terbuat dari bahan- bahan alami yang mudah ditemukan di sekitarnya. Contohnya, kulit binatang dan tumbuh-tumbuhan.
            Sekitar tahun 1500-an, sepatu sudah mulai berkembang dengan ber bagai model. Dengan semakin ber kembangnya zaman, sepatu kini tak hanya berfungsi sebagai pelindung kaki. Akan tetapi, sepatu juga di gunakan sebagai pelengkap dan pemanis dalam berpakaian. Namun, sampai sekarang tidak ada orang yang tahu siapa sebenarnya yang pertama kali membuat sepatu.
Sumber: Bobo, 23 Desember 2004
 















Ayo, jawablah pertanyaan berikut di buku tulismu.
1. Siapakah yang pertama kali membuat alas kaki?
2. Apa bahan-bahan yang dipakai untuk memakai sepatu pada zaman dahulu?
3. Apa kegunaan sepatu pada zaman sekarang?
4. Buatlah sebuah ringkasan dari bacaan yang berjudul “Asal Usul Sepatu”.
5. Permen! permen! roti-roti! kue! rokok-rokok! Suara Rudi lantang terdengar menyela di antara suara deru mesin mobil yang tak pernah berhenti. Asap knalpot sudah akrab dengannya. Badannya yang kecil menjadikannya lincah bergerak. Kulitnya hitam oleh sengatan matahari di jalan raya.
Tentukan latar waktu dan tempat dalam cerita di atas!
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001

Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : B. Indonesia
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………….. (UH 6)
1. Coba, parafrasekan puisi di bawah ini kemudian ubahlah dalam bentuk prosa!
Ikan
Tak tahukah siripmu patah
Kian ke mari berenang
Seolah tiada lelah
Bersama sejuta temanmu
Kau penuhi lautku
Ikan . . . .
Kau adalah padi bagi nelayan
Yang tumbuh di sela-sela karang laut
Mengisi khasanah harta dunia
2. Catatlah pokok-pokok informasi wacana berikut!
Hutan Indonesia dari bulan ke bulan semakin berkurang. Penebangan hutan tanpa diikuti menanaman kembali telah menciptakan lahan-lahan gundul yang setiap musim hujan dapat menimbulkan petaka. Sampai kapan masyarakat menyadari fungsi hutan bagi manusia?
3. Tulislah contoh laporan kunjungan ke suatu tempat secara jelas, singkat, dan sederhana!
4. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata keterangan berikut!
a. ketika
b. sebelum
c. sejak
d. sehingga
5. Carilah persamaan dan perbedaan isi kedua teks berikut!
Teks 1
Hutan Indonesia sangat luas. Hutan yang luas ini ternyata juga mempunyai fungsi yang begitu  banyak. Hutan berfungsi sebagai paruparu dunia. Selain itu, hutan adalah penyimpan air utama di dataran tinggi. Tanpa hutan, di musim kemarau dataran tinggi akan kekeringan. Fungsi pokok dari hutan adalah sumber kayu industri. Asal setiap penebangan diikuti reboisasi, hutan akan tetap lestari.
Teks 2
Hutan memang multifungsi. Namun, jika masyarakat telah menghiraukan fungsi hutan, bencanalah yang akan diterima. Hutan yang gundul menyebabkan meningkatnya daerah kekeringan di dataran-dataran tinggi. Di musim hujan, banjir tidak terelakan lagi.


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001


Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………….. (UH 1)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. 28 × (-16) – (-1.120) : 32 + 128 = . . . .
2. 912 : (-24) × 26 + (-216) – 351 = . . . .
3. 138 + (-38) × 45 : (-15) – 258 = . . . .
4. 525 – (-1.768) : 34 × 17 + (-179) = . . . .
5. (-48) × 38 + 624 : (-13) – (-734) = . . . .
6. 18 × ((-196) – (-924)) : 28 + 128 = . . . .
7. 832 : (-32) × (228 + (-188)) – 351 = . . . .
8. (324 + (-352)) × 45 : ((-158) – (-186)) = . . . .
9. ((-1.557) – (-2.357)) : 25 × (255 + (-230)) = . . . .
10. (-24) × ((-138) + 176) : ((-582) – (-658)) = . . . .
11. tentukan  FPB bilangan-bilangan berikut dengan faktorisasi prima!
a. 16 dan 20.
b. 42 dan 56.
12. tentukan  KPK bilangan-bilangan berikut dengan faktorisasi prima!
a. 28, 36, dan 60.
b. 30, 180, dan 450.
c. 45, 225, dan 375





Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001



Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………….. (UH 2)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. 133 = . . . × . . . × . . . = . . . .
2. 473 = . . . × . . . × . . . = . . . .
3. 543 = . . . × . . . × . . . = . . . .
4.  = ….
5.  = ….
6.  = ….
7. 563 – 303 = . . . .
8. 303 : 63 = . . . .
9.  + = ….
10.  : = ….












Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001



Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : …………………………. (UH 3)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.      Sebuah slang dapat mengisi kolam bervolume 7.200 cm3 dalam waktu 0,5 jam. Debit  air slang tersebut adalah . . .
2.      360.000 L/jam = . . . m3/detik
3.      Waktu yang diperlukan sebuah keran dengan debit 4.200 cm3/detik untuk mengisi  sebuah drum bervolume 504.000 cm3 adalah . . . menit.
4.      Debit air sungai Citarum 3 dm3/detik. 3 dm3/detik = . . . L/jam.
5.      Dua buah pipa mengalirkan air ke suatu bak mandi. Debit air pipa pertama dua kali debit air pipa kedua. Jika debit air pipa pertama 120.000 L/detik maka debit air pipa kedua adalah . . . m3/detik.
6.       Debit air yang mengalir di sungai Ciliwung adalah 24 m3/detik. Berapa liter per detik debit air sungai Ciliwung?
7.      Dua buah pipa digunakan untuk mengalirkan air ke kolam renang. Pipa pertama mengalirkan air dengan debit 300 m3/detik. Pipa kedua mempunyai debit tiga kali debit pipa pertama. Berapa liter per detik debit air pada pipa kedua?
8.      Fajar mengisi bak mandi menggunakan keran yang debit airnya 5 L/menit. Jika Fajar mengisi bak selama 5 menit, berapa literkah air yang mengalir dalam bak?
9.      Warga Jakarta tertimpa banjir selama 2 minggu. Pada minggu pertama debit air yang mengalir mencapai 1.000 m3/detik. Pada minggu kedua, airnya mulai menyusut karena debit airnya 0,5 kali debit air pada minggu pertama. Berapa liter/detik debit air pada minggu kedua?
10.  Bu Rahma menyiram tanaman di halaman depan dengan menggunakan slang yang debit airnya 275.000 L/menit. Bi Ijah juga menyiram tanaman di halaman belakang dengan selang yang debitnya 250 m3/menit. Berapa perbandingan debit air pada selang Bu Rahma dan Bi Ijah?
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001




Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   ………………………….. (UH 4)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.       




2.       




3.        




 

4.        

 


5.       



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001

Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………….. (UH 5)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.      Tentukan volume bangun di bawah ini!
a.                                                                         c. 








 

b.                                                                        d.










2.      Pak Yani membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga. Panjang alas akuarium tersebut 45 cm, tinggi alasnya 30 cm, dan tinggi prisma tersebut 50 cm. Berapa volume akuarium tersebut?
3.      Volume sebuah limas segi empat yang tingginya 12 cm adalah 2.304 cm3. Luas alas prisma tersebut adalah . . . .
4.      Dino mempunyai sebuah bola mainan yang volumenya 34.496 cm3. Berapa cm jari-jari bola tersebut?



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001

Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   ………………………….. (UH 6)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.      Berdasarkan Diagram lingkaran di samping!
a.       Data apa yang disajikan oleh diagram di samping?
b.      Kegiatan apa yang paling disukai siswa kelas VI A dan VI B?
c.       Berapa siswa yang menyukai kegiatan melukis?
2.       Perhatikan diagram batang berikut!
       a.  Berapa jumlah siswa kelas VI pada tahun 2002?
      b.  Pada tahun berapakah jumlah siswa kelas VI yang paling banyak?
       c.  Pada tahun berapakah jumlah siswa kelas VI yang paling sedikit?
3.      Perhatikan diagram batang berikut!
a.       Berapa siswa yang hobi bulu tangkis?
b.      Hobi apa yang paling tidak diminati siswa SDN Kalisari 03?
c.       Hobi apa yang paling di minati siswa SDN Kalisari 03?
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 




Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001


Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………….. (UH 7)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1.    Perhatikan diagram berikut!

Berdasarkan diagram di atas, pada tahun berapa SD Kalisari 06 Petang  memiliki murid paling banyak?
2.    Berdasarkan diagram nomor 1, berapa selisih jumlah siswa lakilaki dan perempuan terbanyak dan tersedikit SD Kalisari 06 Petang ?
3.    Berdasarkan diagram nomor 1, jumlah siswa perempuan paling banyak pada tahun berapa?
4.    Berdasarkan diagram nomor 1, apakah jumlah siswa SD Kalisari 06 Petang  tahun 2008 lebih banyak dibanding tahun 2007? Mengapa demikian?
5.    Badu akan membuat sebuah tabel nilai ulangan matematikanya. Nilai ulangan  atematika Badu selama 1 semester adalah sebagai berikut.
65 70 65 75 80
75 65 70 80 90
55 60 70 75 80
65 75 80 85 90
Coba bantu Badu membuat tabel frekuensi nilai ulangannya!

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 




Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001



Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 1)

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Agar tidak menabrak benda saat mereka terbang di kegelapan, kelelawar mengeluarkan suara yang . . . .
2. Cicak mengelabui musuhnya dengan cara . . . .
3. Untuk memudahkan mencari dan memakan cacing dalam lumpur, bebek memiliki paruh berbentuk . . . .
4. Ular kobra membunuh musuhnya dengan cara menggigit karena ular kobra memiliki . . . .
5. Kemampuan katak untuk mengubah warna kulit menyerupai warna sekelilingnya disebut dengan . . . .
6. Jika kehabisan lemak, punuk unta akan . . . .
7. Burung hantu dapat terbang tanpa suara karena memiliki . . . .
8. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara. Hal tersebut menyebabkan teratai dapat . . . .
9. Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga yang disebut juga . . . .
10. Tumbuhan pada gambar di samping memiliki batang yang berfungsi untuk . . . .

Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Jelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki cicak!
2. Apakah fungsi dari:
a. Lapisan lilin pada kantong semar.
b. Akar lurus dan panjang pada kaktus.
3. Jelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan teratai!
4. Jelaskan fungsi dari bagian tubuh hewan berikut ini.
a. Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon.
b. Kepala yang lentur pada burung hantu.
5. Jelaskan bagaimana cara ular berbisa memakan mangsanya!



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 




Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001




Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 2)


Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Manusia memiliki kesiapan dan kematangan ketika masa . . . .
2. Sel kelamin jantan yang dihasilkan oleh testis disebut sel . . . .
3. Alat tubuh wanita yang memproduksi sel telur adalah . . . .
4. Sel telur akan mati jika tidak terjadi . . . .
5. Makanan utama yang diberikan pada bayi yang baru lahir adalah . . . .
6. Perkembangbiakan tumbuhan melalui cara kawin disebut . . . .
7. Alat kelamin betina pada bunga disebut . . . .
8. Bagian biji yang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan dan melindungi lembaga adalah . . . .
9. Peristiwa terjadinya peleburan antara sel sperma dan sel telur disebut . . . .
10. Perkembangbiakan tumbuhan yang terjadi karena bantuan manusia disebut . . . .
11. Bawang merah berkembang biak secara vegetatif alami, yaitu dengan . . . .
12. Batang yang menjalar di permukaan atau di bawah tanah disebut . . . .
13. Perkembangbiakan dengan cara bertelur-melahirkan disebut dengan . . . .
14. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur terjadi karena pembuahan di . . . .
15. Embrio memperoleh makanan dan oksigen dari induknya karena terdapat penghubung yang disebut . . . .
Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan ciri-ciri perubahan pada laki-laki di masa pubertas!
2. Sebutkan empat macam beserta contohnya, perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan dan alami. Tuliskan pula contohnya.
3. Dimanakah terjadinya perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan?
4. Tuliskan empat cara untuk menjaga kebersihan organ reproduksi!
5. Jelaskan cara perkembangbiakan dengan mencangkok!
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001


Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 3)

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Hewan pemakan hewan lainnya disebut . . . .
2. Bagian tubuh hewan berikut yang dimanfaatkan manusia adalah . . . .
3. Jenis pestisida yang digunakan untuk memberantas serangga hama disebut . . . .
4. Pupuk alami yang dibuat dari dedaunan yang membusuk disebut . . . .
5. Bagian tubuh ular yang digunakan untuk membuat sepatu dan tas adalah . . . .
6. Bagian tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah . . . 
7. Wilayah yang melindungi tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya disebut . .
8. Ciri khas dari kayu cendana adalah . . . .
9. Sungai yang airnya berwarna kehitaman dan baunya tidak sedap merupakan  sungai yang . .
10. Bagian dari tumbuhan damar dan karet yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah . . .

.Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan berbagai kegiatan manusia yang dapat merusak keseimbangan lingkungan!
2. Tuliskan bagian tumbuhan beserta manfaatnya yang sering digunakan manusia!
3. Tuliskan bagian tubuh hewan beserta manfaatnya yang sering dimanfaatkan manusia!
4. Tuliskan cara mencegah kepunahan pada hewan dan manusia!
5. Jelaskan akibat yang terjadi dari penggunaan pestisida yang berlebihan!


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001



Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 4)


Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Gading adalah bagian dari hewan . . . .
2. Wilayah yang melindungi tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya disebut . . . .
3. Bagian tubuh harimau yang dimanfaatkan manusia adalah . . . .
4. Burung cendrawasih hidup di daerah . . . .
5. Untuk menambah jenis hewan dan tumbuhan, manusia melakukan . . . .
6. Hewan dan tumbuhan yang keberadaannya hampir punah disebut . . . .
7. Manusia yang memburu hewan langka akan mendapatkan . . . .
8. Orang utan hidup di daerah hutan . . . dan . . . .
9. Burung yang memiliki julukan burung surga adalah . . . .
10. Bukti bahwa dinosaurus pernah hidup jutaan tahun lalu adalah dari . . . .

Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan enam macam hewan langka yang kamu ketahui!
2. Apakah nama hewan yang hidup di:
a. Ujung Kulon                                           c. dataran cina
b. Papua                                                      d. Pulau Komodo
3. Tuliskan empat macam tumbuhan yang termasuk tumbuhan langka!
4. Jelaskan cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan!
5. Tuliskan contoh hewan langka yang dimanfaatkan bagian tubuhnya berikut:
a. gading,                                                    c. bulu
b. cula,                                                        d. kulit

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001




Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   ………………………. (UH 5)

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Benda-benda yang dapat atau mudah menghantarkan panas dengan baik disebut . . . .
2. Kayu, gabus, dan plastik berdasarkan sifat penghantarnya tergolong benda . . . .
3. Bagian bawah setrika terbuat dari logam karena . . . .
4. Benda-benda yang tidak dapat atau sukar menghantarkan panas disebut . . . .
5. Bahan dari logam tergolong benda yang bersifat . . . .
6. Perambatan panas adalah . . . .
7. Tanah termasuk bahan yang bersifat . . . .
8. Pegangan payung terbuat dari plastik dan kayu karena bahan tersebut bersifat . . . .
9. Kain yang digunakan untuk mengangkat panci dari atas kompor tergolong benda. . . .
10. Benda yang biasanya digunakan untuk wadah air panas guna mempertahankan suhu air adalah . . . .

Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Apakah yang dimaksud dengan:
a. Konduktor
b. Isolator
2. Sebutkan lima macam benda yang termasuk konduktor!
3. Sebutkan empat macam bahan yang termasuk isolator!
4. Mengapa gabus digunakan sebagai sumbat pada termos?
5. Mengapa panci atau wajan terbuat dari logam?




Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001



Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 6)
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Bahan-bahan dari plastik tidak dapat membusuk. Oleh karena itu, sampah plastic sebaiknya di . . . .
2. Jenis logam yang digunakan untuk membuat kabel listrik adalah . . . .
3. Hewan yang biasanya menyebabkan pelapukan pada kayu adalah . . . .
4. Batuan yang terkena suhu rendah (dingin) akan . . . .
5. Jenis logam yang biasanya digunakan untuk membuat kaleng susu adalah . . . .
6. Jenis logam yang keras, kuat, berat, dan mudah berkarat adalah . . . .
7. Jamur dan bakteri pembusuk suka berkembang biak di tempat yang . . . .
8. Buah pisang yang sudah matang jika dibiarkan beberapa hari di tempat terbuka akan . . .
9. Bagian pohon karet yang digunakan untuk membuat karet adalah . . . .
10. Bahan yang paling cocok untuk membuat kemasan makanan adalah . . . .

Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan jelas.
1. Tuliskan bahan-bahan yang biasanya mengalami:
a. pelapukan,
b. perkaratan, dan
c. pembusukan.
2. Jelaskan mengenai sifat-sifat dari bahan plastik!
3. Tuliskan lima macam benda yang terbuat dari karet!
4. Tuliskan cara yang dapat dilakukan untuk mencegah pembusukan!
5. Jelaskan sifat-sifat dari bahan aluminium beserta contohnya!

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001






Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 1)


Isilah Titik-titik dibawah ini!
1. Pada awal proklamasi kemerdekaan Indonesia terdiri atas . . . provinsi.
2. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan status keistimewaannya  ada tahun . . .
3. Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau adalah . . . .
4. Indonesia terletak di antara dua landas kontinen yaitu Benua . . . .
5. Selat Makassar menghubungkan dua pulau besar di Indonesia yaitu…

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Sebutkan provinsi-provinsi yang terbentuk pada awal kemerdekaan!
2. Provinsi manakah yang terdapat di Pulau Sulawesi?
3. Gambarkan pembagian wilayah laut menurut Konvensi Hukum Laut PBB!
4. Apakah yang dimaksud dengan ZEE?
5. Sebutkan upaya-upaya untuk menjaga kelestarian laut!



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 




Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001











Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 2)


Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
      1.            Apakah yang dimaksud dengan ZEE?
      2.            Sebutkan upaya-upaya untuk menjaga kelestarian laut!
      3.            Provinsi Banten merupakan pemekaran dari provinsi ……..
      4.            Pangkal Pinang adalah ibukota provinsi………………
      5.            Provinsi yang berbatasan dengan Negara Malaysia adalah ……………
      6.            Wilayah territorial Indonesia sejauh ……………….. dari garis pantai terluar.
      7.            Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957 Daerah Tingkat II, yaitu….
      8.            Yang berwenang menetapkan APBD adalah…
      9.            Provinsi Sumatra Barat pada awalnya bernama …………
  10.            Sebelah utara provinsi Nusa Tenggara Barat berbatasan dengan …………..




Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001








Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 3)


Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Sebutkan negara tetangga yang berbatasan langsung dengan wilayah Indonesia!
2. Sebutkan kenampakan alam yang terdapat di Filipina!
3. Kenampakan alam suatu negara mempengaruhi keadaan sosialnya. Jelaskan!
4. Bagaimana menyikapi keragaman sosial di suatu wilayah?
5. Mengapa budaya setiap negara berbeda-beda? Jelaskan!

Kerjakan tugas berikut!
Pada pembahasan di depan kamu telah mempelajari kenampakan alam negaranegara di Asia Tenggara. Seperti dijelaskan di depan, kenampakan alam tiaptiap negara berbeda-beda. Untuk memperdalam pemahamanmu tentang negaranegara di Asia Tenggara, kerjakan tugas berikut. 1. Buatlah gambar peta salah satu negara di Asia Tenggara!
2. Tentukanlah batas-batas negara tersebut!
3. Deskripsikan profil negara yang kamu gambar tersebut!
Tugas ini dikerjakan secara berkelompok. Untuk mendukung tugas ini, gunakanlah buku atau internet sebagai sumber referensi. Selanjutnya, presentasikan hasilnya di depan kelas!

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001







Nama               : …………………
No. Absen       : …………………
SOAL ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/ Semester           : VI (Enam)/ I (Satu)
Tanggal Pelaksanaan   : ………………………. (UH 4)


Isi titik-titik di bawah ini!
1. Lapisan es menutupi sebagian besar wilayah Benua . . . .
2. Penduduk Cina berasal dari ras . . . .
3. Sungai besar di bagian utara Amerika Selatan adalah Sungai . . . .
4. Wilayah di bagian utara Benua Afrika sebagian besar berupa . . . .
5. Negara yang mendapat julukan negeri kincir angin adalah . . . .

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!
1. Sebutkan benua-benua di bumi! Benua mana yang paling besar?
2. Apa yang dimaksud Benua Eurasia? Sebutkan batas Benua Eurasia di sebelah barat dan timur!
3. Apa yang memisahkan Benua Afrika dengan Benua Asia?
4. Sebutkan semenanjung besar dan semenanjung kecil di Benua Eropa!
5. Di benua manakah negara Brasil? Sebutkan batas-batasnya!

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas VI.C
 



Moh. Nurhadi, S. Pd                                                             Tri Purwanto,S.Pd
NIP. 196403111989031009                                                   NIP.19870917 201504 1001






Tidak ada komentar:

Posting Komentar