PENDIDIKAN GURU PENGERAK
ANGKATAN 5
Tri Purwanto
Unit Kerja SDN Kalisari 03
Kelas 5.31. Sri Wasono Widodo
Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
1.2.a.3 Mulai dari diri sendiri
PROVINSI DKI JAKARTA
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR
TAHUN 2022
saya melakukan refleksi terhadap diri saya :
Peristiwa Positif |
Saya alami saat duduk di sekolah
dasar saya merasa sangat bangga karena sejak kelas 3 SD saya selalu mendapat
juara kelas hingga kelas 6 SD. Disekolah saya di akhir tahun selalu ada
kegiatan pesta atau perayaan berupa pentas seni dan ada penggumuman juara
kelas percatur wulan saya selalu di panggil dan mendapat juara pertama. Hal tersebut
membuat orang tua saya bangga di desa tempat kami tinggal. Saat SMP saya juga juga pasti
mendapat peringkat 1-3 setiap catur wulan. Itu membuat orang tua saya bangga.
Saya saat kelas 1 SMP di pilih menjadi ketua kelas. Saya kelas 2-3 menjadi
pengurus osis. Saya menjadi siswa yang populer di kelas maupun di kelas lain. Saya sempat bersekolah di
daerah Grobogan, Jawa Tengah dengan tujuan menjadi soerang yang mandiri dan
kelak dapat bertanggung jawab. Saat duduk
di bangku SMA saya juga selalu mendapat peringkat 1-4 setiap semester. |
Peristiwa negatif |
Saya selalu di bully jika tidak
mau memberikan contekan kepada teman-teman. Setiap ulangan pasti teman-teman
memaksa meinta contekan dan jika tidak dibeikan pasti membuli saat ujian selesai.
Saya pernah di marahi guru saat
kelas IV dengan pak Ade Nurkanda karena saya setiap menjawab pertanyaan saya
terus yang menjawab.saya di marahin agar memberikan kesempatan pada teman
yang lain. Peristiwa itu membuat saya tidak berani menjawab jika tidak
disuruh oleh beliau. |
Dampak emosi hingga sekarang |
Saya dalam olah pikiran atau
emosi selalu berpikir positif dan optimis. Walaupun saya dari keluarga yang
sederhana. Dalam bersekolah saya selalu berusaha saya bisa, saya mampu dan
saya sukses demi kedua orang tua saya yang berusaha membesarkan saya di tengah
kekurangan ekonomi. Saya merasa menjadi orang yang
egois, pantang menyerah, ulet dan rajin.Saya berusaha menjadi sosok yang belajar
dari kesalahan. Saya merasa kehidupan itu pasti memiliki masalah. Jadi jika
ada momen yang sangat menyakitkan saya selalu berpikir semua masalah pasti
ada sosusinya, masalah ini pasti akan selesai jika jika jalani dan kita
bersabar. Saya mengajarkan kepada peserta
didik saya jangan takut akan masa lalu. Selalu berusaha dalam belajar karena
persaingan dan masa depan kalian pasti lebih berat jadi saipkan diri kalian
menjadi sosok yang setiap dengan perubahan zaman. |
Momen yang terjadi di masa
sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di
masa sekarang |
Karena setiap pristiwa yang kita
lalui akan terekam dalam otak kita. Terutama kejadian yang memang sangat
terkesan bagi kita. Peristiwa tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap diri
kita dalam bertindak. |
Pelajaran hidup apa yang saya
peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya
sebagai guru terhadap peserta didik saya? |
Sebagai guru saya berusaha mencegah sikap saya, perkataan saya yang dapat
menlukain atau membuat peristiwa negatif pada peserta didik. |
Bagaimana saya menuliskan
nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan
kata-kata: "guru", "murid", "belajar",
"makna", "peran"? |
Guru berperan mencegah murid mengalami cidera negatif Guru berusaha menuntun murid melakukan pembelajaran yang bermakna |
Tugas 2
1.
Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya
menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Nilai-nilai dalam diri yang membantu saya menggerakkan murid, yaitu saya
merupakan seorang yang apa adanya,jujur, bersemangat, bahagia, serta kemampuan
komunikasi yang baik. Saya juga seseorang yang mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi. Saya memiliki sifat kreatif dan inovatif menjadi pendukung utama
pula bagi saya mengembangkan diri dan siap untuk menggerakkan murid, rekan
guru, dan komunitas sekolah.
2.
Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam
menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid saya selalu
berusaha menjadi sosok teladan bagi siswa saya walaupun saya elum menjadi sosok
yang baik. Saya selalu mengajarkan kepad anak-anak untuk baik dalam berucap
karena ucapan merupakan cermintan jiwa kita, jika kita berucap yang baik insyallah
akan menjadi doa kita. Saya selalu berusaha agar siswa saya dapat menyelesaikan
kompetensi yang ada dengan baik. Saya berusaha menjadi guruyang disukai murid karena saya memberikan perhatian
dan memfokuskan semua kepada peserta didik.
Peran saya di sekolah tentu saja saya memposisikan diri sesuai dengan
situasi yang diperlukan. Saya berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepala sekolah.
Sayamembantu bebrapa teman jika memang saya mampu membantu teman-teman.
Peran dalam komunitas KKG saya menjadi pengurus KKG di binaan 1 Kecamatan
Pasar Rebo. Saya juga berperan maenjadi kordinator guru kelas 6 dalam pengurus Binaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar