KISI-KISI UP UKM PPG
| |
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
| |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR ESENSIAL
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menerapkan prinsip operasi hitung bilangan pecahan
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Merancang pembelajaran matematika sekolah dasar dengan menerapkan pendekatan berbasis konstruktivisme
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Menganalisis karakteristik suatu kasus pembelajaran matematika SD
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Menyusun soal yang mengukur kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
pada segitiga atau segiempat
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pada
bangun ruang
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan
statistika, serta logika matematika
|
Menarik kesimpulan matematis dengan menggunakan penalaran logis
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan
statistika, serta logika matematika
|
Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknik membilang
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan
statistika, serta logika matematika
|
Menganalisis data statistik secara deskriptif yang meliputi penyajian, ukuran pemusatan dan penyebaran, serta nilai baku
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari
|
Menentukan rumus dari suatu pola bilangan
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi polynomial maksimal berderajat tiga
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari
|
Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dengan jarak, waktu, dan kecepatan
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan
sehari-hari
|
Pemecahan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor, FPB, dan KPK
|
Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara
langsung maupun tidak langsung
|
Menganalisis kegiatan ilmiah untuk menentukan rumusan
masalah, tujuan, hipotesis, atau variabel penelitian
|
Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara
langsung maupun tidak langsung
|
Menganalisis perubahan yang terjadi di alam akibat pelapukan,
perkaratan
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan
seharihari
|
Membedakan fungsi bagian rangka manusia
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan
seharihari
|
Menganalisis proses pernapasan pada manusia ( organ dan struktur organ pernapasan, proses pengangkutan udara)
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menentukan cara pemisahan materi ( filtrasi, kristalisasi, sublimasi,atau kromatografi)
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan
seharihari
|
Menyimpulkan kelebihan teknik perkembangbiakan tumbuhan atau hewan
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan
seharihari
|
Menentukan parameter gelombang (frekuensi, amplitudo, panjang gelombang, periode, kecepatan, energi) yang terjadi
pada bunyi
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menerapkan konsep kalor pada kehidupan sehari-hari
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Memahami cacat mata dan cara mengatasinya
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Menjelaskan penggunaan media atau alat peraga untuk menanamkan konsep matematika SD
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan
seharihari
|
Menerapkan konsep kelistrikan pada rangkaian seri, paralel, campuran seri paralel.
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan
seharihari
|
Menerapkan konsep gaya dan gerak pada kehidupan sehari-hari
|
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep, yang
berhubungan
dengan mata pelajaran IPA
|
Menganalisis keterkaitan konsep sains dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat
|
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, model dan prinsipprinsip pembelajaran IPA yang
bersifat mendidik.
|
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model pembelajaran atau pengelolaan kelas atau penggunaan media dalam membelajarkan IPA
|
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
|
Membuat rubrik untuk menilai praktikum IPA
|
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah
penelitian ilmiah
|
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan rumusan masalah, dan pemecahannya sesuai dengan permasalahan yang
dihadapi di kelas.
|
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
|
Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA
|
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
Indonesia
|
Menganalisis sifat dan fungsi bahasa
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
Mengidentifikasi struktur BI
|
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
|
Menentukan ide pokok dalam wacana
|
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara
reseptif dan produktif
|
Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi puisi
anak-anak secara reseptif
|
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang SD
yang bersifat mendidik
|
Menganalisis ruang lingkup dan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD berdasarkan kurikulum dan techno-pedagogical content knowledge (TPACK) di SD
|
Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, meliputi:
1) merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan KD.
2) Memilih dan menetapkan pendekatan, metode,
materi, proses, sumber, media, dan penilaian
|
Merancang perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang meliputi indikator, tujuan, metode, proses, materi, media, penilaian.
|
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) pada muatan pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD;
|
Menganalisis penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang mendidik dan inovatif sesuai tuntutan abad 21
|
Mampu melaksanakan penilaian otentik holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan
keterampilan
|
Merancang instrumen penilaian dalam pembelajaran BI yang bersifat otentik holistik yang mencakup ranah sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
|
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
|
Mengembangkan peran konsep Ilmu-ilmu sosial dalam materi
IPS SD
|
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
|
Menerapkan nilai-nilai yang dikembangkan IPS SD dalam
kehidupan sehari-hari
|
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
|
Menguraikan berbagai pendekatan dalam pembelajaran IPS SD
|
Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep
keilmuan IPS
|
Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS
SD
|
Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep
keilmuan IPS
|
Menyusun fakta, konsep, dan generalisasi dalam pembelajaran
IPS SD
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada lingkungan masyarakatnya
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Menganalisis konsep ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Menganalisis adanya saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan dalam dinamika kehidupan global
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Menganalisis permasalahan kebhinekaan masyarakat secara kritis dan kreatif melaui berbagai kegiatan sosial
|
Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling
ketergantungan global
|
10. Menganalisis fenomena interaksi dalam perkembangan Iptek dan perkembangan masyarakat, pada kehidupan global
|
Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling
ketergantungan global
|
11. Mengaplikasikan sikap peka, tanggap dan adaptif terhadap lingkungan sekitar untuk mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan
|
Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling
ketergantungan global
|
12. Mengevaluasi dampak positif dan negatif perkembangan Iptek terhadap kehidupan masyarakat
|
Teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip- prinsip
pembelajaran bidang studi yang mendidik
|
Menerapkan model-model pembelajaran inovatif, yang menunjang pembelajaran IPS di SD yang menyenangkan
|
Menguasai konsep umum, prinsip, metode, dan teknik
penelitian kependidikan
|
Menerapkan metode dan teknik penelitian tindakan reflektif
terhadap pembelajaran IPS SD
|
Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran yang diampu, meliputi: merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran
berdasarkan standar kompetensi lulusan
|
Menentukan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik anak SD
|
Mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran
|
Mampu menyusun soal evaluasi IPS SD yang dapat mengukur
kemampuan pengetahuan dan keterampilan.
|
Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka
Tunggal Ika
|
Membandingkan prinsip negara hukum formal dan negara hukum material
|
Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka
Tunggal Ika
|
Mengkritisi kelemahan penegakan HAM di Indonesia
|
Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka
Tunggal Ika
|
Menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dan integrasi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia
|
Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka
Tunggal Ika
|
Membandingkan sistem pemerintahan negara federal dan sistem pemerintahan dengan azas desentralisasi
|
Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka
Tunggal Ika
|
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab melemahnya kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia dalam
kehidupan masyarakat yang multikultur
|
Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka
Tunggal Ika
|
Menerapkan prinsip dan nilai-nilai pascamodern abad globalisasi untuk memajukan kehidupan masyarakat Indonesia yang multikultur
|
Mampu memilih dan menggunakan fakta dan peristiwa sosial kewarganegaraan sebagai laboratorium PPKn di masyarakat
untuk pengembangan materi PPKn
Mampu memilih dan meng gunakan fakta dan peristiwa sosial kewarganegara an sebagai laboratorium PPKn di masyarakat
untuk pengembangan materi PPKn
|
Menetapkan pilihan dengan argumentasi yang benar fakta dan peristiwa sosial kewarganegaraan yang dapat dijadikan pengembangan materi PPKn
|
Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.
|
Mengkritisi keunggulan dan kelemahan pengembangan sistem demokrasi konstitusional,
|
Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.
|
Membandingkan budaya politik dan semangat kebangsaan masyarakat Indonesia
|
Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.
|
Menjelaskan cinta tanah air dan bela negara
|
Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.
|
Menilai kelemahan usulan kebijakan publik untuk perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil
|
Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.
|
Memberikan argumen nilai yang kuat tentang pentingnya perilaku demokratis dalam konteks kewarganegaraan
|
Menguasai teori dan aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran PPKn melalui pengembangan rencana pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran yang diampu, meliputi: merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan; menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran; dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku;
|
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah
|
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self regulated learner)
|
Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan karakteristis belajar siswa melalui model pembelajaran koopreratif.
|
Mampu melaksanakan penilaian otentik holistik yang
mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
Mengembangkan pola evaluasi autentik berbasis proses dan produk kinerja siswa dalam pembelajaran PPKn
|
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah
penelitian ilmiah
|
Melakukan kegiatan refleksi perbaikan proses dan hasil pembelajaran PPKn SD berdasar alur PTK
|
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
Indonesia
|
Mengidentifikasi tahapan pemerolehan bahasa anak usia SD
|
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
Indonesia
|
Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
Mengidentifikasi makna kata
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
Menerapkan penggunaan ejaan dan tanda baca
|
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
|
Menyusun paragraf yang mengandung unsur kohesi, koherensi,
dan kelengkapan
|
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
|
Menyimpulkan isi bacaan
|
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara
reseptif dan produktif
|
Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi cerita
anak-anak secara reseptif
|
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara
reseptif dan produktif
|
Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi drama
anak-anak secara reseptif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar