Guru Pengerak

Rabu, 17 Agustus 2022

Teks Palang Pintu SD

Palang pintu merupakan salah satu tradisi khas Betawi yang masih bertahan hingga sekarang.
Tradisi palang pintu menggabungkan gerakan silat dengan seni pantun.
Palang pintu biasanya terdapat dalam prosesi upacara pernikahan adat Betawi sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang.
Palang pintu biasanya ditamampilkan dalam festival  budaya betawi atau perayaan ulang tahun  DKI  Jakarta.



Berikut merupakan contoh teks palang pintu:












Berantem (Adegan Silat) minimal 3 pukulan dan 3 tendangan.









 






Selasa, 02 Agustus 2022

Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

 

  • Di tahap ini, Bapak/Ibu diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?






  • Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!
saya akan merumuskan visi berdasarkan jawaban di atas dengan menggunakan infografis agar lebih menarik






x

DEMONTRASI KONTEKTUAL 1.3 BAGJA PERUBAHAN MENJADIKAN SDN KAISARI 03


Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3



BAGJA PRAKARSA PERUBAHAN MENJADIKAN SDN KAISARI 03 SEKOLAH BERPRESTASI











 












Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Dalam sesi forum diskusi ini, silakan Bapak/Ibu menyampaikan kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif dengan pertanyaan pemandu berikut.

  • Apa hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya itu?

Hal yang mencerahkan saya adalah visi itu harus menyemangati, menggerakkan hati dan kolaborasi tiap anggota dalam suatu sekolah. saya sendiri tidak mampu menyelesaikan ssemua masalah  dan jalan keluar bagi sekolah.
Saya berusaha mengajak berkolaborasi dengan warga sekolah  dan pembangun koherensi perubahan mengarah kepada visi sekolah. Kami perlu membulatkan  niat belajar yang tulus demi mewujudkan visi sekolah impian. Kami harus mendalami peran strategis rekan guru dan segenap komunitas orang dewasa di sekitar murid demi meningkatkan kualitas pembelajaran bagi murid. Bapak/Ibu tidak mungkin dapat menjangkau semua murid sendiri.



  • Bagaimana saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik?

Membayangkan penerapan inkuiri apresiatif menurut saya Di sekolah, pendekatan IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang telah ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah lebih baik. Nantinya, kelemahan, kekurangan, dan ketiadaan menjadi tidak relevan lagi. Berpijak dari hal positif yang telah ada, sekolah kemudian menyelaraskan kekuatan tersebut dengan visi sekolah impian dan visi setiap warga sekolah.



Kekuatan BAGJA ada pada proses penggalian jawaban pertanyaan yang didasari oleh rasa ingin tahu, kebaikan, dan kebersamaan. BAGJA mewujud menjadi pengalaman kolaboratif yang apresiatif dan bermakna bagi peningkatan kualitas belajar murid di sekolah. Pertanyaan itu akan membawa komunitas sekolah untuk berefleksi, menggali lebih dalam hal-hal yang bermakna, untuk kemudian diinternalisasi dan dijadikan sebagai bahan perbaikan-peningkatan dalam menjalankan perubahan demi perubahan.


 

x

Senin, 01 Agustus 2022

Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian 1.3.a.4.1.

Dalam sesi forum diskusi ini, silahkan berbagi mengenai VISI Murid Impian.





 Pertanyaan pemandu untuk pemapar:

  • Apa dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi?

Alasan harapan saya penting untuk dijadikan misi adalah karena saya berharap sekolah tempat saya bertugas menjadi  rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid. 
Saya berharap siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan impian siswa. saya berharap memalui visi dan misi bisa sekolah dapat menyediakan sarana prasarana, menyiapkan lingkungan belajar yang baik agar dapat mengarah ke pembelajaran yang merdeka dan sekolah yang merdeka. Saya berharap, berlatih mengelola diri sendiri sambil terus berupaya menggerakkan orang lain yang berada di dalam lingkaran pengaruh saya  untuk menjalani proses perubahan ini bersama-sama.




Pertanyaan pemandu untuk penyimak:

  • Apa (sudut pandang, kalimat yang digunakan, harapan) yang dapat saya apresiasi dari visi rekan saya?

Sudut pandang saya terhadap pandangan teman saya yang menggap anak-anak harus dibiasakan dengan aktivitas-aktivitas yang mengarah pada pengembangan karakter profil pelajar pancasila. menurut beliau dengan terbiasan akan menjadi budaya dengan budaya lama kelamaan akan merekap menjadi karakter. beliau berharap akan menjadi manusia yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

 

PENDIDIKAN GURU PENGERAK

ANGKATAN 5

 

 

Tri Purwanto

Unit Kerja SDN Kalisari 03

Kelas 5.31. Sri Wasono Widodo

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

 

PROVINSI DKI JAKARTA

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

TAHUN 2022


Jurnal Refleksi 2 mingguan Modul 1.2 Nilai dan peran guru pengerak

Tipe Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)

Topi Putih

Informasi (fakta)

Bagaimana manusia bergerak

1.   Cara kerja otak

Ø Berpikir lambat yang bekerja otak luhur berpikir kratif dan strategis (termasuk kekuatan dan masalah) butuh banyak latihan dan usaha dalam berpikir lambat.

Ø Berpikir cepat yang bekerja otak reftil(bertahan hidup) dan otak mamalia(emosi) untuk konservasi energi(bekrja secara cepat/ otomatis/ alamiah)

2.   5 Kebutuhan manusia

Ø Bertahan hidup

Ø Kasih sayang

Ø Kekuatan

Ø Kebebasan

Ø Kesenangan

3.    Tahap tumbuh kembang anak

Ø Wirama (0-8 Tahun)

Ø Wirama-wiraga (8-16 tahun)

Ø Wiraga (17- 24 tahun)

Ø Perkembangan psikososial

Bagaimana manusia bergerak

1.   Teori pilihan

2.   Motivasi intrinsik

3.   Mewujudkan profil pelajar pancasila

4.   Nilai guru pengerak yaitu

Bagaimana menggerak manusia

1.   Berpikir strategis dan menguatkan lingkaran pengaruh

2.   Diagram identitas guungung es

 

3.   Peran guru pengerak

Topi Merah

Perasaan

Saya selama pembelajaran modul 1.2 nilai dan peran guru pengerak saya merasa sangat sedang masih sehat dan bisa belajar tentang menjadi guru pengerak. Saya juga merasa bersyukur dapat melaksanakan semua tugas dengan tepat waktu. Saya merasa harus lebih semngat dalam menerapkan ilmu yang saya dapat di sekolah.

Saat momen itu terjadi saya merasa optimis mampu menerapkan nilai-nilai dan peran guru pengerak. saya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengerakan siswa, mengerakan teman-teman guru di sekolah. saya berusaha menciptakan momen atai situasi yang dapat menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam belajar.

Topi Kuning

Enam Topi Berpikir, Topi, Kuning gambar png

Hal-hal positif

Hal-hal positif yang saya amali paling berkesan di modul 1.2 terdapat dalam Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2, ruang kolaborasi, persentasi kolaborasi di LMS dengan teman-teman kelompok B kelas 5.31 dengan Fasilitator bapak Sri Waseso Widodo yang dalam menyampaikan materi sangat jelas dan saling menghargai antara CGP ddengan fasil. Hal positif juga saya alami saat ekslporasi pemahan modul 1.2 dengan ibu Sri Subekti.

Topi Hitam

Topi Hitam Bahasa Inggris - Gambar vektor gratis di Pixabay

Kendala, hambatan, resiko

Kendala yang saya hadapi adalah kesibukan di sekolah dengan berbagai tugas pokok guru di sekolah dengan mengerjakan tugas di LMS. Saya menegrjakan tugas LMS biasanya di sore hari atau dimalam hari. Kendala sinyal saat meet di elaborasi konsep karena jaringan astinet leg (lambat) sehingga saya terlempar terus saat google meet.

Topi Hijau

Ide-ide yang timbul

Ide saya yang timbul selama menjalani modul 1.2 dan

Rencana saya dalam penerapan nilai dan peran guru penggerak

1. Saya akan berusaha menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, berusaha menciptakan pembelajaran yang aktif dengan menggunakan metode/ model pembelajaran yang mengedepankan proses pembelajaran yang menyenangkan.

2. Mendorong kolaborasi dengan orang tua siswa dalam berkomunikasi mengenai perkembangan siswa , berkolaborasi dalam penemuhan penunjang kegiatan pembelajaran yang aktif dan menarik.mendorong kolaborasi antar guru dan masyarakat sekitar dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, pembelajaran berbasis lingkungan.

 

3. Saya akan melakukan coaching dengan teman sejawat mengenai cara menciptakan pembelajaran yang berpihak pada siswa.

 

4.  Saya akan mengembangkan kegiatan eksul pramuka agar dapat menciptakan pemimpin-pemimpin cilik untuk diri sendiri, atau menyiapkan siswa menjadi  student agency atau mewujudkan kepemimpinan bagi murid.

5. saya akan berusaha mengerakan kmunitas paraktik di binaan 1 Pasar Rebo jakarta Timur dengan peran saya menjadi koordinator kelas 6. saya akan memfasilitasi kawan-kawan dalam berkolaborasi dalam pembuatan soal Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester atau Penilaian Akhir tahun.

 

Topi Biru

Jual Elfs Shop Baseball Bill Up Cap Topi Pria - Biru Tua - Biru Tua Semua  Ukuran di Seller Elfs Shop - Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta | Blibli

Kesimpulan

Menurut saya hal yang penting dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah saya memahami pemikiran KHD bahwa pendidikan yang menuntun dan bertujuan memberikan keselamatan dan kebahagiaan siswa. Guru memfasilitasi siswa untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Di mana seorang guru hendaknya mendekati siswa  dan memberikan fasilitas pembelajaran yang terbaik kepada peserta didik.

 

Hal lain yang mencerahkan saya adalah saya harus memiliki nilai-nilai yang menjadi pedoman berperilaku serta mendukung calon guru penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar, meliputi nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif serta berphak pada murid. Serta saya diharapkan mampu melaksanakan peran guru penggerak yaitu

a. Menjadi Pemimpin Pembelajaran

b. Menggerakkan komunitas Praktisi

c. Menjadi coach bagi guru lain

d. Mendorong kolaborasi antar guru

e. Mewujudkan kepemipinan muri

 

Keterkaitan antara pemikiran KHD mengenai menghambakan kepada murid dan menciptakan pembelajaran yang menuntun agar anak selamat dan bahagia serta pendidikan yang memanusikan manusia. Nilai-nilai dan peran guru penggerak merupakan bagian penting dalam mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Karena nilai dan peran guru penggerak menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam melakukan perubahan ekosistem pendidikan.